10 Tanda Kerusakan Hati yang Harus di Waspadai

Waspadalah terhadap 10 tanda-tanda ini di tubuh kita, karena salah satu organ penting dalam tubuh kita yakni Organ HATI kita sudah mulai rusak !!

kerusakan organ hati

Organ hati memeliki peran vital dalam tubuh kita, untuk itu sangat penting senantiasa memperhatikan kesehatannya. Diet, olahraga dan istirahat yang cukup, merupakan tiga kunci utama untuk memiliki organ hati yang sehat.

Bila ada yang tidak beres dengan hati, efeknya bisa terlihat pada fungsi dan bagian tubuh yang laen. Ada beberapa jenis masalah hati, yang paling umum adalah sirosis, penyakit kistik, penyakit hati berlemak, batu empedu dan hepatitis.

Maka dari itu, Ingatlah untuk selalu merawat organ hati kita dan pastikan untuk menjaga kesehatannya. Dengan membuka mata terhadap tanda-tanda awal kerusakan hati, tentunya kita dapat melakukan pengobatan lebih awal dan membantu organ hati kita bisa kembali pulih sepenuhnya.

Berikut ini 10 tanda-tanda kerusakan pada hati kita ;

  1. Mual dan Muntah
    Orang yang menderita kerusakan hati seringkali memiliki perasaan mual terus-menerus. Ini timbul karena kemampuan hati yang berkurang untuk memproses dan menghilangkan racun pada tubuh.

  2. Lemah dan Lelah
    Rasa lemah dan lelah yang terus-menerus juga dapat menjadi tanda dari fungsi hati yang tidak tepat. Seharusnya, organ hati mampu memecah makanan untuk melepaskan energi yang dibutuhkan untuk melakukan tugas sehari-hari.

  3. Menurunnya Nafsu Makan
    Kehilangan nafsu makan juga merupakan salah satu tanda awal bahwa organ hati kita tidak bekerja dengan baik.

  4. Masalah Pencernaan
    Jika organ hati kita mulai mengalami malfungsi, bisa mengakibatkan masalah pencernaan, seperti diare dan gangguan pencernaan lainnya.

  5. Perubahan Warna Urine
    Ini terjadi karena peningkatan kadar bilirubin dalam aliran darah. Hal ini terjadi bila hati tidak mampu menghilangkan bilirubin lewat ekskresi dan melalui ginjal.

  6. Kulit Menguning
    Salah satu tanda awal kerusakan hati adalah ikterus, di mana kulit, mata, lidah, dan kuku mulai menguning.

  7. Perubahan Warna Tinja
    Perubahan warna tinja juga dapat mengindikasikan gangguan pada hati kita. Hati yang berfungsi dengan baik, harusnya mampu melepaskan empedu ke dalam tinja, dan memberinya warna cokelat normal.

  8. Perubahan di Area Perut
    Perubahan di daerah perut merupakan tanda lain dari organ hati yang tidak berfungsi normal. Kita mungkin mengalami rasa sakit atau kram di daerah perut bagian bawah serta pembengkakan. Hal ini dapat dengan cepat menyebabkan rasa kembung.

  9. Retensi cairan
    Kerusakan hati akan mempengaruhi fungsi hati dan menyebabkan perubahan sekresi bahan kimia pengatur fluida.

  10. Meningkatnya Sensitivitas Kulit
    Tanda awal lain dari masalah hati adalah peningkatan sensitivitas kulit. Kulit kita mungkin menjadi gatal, mengelupas, atau sensitif terhadap sentuhan, bahkan mungkin memar. Dalam beberapa kasus, ada yang memperhatikan munculnya pembuluh darah melalui kulit.

Baca Juga :  Tips Sederhana Agar Terhindar Dari COVID-19

Demikian tanda-tanda apabila fungsi kerja hati kita mengalami gangguan, semoga informasi ini bermanfaat !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *