Benarkah Mengkonsumsi Bawang Putih Tunggal Bisa Membangkitkan Libido ?

Bawang putih baik yang biasa maupun berbiji tunggal atau dikenal dengan bawang putih tunggal umumnya dijadikan  sebagai salah satu bumbu dapur yang biasanya selalu tersedia di rak dapur,  selain sebagai penyedap rasa makanan ternyata bawang putih khususnya yang tunggal ternyata juga dipercaya  memiliki manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan  bawang putih biasa dan bahkan bawang putih tunggal dipercaya juga bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan libido laki-laki.

Seperti sudah kita ketahui bersama bahwasanya bawang putih yang biasa kita jumpai di dapur memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh,  kemudian apa perbedaan bawang putih biasa dan bawang putih tunggal atau dalam bahasa jawa dikenal dengan bawang lanang ya ?

Secara kasat mata cukup mudah membedakan di antara 2 jenis bawang putih karena bawang putih tunggal hanya memiliki 1  ruas atau siung saja, sementara bawang putih biasa memiliki banyak ruas.  Adapun dari segi rasa juga tidak terlalu mencolok perbedaan keduanya.

Kemudian yang menjadi pertanyaan umum kenapa bawang putih tunggal memiliki harga yang jauh lebih mahal dan langka di pasaran ya ? Mungkin hal ini disebabkan karena adanya faktor manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan bawang putih biasa.

Manfaat atau khasiat yang sering ditonjolkan dari bawang putih tunggal atau bawang lanang yang sering dimanfaatkan untuk membangkitkan gairah seks atau  libido laki-laki sehingga dinamakan bawang lanang. Selain itu bawang putih tunggal juga memiliki segudang manfaat yang luar biasa karena kandungan senyawa di dalamnya yang tidak terdapat pada bahan rempah lainnya.

Berikut perbedaan mencolok antara bawang putih biasa dengan bawang putih tunggal ;

Bawang putih
1. Bawang putih biasa

bawang lanang
2. Bawang putih tunggal

Baca Juga :  Tips Memutihkan Gigi Secara Alami, Mudah Dan Murah

Adapun cara mengkonsumsi agar bisa mendapatkan manfaat bawang putih tunggal khususnya untuk meningkatkan gairah seks bermacam-macam cara tergantung selera masing-masing karena ada yang dalam mengkonsomsinya secara langsung dimakan mentah-mentah serta ada juga yang ditambah madu, jahe dan lain sebagainya.

Bawang putih memiliki rasa getir dan sedikit terasa pahit, namun bagi sebagian orang bawang putih bisa langsung dikunyah tanpa campuran apapun sehingga menimbulkan bau mulut yang kurang sedap namun juga bermanfaat untuk menyembuhkan sakit gigi serta infeksi diseputar tenggorokan.

Kandungan aliccin atau senyawa yang terdapat pada bawang putih ternyata mebantu melancarkan peredaran darah ke organ seksual, hal ini yang menjadikan bawang putih tunggal akhirnya dikenal dengan bawang lanang.  Senyawa aliccin, ternyata juga tidak hanya untuk meningkatkan libido saja, karena kandungan aliccin  juga bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh, antara lain adalah ;

1. Anti Kanker
2. Menurunkan Kolesterol
3. Menjaga Kesehatan Jantung
4. Menurunkan Tekanan Darah
5. Baik Untuk Penderita Diabetes
6. Mencegah Azheimer Dan Denemsia
7. Mengatasi Pilek
6. Detoksifikasi Logam Berat
9. Baik Untuk Kesehatan Gigi Dan Mulut
10. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Namun apabila terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih tunggal juga memiliki dampak atau efek samping yang buruk terutama bagi penderita yang sedang mau menjalani operasi bedah.

Seorang pasien yang mau menjalani operasi bedah umumnya dilarang mengkonsumsi bawang putih karena sifat senyawa antikoagulan yang terdapat didalamnya yang bisa mengencerkan darah sehingga apabila dilakukan operasi bedah akan berakibat buruk karena pendarahan yang berlebihan.

Selain efek tersebut, mengkonsumsi bawang putih juga bisa menimbulkan hal-hal berikut ;

1. Menimbulkan Bau Badan
Efek samping utama ketika kita mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak adalah bau badan. Bawang putih yang dimakan terutama yang mentah akan masuk melalui pencernaan dan benar-benar meresap pada sistem metabolisme tubuh, setiap sekresi tubuh akan memiliki bau bawang putih. Bau ini cenderung akan bertahan sekitar seminggu atau bahkan bisa lebih dan hilang setelah konsumsi bawang putih dihentikan.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengenal Manfaat Buah Terong Untuk Kesehatan

2. Menimbulkan Bau Mulut
Kita semua tahu bagaimana makanan dapat mempengaruhi aroma napas kita setelah makan bawang putih, sehingga kita hanya bisa berharap ketika makan bawang putih mentah aromanya akan cepat hilang. Untuk mengurangi bau mulut tersebut dapat meminum kopi dan dilanjutkan dengan menggosok gigi.

3. Masalah Pencernaan
Sebagian orang mungkin mengalami rasa yang berbeda-beda pada saluran pencernaannya setelah makan bawang putih mentah. Efek samping tertentu mungkin bisa saja terjadi  termasuk sakit perut, diare, muntah, perut kembung dan gangguan asam lambung.  Hal ini bisa terjadi bagi yang memiliki alergi pada saluran pencernaannya serta kemungkinan terlalu banyak dalam mengkonsumsi bawang putih.

4. Memicu Alergi
Seperti makanan atau bahan herbal lain, efek samping bawang putih juga bisa menimbulkan beberapa reaksi alergi. Reaksi alergi tersebut mungkin ditandai dengan timbulnya ruam, kulit mengelupas, mual, muntah, sakit kepala, demam dan sesak napas. Dan jika ada pembengkakan pada lidah, mulut atau tenggorokan terjadi, disarankan untuk segera mencari pertolongan pada petugas medis atau dokter.

Kesimpulannya adalah menjaga daya tahan tubuh merupakan  kunci utama untuk tetap sehat termasuk mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung antioksidan, namun harus tetap diperhatikan keseimbangan dalam mengkonsumsinya. Semoga menginspirasi di situasi pandemi yang kini tengah melanda bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *