Berbagai Jenis Makanan Alami Untuk Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Menjalani aktifitas dengan kondisi salah satu bagian tubuh sedang sakit tentu akan sangat mengganggu seperti sakit tenggorokan. Penyakit ini walaupun dipandang sebagai penyakit ringan namun apabila dibiarkan akan sangat mengganggu khususnya dalam hal berkomunikasi serta saat menelan makanan.

Sakit tenggorokan atau yang biasa dikenal dengan radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri yang bersarang pada bagian tenggorokan. Penyakit ini awalnya ditandai dengan rasa nyeri di tenggorokan dan pada beberapa orang bisa mengalami hingga demam. Untuk mengatasi penyakit yang sebenarnya tergolong ringan ini, selain minum obat yang banyak tersedia di toko maupun apotik, kita bisa juga untuk menyembuhkannya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi. Menyembuhkan penyakit apapun dengan bahan alami tentu sangat baik bagi tubuh karena bahan alami relatif cukup aman dari bahan kimia yang apabila dikonsumsi secara berlebihan akan memiliki efek negatif pada sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, bagi yang menginginkan penyembuhan penyakit yang tergolong ringan ini kita bisa memanfaatkan berbagai bahan alami yang banyak tersebar disekitar lingkungan kita. Berikut berbagai jenis makanan bernutrisi tinggi yang dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan sakit tenggorokan secara alami, antara lain adalah ;

1. Pisang
Buah yang memiliki tekstur yang lembut ini sangat mudah ditelan dan sangat baik dikonsumsi bagi yang sedang menderita radang tenggorokan. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin B6, kalium dan vitamin C yang terdapat di dalamnya akan membantu menyembuhkan rasa sakit pada tenggorokan. Selain itu, mengkonsumsi buah pisang juga baik bagi pencernaan.

2. Sup Ayam
Ternyata sup ayam yang dikonsumsi saat masih hangat (Ingat ! Masih hangat bukan panas) berfungsi sebagai pereda pada radang tenggorokan dan dipercaya mampu mencegah virus yang masuk ke dalam tubuh. Sup ayam yang dimanfaatkan sebagai penyembuhan alami untuk sakit tenggorokan, selain daging ayam segar umumnya dicampur dengan bahan lain seperti wortel, seledri, lobak, ubi jalar dan bawang putih.

Baca Juga :  Tips Sederhana Menghilangkan Bau Badan

3. Jus Lemon dan Madu
Campuran antara lemon dan madu dipercaya juga mampu meredakan sakit tenggorokan yang cukup efektif dan manjur. Minuman ini dipercaya juga mampu mendinginkan rasa panas pada tenggorokan dan meredakan rasa sakit saat menelan.

4. Telur
Protein yang terkandung di dalam telur ternyata juga bisa membantu menyembuhkan peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan. Telur yang dimanfaatkan sebagai penyembuhan sakit tenggorokan sebaiknya dimasak dengan direbus saja dan hanya mengkonsumsi bagian putih telurnya saja sebab kalau telur di goreng dikhawatirkan minyaknya akan memperparah rasa sakit pada tenggorokan.

5. Wedang Jahe atau Madu
Minuman ini selain memiliki rasa manis yang lezat, wedang jahe yang dicampur dengan madu bisa menjadi cara yang luar biasa untuk menangani rasa gatal pada tenggorokan. Campuran madu pada wedang jahe tersebut berfungsi untuk melapisi tenggorokan serta mencegah iritasi tenggorokan.

6. Oatmeal
Oatmel selain dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk program diet, ternyata oatmeal termasuk jenis makanan yang kaya akan serat yang bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol buruk dalam tubuh. Kandungan protein yang terdapat pada oatmeal ternyata juga berguna untuk memulihkan stamina tubuh. Kondisi tubuh yang stabil tersebut tentu akan dengan mudah menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan termasuk sakit tenggorokan. Dengan menambahkan pisang atau madu dalam semangkuk oatmeal, terbukti dipercaya akan mempercepat sembuhnya berbagai penyakit ringan termasuk sakit tenggorokan.

7. Sage
Sage atau tumbuhan Salivia officinalis ini telah digunakan sebagai bahan ramuan alami untuk mengobati sakit tenggorokan sejak nenek moyang. Sage ternyata juga kaya akan kandungan oksigen, flavonoid dan asam fenolik ini dapat ditambahkan atau dicampurkan ke dalam secangkir teh hangat. Kemudian minum selagi hangat agar rasa sakit pada tenggorokan segera mereda.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mencegah Timbulnya Sakit Gigi

8. Gandum
Makanan yang banyak terdapat di wilayah nusantara ini ternyata penuh dengan gizi, serat, zat besi, dan vitamin B1, B2, B3 dan E. Makanan ini dapat mempercepat penyembuhan radang tenggorokan dengan cara direbus sampai benar-benar matang, kemudian tambahkan saus rendah lemak untuk menambah selera makan. Nah… selain bikin perut kenyang ternyata gandum memiliki efek positif yang bisa menyembuhkan sakit tenggorokan karena kandungan yang luar biasa di dalamnya.

9. Wortel
Wortel dapat menyembuhkan sakit tenggorokan karena kandungan gizi yang terdapat di dalamnya, namun apabila sayuran ini ingin dimanfaatkan sebagai penyembuhan penyakit tenggorokan maka wortel harus dikukus atau direbus terlebih dahulu. Ingat ! wortel mentah hanya akan memperparah sakit tenggorokan karena teksturnya yang kasar. Selain itu, wortel juga penuh nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan potasium.

Demikian berbagai jenis makanan alami yang banyak tersebar disekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengobati sakit tenggorokan. Mudah-mudahan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *