Berbagai Jenis Makanan Dan Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh

Cuaca ekstrem menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya daya tahan tubuh. Selain faktor cuaca ekstrem tersebut daya tahan tubuh juga bisa menurun karena aktivitas yang berlebih dalam sehari-hari. Menurunnya daya tahan tubuh tentu akan mengganggu aktivitas kita dalam menjalani hidup di dunia, untuk itu agar kondisi tubuh kita tetap stabil maka perlu asupan makanan atau minuman yang berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh tersebut agar tetap stabil.

Banyak sekali obat-obatan kimia yang beredar di pasaran sebagai penambah daya tahan tubuh dan umumnya lebih cepat bereaksi daripada menggunakan bahan makanan atau minuman alami, namun selain harganya yang jauh lebih mahal daripada bahan alami tentu obat-obatan kimia tersebut memiliki efek negatif jangka panjang bagi kesehatan tubuh.

Menjaga daya tahan tubuh agar tetap segar bugar yang alami, aman dan murah alias ngirit biaya kesehatan, sebenarnya kita bisa memanfaatkan berbagai bahan makanan atau minuman yang banyak tersebar di sekitar kita. Lantas apa saja berbagai jenis makanan dan minuman tersebut ?

Berikut berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa dijadikan sebagai sarana untuk menambah serta mempertahankan daya tahan tubuh secara alami aman dan murah, antara lain adalah ;

1. Teh hijau
Teh hijau dikenal memiliki kandungan zat polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang cukup kuat serta aktif yang menjadikan jaringan tubuh lebih rileks sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Mengkonsumsi teh hijau secara rutin baik pagi maupun sore hari merupakan salah satu cara untuk menambah serta mempertahankan daya tahan tubuh.

2. Yoghurt
Yoghurt juga termasuk salah satu minuman yang bermanfaat sebagai penambah daya tahan tubuh, minuman ini sangat baik serta aman dikonsumsi oleh segala umur. Selain itu yoghurt juga mengandung probiotik yaitu bakteri ramah atau bifidobacterium yang mampu meningkatkan sel darah putih dan menjaga kualitas imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

3. Jeruk
Buah jeruk juga merupakan salah satu minuman yang bermanfaat sebagai penambah daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C di dalamnya,  tingginya jumlah kandungan vitamin C dalam buah jeruk yaitu kisaran 53,2 mg per 100 g dipercaya mampu melakukan perbaikan kerusakan sel-sel tubuh akibat serangan bakteri jahat sehingga dengan adanya perbaikan sel tersebut otomatis akan meningkatkan daya tahan tubuh .

Baca Juga :  Tips Sederhana Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Segar Bugar

4. Brokoli
Brokoli tergolong jenis sayuran yang kaya akan nutrisi serta bermanfaat juga sebagai salah satu makanan yang baik sebagai penambah daya tahan tubuh. Brokoli juga memiliki kandungan vitamin C, B1, Kalsium, Protein, dan Sulfur. Selain dikonsumsi sebagai sayuran brokoli juga bisa dijadikan sebagai minuman jus dengan di blender sebagai sarana untuk penambah daya tahan tubuh.

5. Jus tomat dan wortel
Penggabungan antara buah tomat dan sayur wortel yang dijadikan satu dalam bentuk minuman jus, merupakan salah satu penggabungan minuman yang bermanfaat juga sebagai penambah daya tahan tubuh karena dalam kedua jenis makanan yang digabungkan menjadi minuman tersebut mengandung vitamin A betakaroten, B komplek, zat besi, kalium, matrium, serta fosfor yang sangat baik sebagai penambah dan penjaga daya tahan tubuh.

6. Jus mangga dan jambu biji
Buah mangga dan buah jambu biji yang digabungkan dengan cara dibikin jus termasuk salah satu pilihan minuman untuk meningkatkan daya tahan tubuh, hal ini disebabkan karena kedua jenis buah tersebut mengandung vitamin A, C dan serat. Kandungan nutrisi dalam kedua jenis buah-buahan tersebut dipercaya juga mampu menjaga imun atau sistem kekebalan tubuh serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit.

7. Apel
Buah yang rasanya manis dan segar ini juga mengandung vitamin, kalsium, kalium, natrium, fosfor, klorin , magnesium, zat besi dan flour yang cukup baik dijadikan sebagai penambah daya tahan tubuh karena berbagai kandungan tersebut mampu melakukan perbaikan terhadap sel-sel tubuh yang rusak sehingga menjadikan sistem tubuh akan kembali normal.

8. Kunyit
Kunyit selain dijadikan sebagai bumbu dapur, sejak nenek moyang ratusan tahun bahkan ribuan tahun yang lalu kunyit dikenal sebagai bahan utama untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Rempah yang satu ini mengandung antibiotik alami serta antioksidan yang cukup tinggi serta mengandung vitamin C dan senyawa kurkumin yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Kunyit bisa dikonsumsi sebagai campuran berbagai masakan namun apabila ingin dimanfaatkan sebagai penambah daya tahan tubuh kunyit sebaiknya dikonsumsi sebagai minuman yang di campur dengan jenis rempah lain yaitu gula aren , asam jawa serta jeruk lemon dan minumlah ramuan ini sehari 2 kali agar menambah daya tahan tubuh dan tetap menjadikan tubuh tetap stabil.

Baca Juga :  Tips Sederhana Memanfaatkan Akar Pohon Pepaya Bagi Kesehatan

9. Jahe
Selain kunyit, jahe juga termasuk salah satu rempah yang baik sebagai penambah daya tahan tubuh.  Jahe dikenal mengandung kadar minyak atsiri yang meliputi kurkumen, zingiberokl, zingiberena, bisabolena, gingerol dan filandrena. Senyawa-senyawa tersebut tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh karena bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, melancarkan sirkulasi pembuluh darah dan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh.  Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin tentu secara otomatis akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik, jahe bisa dikonsumsi sebagai bumbu masakan atau khusus dijadikan sebagai minuman dan bisa ditambah dengan gula merah maupun perasan air jeruk lemon yang di haluskan dengan cara di blender maupun di tumbuk, kemudian di beri air mendidih. Nah… minumlah secara rutin sehari 2 kali ramuan tersebut agar bermanfaat menambah daya tahan tubuh.

10. Air kelapa
Air kelapa juga menjadi salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai penambah daya tahan tubuh dan umumnya air kelapa yang dijadikan sebagai penyembuhan serta dianggap mampu sebagai penambah daya tahan tubuh adalah air dari kelapa hijau muda.  Air kelapa umumnya mengandung isotonik yang didalamnya terdapat kalium, magnesium, kalsium, natrium, dan fosfor. Kandungan dalam air kelapa tersebut dipercaya juga mampu menetralisir berbagai racun yang masuk dalam tubuh, mencegah dehidrasi, menghilangkan kram otot dan meningkatkan elektrolit tubuh. Minumlah air kelapa hijau yang baru saja di kupas atau maksimal 2 jam setelah di kupas agar kandungan yang baik dalam air kelapa tersebut tidak berkurang sehingga menjadikan tubuh menjadi lebih segar dan tentu daya tahan tubuh akan kembali membaik.

11. Susu kedelai
Perpaduan antara susu hewani yang dicampur dengan susu nabati dari sari kacang kedelai juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kedua jenis susu tersebut memiliki kandungan protein tinggi, vitamin B komplek, kalsium, vitamin D dan mineral yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh kita dari serangan berbagai macam penyakit. Mengkonsumsi perpaduan susu dan sari kacang kedelai secara rutin setiap hari minimal 1 gelas merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk menjaga daya tahan tubuh tetap normal. Bahkan bagi seseorang yang baru saja sembuh dari sakit atau masa pengembalian stamina seperti baru sakit maag maka perpaduan minuman susu dan sari kacang kedelai menjadi salah satu alternatif minuman yang cepat untuk mengembalikan stamina serta daya tahan tubuh agar segera kembali pulih.

Baca Juga :  Yuk ! Mengenal Berbagai Jenis Makanan Yang Bisa Menyehatkan Rambut

12. Madu dan jeruk lemon
Madu dikenal memiliki nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, karena madu mengandung  vitamin B2, B3, B5, B6, B9, kalsium, zat besi, magnesium, natrium, zink, protein, dan serat pangan. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh kita, sehingga dengan mengkonsumsi madu secara rutin tiap hari sewajarnya akan menjadikan daya tahan tubuh tetap stabil.  Selain itu madu juga bermanfaat dalam mengusir logam bebas berbahaya yang masuk dalam tubuh, membersihkan radikal bebas, mempercepat penyembuhan luka serta menambah dan meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Sedangkan jeruk lemon yang mengandung vitamin C, bermanfaat sebagai anti radang dan antioksidan yang mampu mendistribusikan nutrisi yang ada dalam madu menjadi lebih  maksimal. Penggabungan dalam mengkonsumsi antara madu dan jeruk lemon tersebut menjadikan tubuh lebih segar sehingga otomatis akan meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

Seluruh bahan untuk menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh secara alami, aman dan murah yang bisa ngirit pengeluaran tersebut di atas bisa diperoleh dengan mudah karena banyak tersedia di sekitar lingkungan kita yang tinggal di wilayah nusantara dan bila harus membeli pun harganya masih relatif murah.

Untuk itu artikel ini mudah-mudahan menjadikan inspirasi kepada kita semua dalam menjaga daya tahan tubuh tidak harus menggunakan obat kimia karena banyak bahan alami yang ada disekitar kita untuk menjaga agar tubuh tetap sehat yang tentunya dengan biaya yang relatif lebih murah. Mudah-mudahan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *