Berbagai Jenis Makanan Pembakar Lemak Tubuh

Tubuh gemuk identik dengan banyak makan, walaupun tidak semua benar namun pendapat itu juga tidak bisa disalahkan. Pada umumnya faktor penyebab kegemukan adalah banyaknya makanan yang terserap dalam sistem tubuh yang melebihi kebutuhan kalori dalam tiap harinya. Seandainya kebutuhan kalori tubuh kita 2000 kalori perhari tetapi kita makan 3000 kalori perhari, maka kelebihan 1000 kalori yang berasal dari karbohidrat, protein, serta lemak akan disimpan oleh tubuh sebagai cadangan dalam bentuk lemak. Cadangan tersebut apabila tidak digunakan atau justru ditambah dalam setiap harinya maka yang akan terjadi adalah kegemukan.

Seseorang yang mengalami kegemukan sangat beresiko mudah terserang berbagai macam penyakit, oleh karena itu banyak yang melakukan program diet setelah mengalami kegemukan. Rumus diet sebenarnya adalah mengurangi kalori dalam tubuh atau menggunakan cadangan kalori yang tersimpan dalam tubuh agar kegemukan bisa segera teratasi. Mengurangi porsi makan serta memakan makanan yang rendah kalori setiap hari adalah cara paling aman untuk menurunkan berat badan. Namun pada umumnya bagi seseorang yang sudah kelebihan berat badan justru memiliki nafsu makan yang melebihi rata-rata sehingga mengurangi porsi makan akan merasakan rasa lapar yang luar biasa sehingga yang sudah terlanjur kegemukan sangat sulit untuk diturunkan berat badannya.

Program diet dengan menggunakan obat kimia sebenarnya merugikan kesehatan dikemudian hari, sehingga banyak alternatif obat herbal yang ditawarkan untuk menurunkan berat badan, lalu amankah obat herbal tersebut ? Silahkan mencari tahu sendiri ! Adapun cara menurunkan berat badan secara alami yang cukup aman, rumus yang benar adalah menstabilkan kebutuhan kalori sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh serta membakar cadangan kalori dalam bentuk lemak yang berlebihan dalam tubuh dengan mengeluarkan secara alami. Memakan makanan yang rendah kalori disamping mengurangi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh ternyata makanan yang rendah kalori pada umumnya juga mengakibatkan nafsu makan menurun sehingga otomatis akan mengurangi porsi makan dan cadangan lemak dalam tubuh akan terpakai oleh sistem tubuh. Kemudian apa saja makanan yang baik untuk membakar lemak tubuh agar berat badan kembali normal ?

Baca Juga :  Mengatasi Rasa Mual

Berikut ini berbagai jenis makanan yang baik untuk membakar lemak tubuh, antara lain adalah ;

1. Lalapan Mentah
Sayur-sayuran serta buah-buahan yang dimakan dalam kondisi masih mentah ternyata mengandung sumber enzim yang dapat memecah lemak dalam saluran pencernaan sehingga bisa mengurangi dan bahkan bisa mencegah lemak terserap oleh sistem tubuh.

2. Makanan Kalsium Tinggi
Sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi juga dapat memecah sel-sel lemak tubuh, makanan ini biasanya terdapat pada susu, yogurt, keju serta produk-produk turunan susu lainnya. Berbagai jenis makanan tersebut membuat tubuh merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama sehingga bisa menekan selera makan lebih banyak. Namun bagi yang menderita kolesterol tinggi sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar rencana mengurangi porsi makan atau program diet lebih aman dan tidak menambah kolesterol dalam tubuh yang justru akan merugikan kesehatan.

3. Kaya Vitamin C
Makanan yang mengandung vitamin C juga bisa dimanfaatkan untuk membakar lemak yang berlebihan dalam tubuh. Jenis makanan yang banyak terdapat vitamin C nya antara lain terdapat pada jeruk, apel, kubis dan brokoli.

4. Bawang
Mengkonsumsi bawang baik bawang putih maupun bawang merah juga baik untuk membakar cadangan lemak tubuh, selain itu bawang juga memiliki zat antioksidan yang cukup baik sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Teh Hijau
Minuman yang memiliki rasa segar ini juga dipercaya bisa mempercepat metabolisme serta membantu mempercepat pembakaran lemak tubuh.

6. Cabe, Merica dan Pala
Ketiga jenis rempah-rempah tersebut juga sangat baik dimanfaatkan untuk membakar lemak tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung ketiga rempah tersebut mengakibatkan tubuh cepat panas karena rasa pedasnya, sehingga hal tersebut bisa mempercepat keluarnya keringat, dengan demikian akan membantu mempercepat pembakaran lemak tubuh yang cukup efektif.

Baca Juga :  Mengenal Berbagai Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh

7. Minyak Zaitun
Minyak sayur ini memliki sifat membakar lemak serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga juga baik untuk dikonsumsi yang ingin menurunkan berat badannya.

8. Kedelai
Makanan yang bisa diolah menjadi tahu atau tempe serta bisa dijadikan camilan ini juga bisa dimanfaatkan untuk membakar lemak tubuh yang cukup efektif karena kedelai mengandung lesitin yang bisa mencegah sel mengakumulasi lemak yang berlebihan serta membantu memecah lemak tubuh.

9. Seledri
Tanaman yang biasanya dijadikan sebagai penambah sedap makanan ini juga bisa dimanfaatkan untuk membantu membakar lemak tubuh karena selderi mengandung air yang baik untuk memecah sel-sel lemak tubuh.

10. Kopi
Minuman yang cukup nikmat ini ternyata mengandung kafein yang dapat membuat jantung bekerja lebih cepat. Kopi juga bisa dimanfaatkan untuk membakar lemak tubuh yang berlebih sehingga dengan mengkonsumsi secara rutin kopi sewajarnya maka akan membakar lemak tubuh secara perlahan namun aman.

Selain mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang bisa membakar lemak tubuh sebagaimana diatas, untuk mempercepat agar berat badan bisa kembali normal maka olah raga rutin juga harus dilakukan, sehingga program menurunkan berat badan akibat kelebihan lemak tubuh akan efektif dan efesien. Kalau mau serius, sebenarnya membakar kelebihan lemak tubuh bisa dilakukan dengan cukup mudah, murah dan aman dengan syarat yang bersangkutan memiliki niat yang sungguh-sungguh sehingga bisa mengontrol porsi makanan dalam setiap harinya.

Mudah-mudahan artikel ini membantu program untuk membakar lemak tubuh yang berlebihan sehingga berat badan bisa kembali normal dan terhindar dari berbagai penyakit akibat kegemukan. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *