Berbagai Makanan Dan Minuman Yang Bisa Meyembuhkan Sakit Gigi Secara Alami

Sakit Gigi…… ! Tidak bisa dibayangkan betapa sakitnya jika kita sedang mengalami sakit yang satu ini, bahkan bisa dibilang seluruh rasa sakit apapun terkumpul jadi satu rasanya. Kalau dipikir-pikir penyakit gigi bisa timbul karena kesalahan diri kita sendiri sejak masih balita karena kurangnya melakukan perawatan gigi serta kesalahan dalam mengkonsumsi makanan yang terus menerus kita lakukan seperti makan bakso panas disertai dengan minum es teh dingin dan lain sebagainya. Oleh karena itu daripada menderita sakit gigi yang sedemikian sakitnya maka lebih baik mencegahnya agar kesehatan tubuh tetap bugar.

Bagi yang sedang menderita sakit gigi, ada beberapa tips secara sederhana dan alami untuk menyembuhkannya yakni dengan membersihkan bagian gigi yang sakit dengan menggunakan sikat gigi pakai pasta gigi yang cocok untuk meredakan rasa sakit.

Jika setelah beberapa menit belum sembuh juga atau masih disertai rasa ngilu, kemungkinan masih ada sisa makanan yang menyelip pada lubang gigi. Untuk mengeluarkan sisa makanan tadi maka gunakanlah lidi kecil atau tusuk gigi untuk mengangkat kotoran yang terselip pada lubang di antara gigi, setelah itu berkumur-kumur dengan air hangat sampai dirasa bersih. Pijat atau urut bagian pelipis (posisi gigi yang sakit) dari arah depan sampai belakang (depan telinga) menggunakan minyak yang tak beraroma selama beberapa menit sampai rasa nyeri hilang secara perlahan-lahan. Kemudian tempelkan lidah pada bagian gigi yang sakit, senggol atau sodok bagian gigi yang sakit sampai darah pada gigi yang sakit keluar. Jika berhasil, warna darah yang keluar biasanya nampak merah kehitaman.

Jika sakit gigi sudah hilang, rawatlah gigi dengan cara rajin menggosok gigi, berkumur sehabis makan dan sehabis bangun tidur, jangan terlalu sering makan coklat atau makanan apapun yang memicu kambuhnya sakit gigi.

Sebagai tambahan pengetahuan agar gigi kita senantiasa tetap sehat, selain dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari dan memeriksakan gigi ke dokter setiap enam bulan sekali, juga jangan lupa mengenali berbagai jenis makanan yang baik dan buruk untuk kesehatan gigi.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengenal Manfaat Daun Salam

Namun anda tetap perlu berhati-hati, karena tidak semua makanan dapat menyehatkan gigi. Misalkan saat gula atau tepung di mulut anda bertemu dengan bakteri penyebab plak, akan terjadi reaksi asam sekurang-kurangnya 20 menit setelah anda selesai makan. Reaksi ini dapat merusak enamel di permukaan gigi dan memproduksi toxin yang menyerang gusi dan tulang penopang gigi yang bisa memicu rasa ngilu yang luar biasa pada gusi.

Berikut berbagai jenis makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan gigi kita, di antaranya :

1. Teh Hijau

Teh hijau memiliki senyawa yang sangat bermanfaat bagi gigi, antioksidan alaminya mampu mencegah plak terakumulasi sehingga mengurangi resiko gigi berlubang dan bau mulut. Beberapa jenis teh hijau bahkan mengandung fluoride yang dapat melindungi gigi dari kerusakan.

2. Bawang Merah

Bawang merah kaya akan senyawa belerang yang merupakan anti bakteri yang kuat, dapat membunuh bakteri yang membahayakan gigi dan gusi. Namun dengan memakan bawang merah mentah akan memberi efek samping, yaitu Bau Badan agak berlebihan.

3. Seledri

Tanaman jenis sayuran ini merupakan teman bagi para dokter gigi, mengapa? Karena dengan memakan seledri mentah akan membantu membersihkan gigi anda dan membuat mulut memproduksi banyak air liur yang menetralkan bakteria penyebab gigi berlubang. Sayuran segar dan dikonsumsi mentah terbukti baik untuk gigi karena kaya serat namun harus dikunyah cukup lama. Gerakan mengunyah dapat membantu produksi air liur yang baik dalam proses pembersihan gigi secara natural.

4. Biji Wijen

Biji wijen yang dikombinasikan dengan roti dan bolu gulung juga dapat melarutkan plak serta membantu menjaga email gigi. Biji wijen yang lezat ini juga kaya kalsium yang menjaga gigi dan rahang tetap sehat.

5. Produk susu dan yogurt rendah lemak dan gula

Susu dan yogurt selain minuman sehat dapat membantu mengurangi resiko erosi pada gigi karena kaya kalsium.

6. Keju

Keju adalah produk turunan dari susu yang memiliki manfaat yang cukup signifikan karena mengandung fosfat dan kalsium. Selain itu keju juga membantu menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH dalam mulut, menghasilkan air liur yang lebih banyak dan membangun kembali enamel gigi, serta membunuh bakteria penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi.

Baca Juga :  Tips Memanfaatkan Gula Pasir Untuk Membersihkan Berbagai Kotoran

7. Buah-buahan Sumber Vitamin C

Buah yang dimakan secara mentah dapat mengurangi plak dan memijat gusi. Pilihlah buah-buahan yang kaya vitamin C, karena jika kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gigi dan gusi lebih rentan terhadap penyakit.

8. Sayuran

Sayur-sayuran seperti brokoli, wortel, ubi jalar, dan labu kaya akan vitamin A yang baik untuk membangun enamel gigi. Akan sangat baik juga jika memakannya secara mentah.

9. Protein

Protein hewani seperti daging sapi, ayam, telur kaya akan fosfor, kalsium dan vitamin D. Pastikan Anda mengkonsumsi protein yang cukup setiap hari.

10. Pear

Buah yang kaya akan serat mampu merangsang produksi air liur, salah satunya adalah buah pear. Dalam sebuah riset di tahun 2004, pear mengandung zat penetral asam di permukaan gigi yang kadarnya lebih tinggi dari buah-buahan lainnya, seperti pisang, apel, jeruk dan nanas.

11. Permen karet tanpa pemanis

Permen karet umumnya mengandung pemanis buatan. Bagi Anda yang gemar mengunyah permen karet namun tidak ingin merusak gigi, pilihlah permen karet yang mengandung bahan xylitol. Bahan pengganti gula ini baik untuk mencegah bakteri penyebab plak yang dapat merusah enamel gigi.

12. Apel

Beberapa jenis apel ada yang sangat asam, yang bisa berdampak buruk bagi gigi anda. Tetapi jika anda mendapatkan buah apel yang cukup netral, dengan cukup keasaman untuk memberikan rasa yang baik, itu bisa menjadi makanan yang luar biasa untuk melawan sakit gigi berlubang. Apel memiliki serat yang banyak dan dapat membantu untuk membersihkan noda yang ditinggalkan oleh makanan lain di sela-sela gigi, serta kandungan airnya yang tinggi mampu membuat air liur anda mengalir. Meskipun dengan hanya mengunyah apel saja tidak cukup untuk menjaga gigi dalam kesehatan yang sempurna, namun apel dapat membantu untuk menangkal dampak buruk dari makan makanan kering, seperti buah kering atau biskuit.

Baca Juga :  Yuk ! Mengenal Berbagai Manfaat Tanaman Sirih Bagi Kesehatan

13. Kacang-kacangan

Penelitian klinis yang telah dilakukan menunjukkan jika kacang baik untuk gigi. Hal ini karena kacang-kacangan rendah gula, serta mengandung lemak tak jenuh ganda, yang dapat membantu mencegah penyakit gusi. Banyak kacang-kacangan mengandung jumlah tinggi kalsium dan fosfor, yang dapat membantu untuk memperkuat gigi. Satu-satunya hal yang bisa lebih buruk dari kacang adalah ketika anda sedang mencoba untuk mengupas kulitnya dengan gigi Anda

14. Ikan Salmon

Ikan salmon sarat dengan vitamin D, yang akan menjadi penting jika anda tidak mengkonsumsi dari suplemen. Vitamin D akan membantu tubuh anda menyerap kalsium yang dibutuhkan. Juga, tambahan sedikit protein akan membantu untuk menyeimbangkan gula dalam diet terutama vegan.

15. Xylitol

Xylitol adalah sejenis gula yang sebenarnya baik untuk gigi (nama kimia gula alkohol nonfermentable, yang tidak dapat digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi). Xylitol juga ditemukan dalam beberapa makanan alami, namun kini dimasukkan juga kedalam suatu produk. Beberapa studi telah menemukan bahwa, penggunaan xilitol aman dan efektif untuk mencegah gigi berlubang. Anda bisa mendapatkan permen karet yang dipermanis dengan xylitol, di toko makanan kesehatan anda. Ini bukanlah permen karet biasa, namun bisa berguna terutama ketika anda tidak punya waktu untuk menyikat gigi setelah makan diluar.

16. Air

Air bukanlah seperti makanan padat lainnya, namun air juga berguna sebagai zat untuk mencegah gigi berlubang. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi adalah penting, untuk menjaga gigi agar tetap sehat. Bakteri lebih mudah berkembang biak dan membentuk masalah pada gigi, ketika aliran air liur mengering. Itulah salah satu yang menjadi alasan, jika pada malam hari, kita lebih rentan terhadap gigi berlubang. Air akan menyapu keasaman dan residu gula residu yang ditinggalkan oleh makanan. Berkumur air disaat mulut Anda sering, dan untuk tetap terhidrasi sepanjang hari akan menjaga gigi.

Demikian tips sederhana menyembuhkan sakit gigi secara alami dan berbagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan gigi. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *