Berbagai Manfaat Mengkonsumsi Sayur Rebung

Rebung adalah tunas muda atau anakan bambu yang masih baru tumbuh dari akar bambu dewasa, rebung dari jenis bambu tertentu ternyata bisa diolah untuk dikonsumsi menjadi makanan yang cukup lezat. Sayur rebung umumnya juga di gemari oleh mayarakat nusantara karena teksturnya yang lembut dan memiliki rasa khas yang cukup lezat.

Ada puluhan jenis bambu yang tumbuh subur di wilayah nusantara namun tidak semua jenis bambu tersebut rebungnya bisa dikonsumsi atau bahkan bisa beracun dan berakibat fatal bagi kesehatan tubuh manusia. Adapun jenis rebung yang populer biasa dikonsumsi oleh mayarakat adalah jenis rebung dari bambu DURI dan bambu PETUNG. Kedua jenis bambu ini cukup aman dikonsumsi serta mudah diolah menjadi berbagai menu makanan seperti sayur lodeh, kare dan lain sebagainya. Bagi yang menyukai menu pedas, sayur lodeh yang berbahan dasar dari rebung yang dibumbui oleh rempah-rempah juga sangat cocok untuk disantap dengan sedikit ditambah sayur lainnya namun perlu di ingat ya terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas juga tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Perlu diketahui bahwa rebung ternyata memiliki segudang kandungan yang cukup baik bagi kesehatan tubuh manusia, kandungan yang terdapat pada rebung antara lain adalah ; Kalsium
Kalium
Natrium
Lemak jenuh
Protein
Sodium
Serat
Vitamin A
Vitamin C
Vitamin D
Vitamin B12
Vitamin B6
Zat besi
Magnesium

Naah… Sekarang apa saja manfaat dari mengkonsumsi rebung bagi kesehatan tubuh manusia ? Berikut ini penulis rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat rebung bagi kesehatan tubuh manusia yang ternyata sungguh luar biasa. Manfaatnya antara lain adalah ;

1. Diet
Sayur rebung mengandung serat yang tinggi dan kadar lemak serta kalori yang rendah sehingga bisa bermanfaat bagi yang sedang menjalani program diet sehat. Kandungan serat yang tinggi tersebut akan menjadikan perut terasa awet kenyang sehingga nafsu makan tentu akan berkurang. Nah.. silahkan segera dicoba untuk mengkonsumsi secara rutin sayur rebung agar diet secara alami dan aman ini bisa membantu anda untuk  menurunkan berat badan tanpa resiko atau efek samping.

Baca Juga :  Mengenal Manfaat Beras Selain Menjadi Bahan Makanan Pokok

2. Mineral Seimbang
Kandungan protein yang terdapat pada rebung juga bermanfaat untuk menjaga stabilitas sel-sel tubuh berfungsi dengan normal sehingga kebutuhan mineral yang seimbang dalam tubuh bisa tercukupi apabila mau mengkonsumsi rebung secara rutin. Kandungan mineral yang seimbang dalam tubuh tentu akan menjaga kesehatan tubuh kita tetap bugar sepanjang hari. Luar bisa kan ?

3. Menyembuhkan Kencing Manis
Rebung tergolong sayuran yang mengandung rendah gula, jumlah gula yang ditemukan dalam rebung hanya sekitar 2,5 gram per 100 gramnya. Hal ini cukup aman dikonsumsi bagi yang menderita kencing manis dan lambat laun apabila dikonsumsi secara rutin bagi penderita kencing manis akan menjadikan kadar gula dalam tubuh menjadi normal dan penyakit kencing manis akan sirna.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan fitonutrien dan fitosterol pada rebung bisa membantu mengusir sel jahat yang ada pada tubuh, sehingga dengan menurunnya sel jahat atau lebih dikenal dengan LDL  pada akhirnya akan menjaga kesehatan jantung.

5. Mengontrol Kolesterol
Kadar kolesterol jahat atau juga dikenal dengan LDL dalam tubuh bisa diatasi dengan cara rutin mengkonsumsi rebung. Hal ini sebagai efek yang terdapat pada kandungan fitonutrien dan fitosterol pada rebung yang bermanfaat untuk menyeimbangkan kolesterol sehingga kolesterol jahat tersebut bisa dikeluarkan secara alami.

6. Mengurangi Resiko Kanker
Kandungan serat yang cukup tinggi pada rebung juga bermanfaat untuk membantu kesehatan pencernaan tubuh sehingga bisa menjauhkan benih-benih jahat yang bisa merusak sistem kekebalan tubuh termasuk sel pemicu munculnya kanker, hal ini terjadi karena adanya senyawa fenolik yang terdapat pada rebung yang bisa mencegah munculnya kanker.

7. Menambah Sistem Kekebalan Tubuh
Menurunnya imun tubuh tentu akan menimbulkan resiko munculnya berbagai macam penyakit termasuk yang saat ini sedang terjadi yaitu wabah virus covid-19 atau corona. Untuk menjaga imunitas tubuh tetap stabil mengkonsumsi sayur rebung termasuk salah satu cara yang baik karena kandungan yang terdapat pada rebung bisa bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :  Memanfaatkan Daun Dan Buah Kelor Untuk Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

8. Menjaga Pencernaan
Kandungan serat yang cukup tinggi pada rebung menjadikan sistem pencernaan akan bekerja dengan baik sehingga bagi yang menderita kesulitan Buang Air Besar atau BAB cukup membantu untuk melancarkannya. Hal ini bisa terjadi selain mengandung serat yang tinggi juga memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna oleh sistem pencernaan.

9. Menyembuhkan Bisul
Rebung memiliki sifat alami sebagai agen anti-inflamasi dan sifat analgesik yaitu menghilangkan rasa nyeri. Hal ini tentunya akan dapat membantu dalam proses penyembuhan dari kondisi berbagai penyakit seperti ulkus, luka luar, dan juga bisul. Silahkan untuk mencoba bagi yang menderitanya, semoga cepat sembuh.

10. Mengatasi Gangguan Pernafasan
Rebung yang direbus sampai mendidih kemudian ditunggu hingga dingin dan di rebus kembali hingga mendidih ternyata juga dipercaya bisa menyembuhkan gangguan pernafasan. Caranya adalah rebusan rebung yang kedua kali tersebut sebelum dingin ditambah sedikit madu kemudian diminum secara rutin agar pernafasan kembali normal.

11. Detoksifikasi
Nenek moyang kita ternyata telah memanfaatkan rebung sebagai sarana untuk mengeluarkan racun dari serangan binatang melata seperti ular dan kalajengking. Caranya adalah dengan mengekstrak rebung kemudian di tempelkan pada kulit yang terluka akibat sengatan dari binatang tersebut.

12. Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Kandungan fitonutrien dan fitosterol yang terdapat pada rebung juga bermanfaat menurunkan kadar lemak buruk yang ada di dalam darah.

Demikian berbagai manfaat mengkonsumsi sayur rebung dalam menjaga kesehatan tubuh kita, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.