Berbagai Manfaat Puasa Romadhon Bagi Kesehatan Tubuh

Berpuasa dibulan romadhon merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh umat muslim diseluruh dunia kecuali bagi mereka yang sedang berhalangan baik sakit maupun perempuan yang sedang haidh. Kewajiban melakukan puasa selama sebulan penuh ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW bahwa “berpuasalah maka akan sehat”.  Selain memiliki hikmah bagi kesehatan, berpuasa merupakan sarana ibadah yang dimonitor secara langsung oleh Alloh SWT dan tentu bagi hambaNYA yang benar-benar melaksanakan ibadah ini dengan benar akan mendapatkan pahala. Selain berpuasa di siang hari pada malam hari dibulan romadhon juga banyak kegiatan beribadah yang umumnya tidak dilakukan pada bulan lain seperti sholat taraweh, tadarus dan lain sebagainya.

Setelah sekitar 15 abad yang lalu sabda Nabi Muhammad SAW tentang berpuasa itu menyehatkan, kini banyak peneliti melakukan penelitian akan kebenaran sabda tersebut, dan ternyata bagi umat muslimin yang melaksanakan ibadah puasa dengan benar sesuai dengan tuntunan setelah dilakukan penelitian ternyata manfaat berpuasa hasilnya luar biasa bagi kesehatan, antara lain adalah ;

1. Mengeluarkan Racun Tubuh
Dengan melakukan puasa atau menahan makan dan minum dari munculnya fajar hingga magrib selama satu bulan penuh ternyata membuat sistem pencernaan tubuh akan menguras berbagai racun yang selama 11 bulan bersarang, hal ini terjadi karena sistem tubuh akan memakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi, selanjutnya cadangan lemak yang ada dalam tubuh akan membakar racun yang berbahaya sehingga keseimbangan tubuh akan kembali normal.

2. Diet Alami
Bulan puasa termasuk salah satu bulan yang cukup efektif untuk melakukan diet yang aman secara alami karena dengan datangnya bulan puasa maka hampir seluruh muslimin juga melakukan puasa sehingga bagi yang sedang melakukan program diet akan bertambah semangat karena dibulan romadhon banyak yang tidak makan dan minum pada siang hari.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol
Dengan menjalankan puasa selama satu bulan penuh selain bisa menurunkan berat badan ternyata juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang bersemayam dalam tubuh, dengan menurunnya kadar kolesterol dalam darah yang jahat tentu akan membuat tubuh menjadi lebih baik dan segar bugar kembali.

4. Membersihkan Ginjal
Organ tubuh yang satu ini memiliki peranan penting dalam sistem tubuh karena berfungsi sebagai filter atau saringan dari berbagai zat berbahaya yang kita makan dan minum selama 11 bulan. Dengan berkurangnya asupan air pada saat menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh justru akan membuat ginjal kita menjadi lebih baik karena pada saat berpuasa kekuatan fungsi maksimal osmosis urin atau penyerapan air dalam tubuh akan menjadikan ginjal memperbaiki diri serta meningkatkan fungsinya menjadi lebih baik.

5. Mencegah Diabetes
Penyakit ini umumnya disebabkan karena tingginga kadar gula dalam darah serta tingginya kolesterol dalam tubuh. Dengan berpuasa selama satu bulan penuh maka konsumsi makanan serta minuman yang mengandung lemak dan gula otomatis bisa dikontrol dengan baik sehingga bisa menjaga diri untuk terhindar dari penyakit yang cukup mengerikan ini.

Baca Juga :  Efek Kebanyakan Makan Tomat Bagi Kesehatan

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Pada saat berpuasa tubuh terasa lemas dan hal inilah yang justru membuat sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat karena pada saat lemas karena berpuasa ini akan meningkatkan limfosit atau sel darah putih yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh sampai 10 kali lipat dan hal itulah yang menyebabkan pengaruh naiknya sistem kekebalan tubuh sehingga dengan berpuasa selama satu bulan penuh akan membuat tubuh terhindar dari serangan berbagai virus.

7. Menambah Kesehatan Jantung
Ibadah puasa ternyata juga bisa menambah kesehatan jantung karena tubuh yang sedang berpuasa akan terjadi peningkatan HDL atau kolesterol baik serta penurunan LDL atau kolesterol buruk, dan hal itulah yang menyebabkan jantung dan pembuluh darah menjadi lebih baik.

8. Meningkatkan Kecerdasan Otak
Dengan menjalankan puasa ternyata berdampak yang luar biasa terhadap otak manusia karena peningkatan neurotropik atau mencegah gangguan saraf yang ditununkan oleh otak akan membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel-sel otak sehingga akan meningkatkan fungsi otak. Dengan menurunnya hormon kortisol atau hormon penyebab stress saat berpuasa karena kelenjar adrenal yang menurun ternyata juga sangat baik bagi kesehatan otak sehingga manusia yang rajin menjalankan ibadah puasa niscaya akan terhindar dari penyakit stress serta gangguan jiwa lainnya.

9. Menyembuhkan Sakit Persendian
Menjalankan rutinitas tidak makan dan minum sejak fajar hingga magrib selama satu bulan penuh ternyata juga akan meningkatkan sel penetral alami yang cukup ampuh bagi tubuh sehingga akan menyembuhkan berbagai penyakit termasuk encok dan rematik sehingga lambat laun berbagai macam penyakit tersebut akan sembuh dengan sendirinya.

10. Mengurangi Resiko Terserang Kanker
Pada saat melaksanakan ibadah puasa maka laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang seiring faktor pertumbuhan yang menurun akibat terbatasnya asupan makanan maupun minuman. Meskipun hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut tetapi telah terbukti bahwa hal ini mampu mengurangi risiko terjangkitnya penyakit kanker.

Manfaat sehat yang luar biasa sebagaimana tersebut diatas tidak akan pernah didapatkan bagi seorang muslim yang menjalankan ibadahnya tidak sesuai tuntunan, demikian juga apabila dalam menjalankan ibadah tersebut ternyata hanya merubah jadwal makan serta minum saja seperti makan sahur serta berbuka puasa yang berlebihan dan tidak mengontrol makanan pada malam hari sehingga boleh dikatakan bulan puasa hanyalah merubah jadwal makan saja. Untuk itu makan dan minumlah baik saat sahur maupun buka puasa sewajarnya saja sehingga manfaat dari beribadah puasa selain mendapatkan pahala juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga :  Yuk! Mengenal Berbagai Manfaat Sayuran Daun Pepaya Jepang Bagi Kesehatan

Berikut ini berbagai makanan yang baik untuk dikonsumsi saat makan sahur maupun berbuka puasa, antara lain ;

Saat Sahur

1. Minum Air Putih
Selama melaksanakan ibadah puasa tubuh akan banyak kehilangan cairan pada siang hari oleh karena itu minuman yang paling baik diminum pada saat sahur adalah memperbanyak minum air putih.

2. Buah-buahan
Menu ini selain baik untuk berbuka puasa ternyata baik juga dikonsumsi untuk santap sahur karena buah-buahan mengandung elektrolit yang memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas pada siang hari.

3. Makanan Kaya Zat Besi
Selama melaksanakan ibadah puasa, zat besi dalam tubuh akan menurun karena berkurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh. Efeknya tubuh akan lebih lemas, mengantuk karena pasokan oksigen yang dibawa sel darah merah tidak maksimal. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi saat sahur akan mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh, berbagai makanan yang mengandung zat besi antara lain adalah daging, ikan laut, kacang-kacangan, sayur bayam, tempe, tahu, dan kentang.

4. Mengandung Karbohidrat
Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur karena akan menjadikan gula darah stabil seharian, karbohidrat merupakan asupan gula darah yang baik bagi tubuh bahkan lebih baik dari manis gula pasir. Makanan yang manis dari gula justru akan membuat perut cepat lapar karena makanan yang mengandung banyak gula akan membuat tubuh berekasi melepaskan insulin dengan cepat. Sehingga tubuh akan meminta asupan energi baru, hal itulah yang akan membuat perut cepat merasa lapar. Untuk itu pada saat makan sahur pilihlah makanan manis alami, seperti gula aren atau madu. Adapun jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi antara lain nasi, kentang, ubi jalar, sereal, kacang-kacangan dan buah-buahan.

5. Mengandung Protein Tinggi
Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein juga sangat dibutuhkan tubuh, untuk itu agar kebutuhan protein tercukupi dan tidak mudah lapar alias awet kenyang pada saat berpuasa maka mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung protein sangat diperlukan. Adapun contoh makanan yang mengandung protein tinggi antara lain adalah telor, ikan laut, susu, keju, yogurt, daging ayam dan kacang-kacangan.

6. Hindari Makanan Gorengan
Makanan yang digoreng menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20 persen. Hal ini dapat menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari pada saat berpuasa.

7. Makanan Kaya Magnesium dan Potassium
Mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan potassium saat makan sahur juga sangat dianjurkan karena magnesium membantu tubuh dalam memproduksi energi untuk beraktifitas sepanjang hari. Makanan tersebut bisa ditemukan misalnya pada pisang, ubi, kacang panjang, wortel, susu, jeruk, dan kacang almon.

Saat Berbuka

1. Minum Air Putih
Pada saat berbuka puasa mulailah dengan minum banyak cairan seperti air putih, jus segar, atau susu. Hal ini akan mencegah dehidrasi dan menyediakan cairan penting bagi tubuh. Namun air putih tetap menjadi sumber hidrasi terbaik. Karena minum satu sampai dua gelas air putih sebelum makan berbuka puasa dapat membantu menghindari gangguan pada proses pencernaan. Waspadalah minuman manis saat berbuka puasa karena mengandung banyak gula dan kalori yang bila berlebihan justru akan merugikan kesehatan tubuh.

Baca Juga :  Efek Negatif Akibat Pola Makan Yang Tidak Teratur

2. Makan Kurma
Kurma sangat dianjurkan dikonsumsi sebelum makan berbuka puasa, hal ini dikarenakan buah kurma terbukti sebagai sumber gula alami yang bergizi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan energi setelah seharian berpuasa. Jika menderita sakit kepala pada saat puasa, kemungkinan besar disebabkan oleh gula darah rendah, maka awali buka puasa dengan dua kurma untuk menambah kadar gula darah yang baik.

3. Mengandung Karbohidrat
Makanan menu berbuka puasa harus mengandung karbohidrat karena memberikan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan di samping serat dan mineral.

4. Mengandung Protein
Selain karbohidrat, kandungan yang harus ada saat berbuka adalah makanan yang mengandung protein yang mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial. Tubuh membutuhkan protein untuk membangun dan mempertahankan massa otot.

5. Sayur-sayuran
Sayuran terkenal dengan zat yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat dengan begitu banyak nutrisi dan sedikit kalori. Dengan mengkonsumsi sayuran pada saat berbuka puasa, maka akan semakin banyak manfaat kesehatan. Karena sayuran juga memberi rasa kenyang, sehingga lebih sedikit makanan utama yang dikonsumsi saat berbuka puasa.

6. Tidak Boleh Balas Dendam
Untuk menjaga pencernakan tubuh agar tetap bekerja dengan baik maka saat berbuka puasa makanlah sewajarnya saja, dan jangan terburu-buru saat makan. Berpuasa selama satu hari penuh, kemudian berbuka puasa terlalu banyak makan bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya. Meskipun seharian merasa lapar, diusahakan tetap makan sesuai dengan porsi makan biasa alias tidak balas dendam. Mengontrol ukuran porsi makan merupakan kunci untuk tetap sehat dan mencegah penambahan berat badan.

Puasa merupakan salah satu rukun islam yang harus dilakukan oleh umat islam karena puasa merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa, baik jasmanai maupun rohani dari sejak terbit matahari hingga terbenamnya matahari. Selain niat ibadah beribadah, agar puasa juga bisa memberikan hikmah bagi kesehatan baik jasmani maupun rohani maka lakukanlah ibadah puasa ini dengan ikhlas dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sehingga salah satu hikmah puasa yakni dengan berpuasa maka akan lebih sehat bisa terwujud. Mudah-mudahan artikel sederhana ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *