Tips Sederhana Mengatasi Layar Smartphone Android yang Bermasalah

Era Saat ini, banyak dari kita yang tak bisa melepaskan diri dari penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Handphone sekarang sudah bukan sebagai sekedar sarana untuk berkomunikasi, penggunaan Smartphone pun saat ini sudah melebar mulai sebagai sarana untuk bekerja hingga sampai dengan bermain game. Namun, Smartphone sebagai alat elektronik tetap memiliki kendala dari waktu ke waktu. Salah satu kendala yang kerap muncul adalah layar sentuh (touchscreen) smartphone yang sering kurang responsiv terhadap sentuhan atau macet.hapengadat

Apabila kalian menghadapi Smartphone kesayangan mengalami kendala di atas, coba lakukan hal-hal sebagai berikut ;

1. Bebaskan RAM

Salah satu penyebab layar sentuh ponsel sering ‘macet’ adalah RAM yang sudah terlalu terbebani. Jumlah aplikasi dan game yang terlalu banyak atau kapasitas RAM yang terlalu kecil adalah salah satu alasan kenapa RAM ponsel harus dibebaskan.

Ingatlah untuk menghapus aplikasi atau game yang kamu rasa kurang penting dan sudah tidak digunakan lagi. Ada baiknya juga untuk menggunakan aplikasi task manager untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan di dalam ponsel.

2. Restart Perangkat

Me-restart dipercaya dapat mengatasi berbagai permasalahan, bahkan tidak hanya di perangkat Android, di Windows dan iOS pun hal tersebut merupakan jurus terakhir untuk mengatasi permasalahan layar sentuh yang macet.

3. Gunakan Kalibrasi

hapengadat2Hal ini ditujukan untuk menyesuaikan layar sentuh dengan sentuhan yang di sediakan oleh developer perangkat. Berhubung setiap sistem operasi memiliki langkah tersendiri untuk melakukan kalibrasi, bagi kamu yang menggunakan Android bisa menemukan fitur kalibrasi ini di pengaturan.

4. Ganti Launcher

Pertimbangkanlah untuk mengganti launcher Anda, misalnya dengan memasang Apex Launcher, GO Launcher atau launcher lain yang menurut Anda menarik.

Baca Juga :  Penyebab Ponsel Bisa Meledak Yang Perlu Kita Ketahui

Dengan cara ini, seharusnya layar ponsel akan kembali normal seperti sediakala. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *