Efek Kebanyakan Makan Tomat Bagi Kesehatan

Tomat adalah salah satu buah yang tergolong jenis sayur-sayuran dan hampir dikenal diseluruh dunia, buah ini juga tergolong salah satu jenis makanan yang mengandung nutrisi cukup tinggi dan sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain diketahui memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, tomat merupakan sumber makanan yang mengandung antioksidan likopen, vitamin C, Potasium / kalium, folat serta vitamin K. Selain memiliki segudang manfaat ternyata tomat juga memiliki efek negatif pada kesehatan tubuh. Kok bisa ? Simak berikut ini ;

Selain memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, tomat juga mengandung berbagai vitamin, mineral serta komposisi tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan yang terkandung dalam tomat antara lain adalah likopen, beta karoten, naringenin dan asam glorogenik. Kandungan zat gizi, vitamin serta zat tumbuhan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti;

1. Menjaga kejernihan mata
2. Melepaskan sistem pencernaan
3. Menurunkan kolesterol jahat
4. Menjaga kesehatan jantung
5. Mencegah
kanker 6. Memperkuat tulang
7. Menjaga kesehatan kulit
8. Mencegah depresi
9. Menghilangkan komedo dan jerawat
10. Menyembuhkan bisul-bisul
11. Menyehatkan rambut
12. Antioksidan yang cukup ampuh

Buah tomat memang luar biasa, namun lebih disukai, tomat yang lebih banyak manfaatnya akan lebih berbahaya bagi kesehatan manusia. Kok bisa? Karena kandungan nutrisi, vitamin serta komposisi tumbuhan yang berlebihan dalam tomat yang masuk ke dalam tubuh akan menimbulkan efek negatif pada kesehatan.

Berikut berbagai efek negatif kebanyakan makan tomat bagi kesehatan tubuh, antara lain ;

1. Mengganggu sistem pencernaan
Mengkonsumsi tomat yang berlebihan baik dikonsumsi sebagai lalapan, campuran masakan atau osengan, dijadikan juz serta dikonsumsi secara langsung yang berlebihan akan menimbulkan sistem pencernaan menjadi terganggu. Hal ini bisa ditandai dengan gejala sakit perut pada umumnya seperti diare, mual, muntah serta gangguan sistem pencernaan lainnya.

Baca Juga :  Efek Negatif Terlalu Berlebihan Mengkonsumsi Ikan Asin

Oleh karena itu apabila mengkonsumsi tomat dan perut mengalami gejala sebagaimana tersebut maka merupakan sebuah indikasi bahwa kita kebanyakan makan tomat, untuk itu maka segera berhenti dan jangan mengulangi lagi memakan tomat dalam jumlah yang berlebihan karena bisa memicu penyakit lebih serius akibat sistem pencernaan yang terganggu.

2. Menaikan asam lambung
Tomat mengandung asam yang cukup tinggi, sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan tentu akan menimbulkan efek naiknya asam lambung dengan cepat. Oleh karena itu jika usus kita ingin tetap sehat maka makanlah tomat secukupnya karena jika berlebihan akan mengakibatkan dinding usus menjadi teriritasi akibat tingginya asam lambung. Kalau usus kita teriritasi dalam waktu yang lama tentu akan mengganggu sistem pencernaan lain yang bisa memicu penyakit lebih serius.

3. Menurunkan daya tahan tubuh
Kandungan pigmen karotenoid atau zat antioksidan yang disalurkan pada tubuh dalam buah tomat yang berlebihan justru akan menurunkan sistem imun tubuh. Hal ini terjadi karena sistem imun yang ada dalam tubuh tidak bisa bekerja secara maksimal akibat kelebihan zat antioksidan yang terdapat pada tomat. Oleh karena itu jika mengkonsumsi tomat berlebihan akan sangat buruk efeknya bagi kesehatan karena sistem imun atau daya tahan tubuh menjadi kelebihan dan terganggu kinerjanya. Tubuh akan menjadi lemas dan terasa tidak ada tenaga akibat kelebihan zat antioksidan sebagai efek negatif tersebut.

4. Beresiko mengidap batu ginjal
Sayuran yang mengandung zat gizi lutein, protein, serat, mineral, dan berbagai vitamin yang dapat pula menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Hal ini dapat terjadi pada sayuran yang termasuk tomat dalam jumlah yang berlebihan dan terlalu lama, dan bagi yang pernah mengalami penyakit batu ginjal dapat dihindari atau dihindari makan tomat karena akan lebih mudah dikembangkan sehingga timbul batu ginjal dengan cepat.

Naah …! Mengkonsumsi makanan yang baik untuk jumlah yang sangat baik untuk kesehatan termasuk tomat, oleh karena itu marilah kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat diunduh sesuai kebutuhan sehari-hari. Mudah-percaya artikel ini menambah wawasan kita semua tentang pentingnya kesehatan serta meningkatkan kesehatan segar, membuat makanan yang kita makan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Pengetahuan yang kita tahu tentang keluarga sampingan, sanak saudara, teman, jadi pengetahuan, yang bisa bermanfaat minimal dalam kesehatan diri, keluarga dan teman. Demikian tips sederhana ini semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *