Efek Negatif Akibat Pola Makan Yang Tidak Teratur

Makhluk hidup pasti membutuhkan asupan makanan yang cukup termasuk manusia karena apabila asupan mengalami kendala atau masalah bisa menimbulkan berbagai masalah dalam hidupnya. Asupan makanan yang tidak teratur dalam jangka panjang khususnya bagi manusia dapat menyebabkan gangguan pada kesehatannya.

Pola makan yang tidak teratur dan berlangsung dalam waktu yang lama akan mengakibatkan organ pencernaan bisa merusak organ lainnya terutama organ usus dan lambung. Banyak sekali alasan kenapa orang terlambat makan dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, mungkin karena rutinitas atau aktivitas padat yang dialaminya. Namun jika hal tersebut tidak segera disadari dan segera merubah pola makannya maka hal-hal buruk pada kesehatannya mungkin yang akan menyadarkan akan kesalahannya. Apa saja efek negatif akibat pola makan yang tidak teratur bagi kesehatan tubuh kita ?

Berikut ini berbagai efek negatif sebagai akibat pola makan yang tidak teratur dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, antara lain ;

1. Terjadinya Gangguan Pencernaan
Pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan masalah utama pada kesehatan pencernaan. Kekuatan tubuh kita sangat bergantung pada asupan makanan sebagai sumber energi karena dari makanan yang kita konsumsi tersebut kita mendapatkan energi untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari. Sistem pencernaan tubuh kita bekerja secara otomatis mengolah makanan yang kita makan selama 10 hingga 12 jam per hari, sehingga apabila pola makan tidak teratur maka sistem pencernaan tubuh akan terus bekerja walaupun tidak ada bahan makanan yang masuk, dengan adanya kekosongan asupan makanan tersebut maka menjadikan sistem pencernaan tubuh akan terganggu. Akibat tidak adanya asupan makanan yang diolah itu yang akhirnya sistem pencernaan kita bisa melukai organ pencernaan itu sendiri.

Baca Juga :  Berbagai Tumbuhan Penambah Nafsu Makan

2. Terganggu Pada Penyerapan Gizi
Mengkonsumsi makanan secara tidak teratur dalam waktu lama juga dapat menyebabkan gangguan penyerapan gizi pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh sistem tubuh yang membutuhkan gizi dan berbagai macam vitamin yang diperlukan tubuh untuk melakukan proses metabolisme akan sulit di dapat pada saat melakukan aktivitas. Berkurangnya asupan vitamin serta gizi pada sistem metabolisme tubuh, juga akan berakibat buruk pada kesehatan karena sistem tubuh akan mengambil cadangan vitamin dan gizi dari bagian tubuh lainnya. Hal itu kalau dibiarkan terus menerus dan berlangsung dalam waktu yang lama tentu akan mengganggu sistem tubuh lainnya sehingga akan menimbulkan dampak buruk pada kesehatan.

3. Timbulnya Berbagai Penyakit
Efek negatif yang akan timbul dari pola makan yang tidak teratur ini biasanya ditandai oleh munculnya berbagai macam penyakit dan didahului oleh penyakit kembung dan maag. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh organ lambung yang bekerja secara tidak normal karena kosongnya asupan makanan dalam perut. Penyakit ini sebenarnya bukan termasuk penyakit berbahaya namun apabila tidak segera disembuhkan tentu akan menimbulkan berbagai penyakit lain yang sangat mengerikan.

Efek Negafit Penyakit Maag

Awalnya sebagai efek negatif akibat pola makan yang tidak teratur hanya nyeri pada lambung saja namun apabila hal itu sering terjadi maka akan terjadi iritasi pada lambung. Kalau sudah dalam tahapan ini oleh pihak medis biasanya dinamakan maag kronis yang tentu butuh pengobatan secara serius karena iritasi lambung sudah mulai mengalami bengkak. Gejala maag kronis ini biasanya ditandai oleh rasa mual, muntah, kehilangan nafsu makan serta gangguan pencernaan lain seperti BAB disertai darah dan terasa sakit.

Baca Juga :  Berbagai Jenis Makanan Polo Pendem Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berikut ini efek negatif atau penyakit bahaya yang akan timbul apabila maag kronis tidak segera diobati secara serius, antara lain ;

1. Tumor Lambung
Penyakit maag kronis biasanya disebabkan adanya luka atau tukak pada lambung yang apabila tidak segera ditangani dengan serius bisa berkembang menjadi tumor. Nah kalau sudah tumor tentu akan menguras harta benda karena harus dilakukan bedah operasi oleh dokter kan ?

2. Penyempitan Esofagus
Naiknya asam lambung ke kerongkongan juga akan menyiksa bagi yang menderita penyakit maag kronis, selain itu penyakit ini juga bisa mengakibatkan timbulnya kanker pada esofagus atau penyempitan pada kerongkongan. Mengerikan yah ? Parahnya apabila tidak segera ditangani dengan serius bisa menimbulkan rasa sakit pada dada dan sulit menelan makanan.

3. Stenosis Pilorus
Gangguan sistem pencernaan ini disebabkan oleh adanya paparan asam lambung pada area pilorus atau bagian antara lambung dan usus halus dalam jangka waktu yang cukup lama. Paparan tersebut menimbulkan jaringan parut dan mempersempit pilorus. Dampaknya adalah makanan yang masuk tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan dengan baik, sehingga penderitanya sering mengalami muntah-muntah.

4. Kanker
Pada saat tumor sudah mulai terbentuk dalam lambung, efek negatif berikutnya adalah adanya resiko dan berkembangnya menjadi sel kanker. Oleh karena itu bagi yang menderita penyakit maag kronis segera ambil tindakan untuk menyembuhkannya karena perkembangan dari tumor ke kanker bisa saja terjadi dalam waktu yang cepat.

5. Menurunnya Nafsu Makan dan Daya Tahan Tubuh
Akibat pola makan yang tidak teratur sebagaimana diatas dan timbulnya penyakit maag kronis maka nafsu makan pun akan menurun, selain itu daya tahan tubuh tentu juga akan menurun. Penyebab menurunnya nafsu makan biasanya karena terjadinya gangguan sistem pencernaan seperti perut kembung, perih, serta sakit saat menelan makanan. Kalau itu sampai terjadi berarti sistem tubuh kita telah memberikan signal bahaya dan tubuh pun akan mudah mulai terserang berbagai macam penyakit karena menurunnya daya tahan tubuh akibat kurangnya asupan makanan karena malas makan.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengenal Manfaat Buah Terong Untuk Kesehatan

Pola makan yang tidak teratur biasanya dialami oleh siswa-siswi, mahasiswa, santri maupun siapa saja yang terlalu banyak aktivitas sehingga tidak mempedulikan diri sudah makan atau belum. Oleh karena itu se-sibuk apapun seyogyanya tetaplah untuk mengkonsumsi makanan secara teratur sehingga hal-hal buruk sebagaimana di atas tidak terjadi pada kesehatan tubuh kita. Dengan dalih apapun apabila pola makan tidak teratur seperti ingin ngirit atau hemat tidak bisa dibenarkan karena bukan ngirit atau hemat yang didapatkan dan justru pemborosan yang akan terjadi karena harus dirawat dirumah sakit akibat penyakit sebagaimana diatas.

Semoga artikel ini menjadi perhatian kita semua akan pentingnya arti kesehatan. Mudah-mudahan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *