Efek Negatif Kebanyakan Makan Durian Serta Tips Sederhana Menatralisirnya

Buah durian terkenal dengan aromanya yang cukup menyengat, buah yang memiliki kulit berduri dan tebal ini memiliki rasa manis yang cukup lezat. Durian merupakan tumbuhan buah asli nusantara, pohon durian juga banyak tumbuh di hutan tropis. Namun seberapa besar manfaat yang bisa didapatkan ketika kita memakan durian dan adakah efek negatif yang terdapat pada buah durian, apabila kebanyakan dalam mengkonsumsinya ? Sebelum mengetahui manfaat dan efek negatif dari makan buah durian serta tips sederhana menetralisirnya, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa saja yang terkandung dalam buah durian tersebut terlebih dahulu.

Buah durian mengandung banyak vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun jika mengkonsumsi secara berlebih buah ini juga memiliki efek negatif yang cukup mengerikan yakni keracunan dan berujung maut. Berikut berbagai efek negatif buah durian bagi kesehatan tubuh kita, karena bisa menimbulkan berbagai macam penyakit antara lain ;

1. Meningkatnya Kolesterol
Makan buah Durian yang berlebih bisa menyebabkan meningkatnya kolesterol. Untuk itu bagi yang memiliki riwayat kolesterol disarankan tidak mengkonsumsi buah durian secara berlebihan. Kolesterol yang tinggi akan memicu asam urat menjadi tinggi pula. Jika kolesterol dan asam urat tinggi tentu akan sangat fatal terhadap kesehatan.

2. Terkena Diabetes
Bagi yang memiliki riwayat penyakit diabetes atau kencing manis disarankan agar tidak berlebihan mengkonsumsi buah durian. Buah durian mengandung glukosa yang sangat tinggi, sehingga bisa memacu serta meningkatkan kadar gula darah, jika sudah demikian maka untuk terkena diabetes resikonya semakin besar.

3. Kematian Pada Janin
Janin dalam kandungan masih sangat rentan dari zat-zat yang ada dalam makanan, oleh sebab itu bagi ibu hamil untuk tidak memakan makanan yang mengandung zat berbahaya bagi janin seperti buah durian. Durian bisa menimbulkan efek panas didalam perut, dan jika ibu hamil memakan buah durian dalam jumlah yang banyak maka yang terjadi adalah kondisi Janin tidak akan sanggup menahan panas yang dihasilkan dari buah tersebut. Rasa panas yang ditimbulkan dari buah ini ternyata dihasilkan adanya kandungan alkohol yang tinggi didalam buah durian. Ada berbagai jenis buah yang bisa menyebabkan panas akibat efek dari kandungan alkohol didalamnya, seperti buah nangka, buah nanas dan tape yang juga mempunyai resiko tinggi terhadap janin yang bisa menyebabkan kematian.

Baca Juga :  Efek Negatif Penggunaan Headset Pada Kesehatan Telinga

4. Penyakit Jantung
Memakan buah durian yang berlebih bisa mengakibatkan kematian, maka bagi yang memiliki penyakit jantung tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi buah ini. Kandungan alkohol yang cukup tinggi dalam buah durian bisa memicu kinerja jantung lebih cepat. Penyakit jantung memang tergantung seberapa cepat jantung itu berdegup, jika memakan buah durian secara tidak sadar dapat mempercepat kinerja jantung, dan itu sangat berbahaya bagi yang mempunyai penyakit jantung karena bisa menyebabkan kematian.

5. Penderita Hipertensi
Kandungan alkohol yang ada dalam buah durian mampu menaikkan tekanan darah lebih cepat dari biasanya. Tekanan darah yang sangat tinggi dengan tensi diatas 200 akan membuat detak jantung lebih cepat dan tentu sangat membahayakan keselamatan seseorang.

6. Mengganggu Pencernaan
Memakan buah durian tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan minuman lain seperti alkohol dan kopi, mengapa demikian? Alokohol, kopi adalah jenis minuman yang dapat memicu tekanan darah tinggi. Meminum alkohol, kopi yang dibarengi dengan memakan buah durian memang tidak mempunyai efek samping secara langsung, namun efek yang ditimbulkan adalah efek dalam jangka waktu yang panjang, jika ini terus dilakukan mencampur kopi dan memakan buah durian secara bersamaan, maka akan timbul masalah pencernaan yaitu usus dan lambung akan bisa terluka bahkan yang lebih parah adalah bisa menyebabkan luka lambung.

7. Penyakit Ginjal
Selain mengandung alkohol, ternyata buah durian juga mengandung zat yang bernama ethanol, methanol, ethyl metacrylate, sulfur atau belerang. Bagi penderita ginjal zat-zat tersebut sangat tidak baik dan berdampak buruk bagi ginjal.

Tips sederhana mengkonsumsi buah durian dengan aman

Efek samping terlalu banyak makan buah durian sebagaimana di atas memang menakutkan, namun ada beberapa cara agar memakan buah yang manis nan lezat ini tidak memberikan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh kita maka silahkan simak tips sederhana berikut ini ;

Baca Juga :  Mengenal 10 Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

1. Perbanyaklah minum air putih saat atau usai makan buah durian.
2. Gunakan kulit durian sebagai penawar dari kandungan zat alkohol dalam buah durian. Caranya adalah ambil kulit durian dan isilah dengan air putih kemudian minumlah air putih tersebut, hal ini selain sebagai penawar juga bisa menghilangkan aroma khas durian di mulut kita.
3. Makanlah buah manggis, buah ini bisa menetralkan efek negatif durian, jika musim durian tiba umumnya dibarengi dengan musim buah manggis maka manfaatkan buah manggis untuk menetralisir efek negatif dari buah durian.
4. Perbanyak makan sayuran.
5. Tidak memakan daging setelah makan durian.

Demikian efek negatif terlalu banyak makan buah durian serta tips sederhana menetralisir kandungan zat yang berdampak buruk pada kesehatan sebagaimana diatas semoga menambah pengetahuan kita, sehingga hal-hal yang merugikan akibat terlalu banyak memakan buah ini dapat kita hindari. semoga tips sederhana ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *