Efek Negatif Kebanyakan Mengkonsumsi Telur Ayam Bagi Kesehatan

Salah satu makanan favorit bagi masyarakat Indonesia adalah telur ayam, jenis makanan yang banyak mengandung protein serta setidaknya 70 kalori dalam sebutir telor ayam besar tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Telur ayam tergolong makanan yang kaya akan protein dan berkualitas tinggi karena mengandung asam amino esensial serta membantu menstabilkan kadar gula darah.

Telur ayam bisa dikonsumsi dengan berbagai ragam yakni bisa dengan di rebus, di dadar, serta bisa dijadikan adonan bahan makanan lain seperti martabak, roti dan beraneka kue lainnya. Hampir semua jenis telur aman dikonsumsi oleh manusia namun umumnya yang biasa dikonsumsi adalah telur ayam, selain telur ayam juga ada telur bebek, telur puyuh, telur itik dan lain sebagainya.

Selain mengandung protein, telur ayam juga mengandung kolin yang kaya akan nutrisi penting diperlukan untuk pertumbuhan fungsi otak, selain itu kandungan lutein dan deasantin yang terdapat pada telur ayam juga bisa mencegah terhadap kerusakan mata terutama katarak dan degenerasi macular (berkurangnya penglihatan pada mata).

Telur ayam, walaupun banyak kandungan di dalamnya yang bermanfaat bagi tubuh, namun perlu diketahui juga bahwa terlalu sering dan terlalu banyak memakannya juga berdampak negatif atau buruk bagi kesehatan tubuh terutama pada ketampanan dan kecantikan wajah. Kok bisa ?

Berikut beberapa efek buruk apabila kita terlalu sering serta terlalu banyak mengkonsumsi telur ayam bagi kesehatan, antara lain :

1. Memicu Kolesterol Tinggi
Kenapa telur bisa memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah dengan cepat ? setelah dilakukan penelitian secara seksama bahwa dalam 1 butir telur ternyata memilki kandungan 200 mg lemak, sementara batas maksimal aman dalam mengkonsumsi adalah 6 butir telur dalam satu minggu, kalau melebihi batas aman dalam mengkonsumsi telur tersebut tentu akan memicu berbagai macam penyakit seperti kolesterol dan lain sebagainya, untuk itu kalau dirasa sudah melebihi batas aman maka sebaiknya segera untuk mengimbangi dengan berolah raga dan mengkonsumsi berbagai sayuran hijau dan buah-buahan, sehingga berbagai penyakit yang dipicu dengan naiknya kadar kolesterol dapat dihindari.

Baca Juga :  Tips Sederhana Membersihkan Sayuran dan Buah Segar dari Pestisida

2. Hormon Yang Tidak Seimbang
Bagi kaum perempuan, mengkonsumsi terlalu banyak telur ayam memicu hormon menjadi tidak stabil cepat naik dan turun, sebagai antisipasi naik turunnya hormon yang tidak stabil akibat terlalu banyak makan telur ayam tersebut maka sebaiknya segera mengkonsumsi berbagai sayuran dan buah-buahan untuk menentralisirnya.

3. Memicu Alergi
Mengkonsumsi terlalu banyak serta terlalu sering telur ayam juga bisa memicu timbulnya berbagai alergi, seperti alergi pada kulit dan lain sebagainya. Bagi yang memiliki riwayat penyakit alergi sebaiknya dikurangi atau bahkan dihentikan mengkonsumsi telur ayam untuk menghindari berbagai penyakit yang lebih mengerikan akibat alergi dari efek mengkonsumsi telur ayam. Masih banyak jenis makanan lain yang lebih lezat dari telur ayam serta memiliki kandungan setara dengan telur ayam dan tidak memicu timbulnya alergi.

4. Menambah Berat Badan
Sebagaimana dijelaskan pada poin 1 bahwa sebutir telur ayam mengandung 200 mg lemak, sehingga bisa dibayangkan apabila mengkonsumsi telur secara berlebihan maka yang terjadi adalah bertambahnya berat badan dengan cepat, apabila berat badan naik dengan cepat dan tidak di imbangi dengan mengkonsumsi makanan lain yang bisa membakar lemak serta olah raga yang cukup maka resiko kegemukan akan terjadi. Resiko seseorang terserang penyakit akibat obesitas atau kegemukan sangat tinggi, oleh karena itu sebaiknya mengkonsumsi telur disesuaikan dengan kondisi tubuh serta tidak terlalu banyak dan sering agar hal-hal buruk pada kesehatan dapat kita hindari.

5. Memicu Diabetes
Salah satu penyakit yang cukup mengerikan akibat terlalu banyak dan sering mengkonsumsi telur ayam adalah timbulnya penyakit diabetes. Hal ini dapat terjadi karena kandungan lemak yang terdapat pada telur ayam bisa menyebabkan penyakit kencing manis, banyak peneliti yang melaporkan bahwa pria yang setiap hari mengkonsumsi telur ayam berisiko 55% mengalami diabetes sedangkan bagi wanita beresiko lebih tinggi terserang diabetes 77%. Oleh karena itu marilah kita mengkonsumsi telur ayam sewajarnya saja sehingga berbagai penyakit mengerikan yang ditimbulkan akibat kita terlalu banyak dan sering mengkonsumsi telur ayam dapat kita hindari.

Baca Juga :  Tips Sederhana Membersihkan Furnitur dari Jamur

6. Menimbulkan Jerawat
Mengkonsumsi terlalu banyak dan sering telur ayam khususnya bagi yang memiliki jenis kulit wajah yang berminyak beresiko tinggi terhadap timbulnya jerawat, hal ini terjadi karena kandungan lemak yang cukup tinggi dalam telur ayam bisa memicu timbulnya jerawat. Untuk itu bagi yang memiliki jenis kulit wajah berminyak agar tidak terganggu dengan timbulnya jerawat di wajah maka makanlah telur ayam maksimal 6 butir saja dalam seminggu dan jangan lupa di imbangi dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang berfungsi sebagai pembakar lemak agar jerawat serta alergi kulit lain tidak mudah timbul sehingga bisa tetap tampil dengan percaya diri.

Memakan atau meminum apapun yang berlebihan memang dilarang oleh seluruh ajaran agama, kini larangan makan serta minum yang berlebihan juga sudah dilakukan pembuktian melalui  penelitian tentang efek negatifnya termasuk terlalu banyak dan sering makan telur ayam sebagaimana di atas. Seperti kita sepakati bersama bahwa sehat itu mahal karena apabila kita terjangkit salah satu penyakit maka kita harus mengeluarkan anggaran yang cukup besar agar kembali sembuh. Dengan berkembangnya peralatan yang cukup canggih dalam menyembuhkan penyakit maka efeknya biaya berobat menjadi lebih mahal, untuk itu menjaga kesehatan sampai tua renta merupakan kewajiban individu yang harus dilaksanakan.

Menjaga kesehatan secara sederhana sebenarnya cukup mudah dan murah seperti makan dan minum sewajarnya, menghindari berbagai makanan dan minuman yang mengandung zat kimia berbahaya, membiasakan mengkonsumsi makanan dan minuman alami yang masih segar, menghindari kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan seperti m3rokok dan meminum minuman keras serta rajin berolah raga minimal olah raga jalan kaki maka kesehatan tubuh senantiasa tetap segar bugar. Dengan tubuh tetap sehat segar dan bugar maka pemborosan akibat pengeluaran biaya kesehatan tidak terjadi sehingga biaya kesehatan yang sangat mahal bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain yang jauh lebih bermanfaat.

Baca Juga :  Manfaat dan Efek Negatif Buah Salak Bagi Kesehatan

Mudah-mudahan artikel ini menjadikan inspirasi kita semua tentang pentingnya arti kesehatan dalam menjalani hidup sehingga uang yang banyak kita miliki bisa kita nikmati sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *