Efek Negatif & Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

Nangka adalah tanaman jenis buah tahunan yang banyak tumbuh di wilayah tropis. Selain bisa dikonsumsi saat sudah matang, buah nangka muda (tewel) juga bisa dimasak menjadi sayuran baik lodeh maupun sayur asam serta sayuran lainnya. Selain itu, biji dari buah nangka yang sudah matang juga bisa dikonsumsi sebagai camilan, dengan cara di rebus atau digoreng. Buah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita, karena buah ini memiliki kandungan vitamin A, B, dan C, serta kandungan mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, kalsium, dan seng. Semua kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu buah nangka juga kaya akan serat sebagai antioksidan yang membantu mengontrol detak jantung serta tekanan darah dalam tubuh.

Sebelum membahas masalah dampak negatif akibat terlalu banyak makan dari buah nangka bagi kesehatan tubuh kita, marilah kita bahas terlebih dahulu mengenai manfaat buah nangka. Berikut ini berbagai manfaat mengkonsumsi buah nangka bagi kesehatan tubuh, antara lain ;

1. Memperkuat Tulang
Salah satu zat yang terdapat dalam buah nangka adalah zat besi. Zat besi inilah yang dapat membantu pembentukan tulang kita, mengkonsumsi buah ini juga sangat baik bagi pengidap osteoporosis atau penyakit tulang rapuh.

2. Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit
Mengkonsumsi buah nangka juga dapat menjaga kesehatan mata dan kulit kita, hal ini dikarenakan di dalam buah nangka terdapat vitamin A dan E yang membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.

3. Mencegah Anemia
Anemia atau kekurangan darah dalam tubuh dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah nangka, hal ini dikarenakan buah nangka mengandung zat besi yang dapat membantu dalam proses pembentukan sel darah merah, jadi dengan mengkonsumsi buah nangka dapat mengatasi anemia atau kekurangan darah.

Baca Juga :  Manfaat Biji Buah Mangga Sebagai Obat Alami Penyakit Diare Dan Listeriosis

4. Mencegah Kanker
Buah nangka juga berkhasiat mencegah terjadinya penyakit kanker pada tubuh. Karena buah nangka mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi.

5. Menjaga Kesehatan Tiroid
Berbagai gangguan akibat kelenjar tiroid yang bertugas untuk mengeluarkan hormon-hormon yang mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan lainnya tidak akan tetap bekerja dengan normal.  Mengkonsumsi buah nangka juga bisa menjaga fungsi organ tersebut karena dalam buah nangka terdapat zat niasin yang dapat menjaga kesehatan tiroid pada tubuh.

6. Meningkatkan Energi
Buah nangka dapat meningkatkan energi, karena dalam buah nangka terkandung  glukosa, yang dapat membantu meningkatkan energi pada tubuh.

Selain manfaat yang luar biasa sebagaimana diatas, apabila kita mengkonsumsi buah nangka secara berlebihan juga akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita, apa saja efek buruk kebanyakan makan buah nangka ? Berikut berbagai efek buruknya, antara lain ;

  1. Memicu Alergi
    Bagi sebagian orang memakan buah nangka dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuhnya. Untuk itu bagi yang memiliki riwayat alergi dari buah nangka sebaiknya tidak mengkonsomsinya atau bisa mengkonsumsi tapi dalam takaran yang seminim mungkin.
  2. Meningkatkan Suhu Panas Tubuh
    Bagi ibu hamil memakan buah nangka tentu baik dengan sarat dalam mengkonsomsinya secara wajar saja, akan tetapi jika berlebihan justru akan menimbulkan masalah pada janin. Akibat jika makan buah nangka berlebihan pada ibu hamil adalah suhu janin akan mengalami peningkatan serta akan terjadi kontraksi lebih awal yang berdampak buruk yakni janin bisa lahir prematur, tidak normal atau keguguran.
  3. Memicu Diare
    Memakan buah nangka yang berlebihan juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada pencernaan, apabila usus kita terlalu banyak diisi buah nangka maka dampak buruk secara langsung adalah mencret atau diare.
  4. Meningkatkan Koagolasi penderita Kelainan Darah
    Koagolasi adalah proses pengumpulan cairan atau larutan secara keseluruhan atau sebagian sehingga membentuk gumpalan-gumpalan baik lunak maupun keras seperti Gel. Sebagai contoh menggumpalnya darah saat akan mengalir ke tubuh kita. Oleh karena itu bagi yang pernah memiliki riwayat gangguan darah sebaiknya menghindari makan buah nangka karena sangat berbahaya bagi penderita kelainan darah.
  5. Diabetes
    Salah satu penyakit yang mudah kambuh akibat memakan buah nangka yang berlebihan adalah penyakit diabetes. Untuk itu bagi yang sedang menderita atau memiliki riwayat penyakit ini sebaiknya menghindari makan buah nangka agar tidak kambuh. Hal ini karena buah nangka mampu mengubah tingkat dari toleransi glukosa yang ada dalam tubuh.
  6. Perut Kembung
    Mengkonsumsi buah nangka memang baik akan tetapi jika berlebihan dalam mengkonsumsinya tentu akan mengakibatkan perut menjadi bermasalah, seperti kembung atau bergas.
  7. Memperparah Penyakit Maag
    Seseorang yang memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya mengkonsumsi buabh nangka sekedar saja, karena jika berlebihan akan memperparah penyakit maagnya.
  8. Memicu Darah Tinggi
    Bagi yang memiliki riwayat atau penderita tekanan darah tinggi, sebaiknya jangan mengkonsumsi buah nangka secara berlebihan, karena buah nangka banyak mengandung thiamin, kalium serta zat besi yang membantu melancarkan darah, bila mengkonsumsinya secara berlebihan maka darah pada tubuh akan meningkat secara drastis.
Baca Juga :  Tips Sederhana Mengenal Manfaat Lain dari Odol

Demikian manfaat serta efek negatif terlalu banyak makan buah nangka pada kesehatan tubuh kita, mudah-mudahan buah yang manis, enak nan lezat dan banyak manfaat ini justru tidak menjadikan bahaya pada tubuh kita. Semoga bermanfaat !

One Comment on “Efek Negatif & Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh”

  1. Saya makan nangka banyak
    Pagina urin merah darah segar tapi jernih.
    Berlanjut s.d 2 hari
    Apakah itu darah atau reaksi kimiawi dari buah itu ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *