Efek Negatif Radiasi Smartphone Serta Tips Sederhana Menetralisirnya

Telepon pintar atau smartphone kini sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, tanpa disadari ternyata radiasi yang ditimbulkan dari perangkat pintar tersebut mengandung efek radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh, mulai pancaran cahaya dari monitor hingga gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh perangkat tersebut saat dipakai.

Smartphone kini juga menjadikan penggunanya sebagai media komunikasi termodern baik sebagai telepon, sms, mendengarkan audio dan video serta media sosial. Sehari tidak melihat smartphone rasanya ada yang kurang dalam hari tersebut, sehingga boleh dikatakan saat ini manusia pada umumnya sudah kecanduan akan smartphone. Selain manfaat yang memang luar biasa dari smartphone ternyata tanpa disadari ada efek negatif yang cukup mengerikan sebagai efek kecanduan smartphone tersebut.

Berikut berbagai efek negatif akibat perangkat pintar bagi kesehatan manusia, antara lain ;

1. Efek negatif pada mata
Efek radiasi dari sinar dari monitor smartphone bisa memicu mata lelah, khususnya jika kita memakai smartphone tersebut dalam waktu yang terlalu lama. Mata yang lelah biasanya ditandai dengan mata berair, pusing, kelelahan, dan juga insomnia.

Organ mata juga beresiko mengalami astenopia di mana pupil akan bereaksi lambat terhadap respon cahaya. Di samping itu, efek paling fatal pada mata juga akan mengalami masalah katarak karena sinar radiasi smartphone yang dipakai dalam waktu yang lama ternyata bisa menyebabkan lensa mata menjadi keruh dan hal tersebut yang menyebabkan katarak.

2. Gangguan pada kulit wajah
Penggunaan smartphone yang berlebihan bisa juga memicu gangguan pada kulit wajah. Sinar VDU bisa membuat radiasi langsung pada kulit wajah akan menyebabkan iritasi dan kulit wajah menjadi kemerah-merahan.

Baca Juga :  Tips Sederhana Menyembuhkan Asam Lambung Secara Alami

3. Mengganggu organ vital
Penggunaan smartphone di atas paha yang terlalu lama atau penempatan smartphone pada saku celana juga diyakini mampu memberikan masalah pada kesuburan pria maupun wanita.

4. Menimbulkan rasa cemas
Penggunaan smartphone yang terlalu lama juga dapat memicu kebingungan dan kecemasan pada penggunanya. Tak dipungkiri smartphone merupakan perangkat revolusioner, yang mampu menunjang kegiatan kita sehari-hari. Namun smartphone juga menyebabkan ketergantungan dan bisa merusak konsentrasi sehingga meningkatkan kadar stress. Tingkat stres bisa lebih parah jika kita sangat bergantung terhadap smartphone dalam mengerjakan tugas sehari-hari.

5. Mengganggu fungsi otak
Radiasi smartphone juga telah lama dikaitkan dengan berbagai gangguan fungsi otak atau susunan saraf pusat otak. Gangguan pada otak tersebut meliputi mulai dari yang ringan seperti sakit kepala atau pusing-pusing dan insomnia serta yang terberat bisa memicu tumor otak.

Selain efek negatif sebagaimana diatas, sebenarnya masih banyak lagi efek negatif yang telah diungkap oleh para peneliti. Kemudian bagaimana upaya untuk meminimalisir pengaruh radiasiĀ  negatif smartphone terhadap penggunanya ?

Berikut tips sederhana meminimalisir radiasi smartphone agar tidak menggangu kesehatan tubuh, antara lain ;

1. Menggunakan kedua telinga
Untuk mengurangi efek radiasi dari penggunaan smartphone khususnya pada saat telepon, diusahakan sebisa mungkin menghindari penggunaan perangkat smartphone hanya pada satu bagian telinga saja. Gunakan secara bergantian antara telinga kanan dan kiri agar salah satu telinga tidak mudah terpengaruh dari efek radiasi tersebut.

2. Menggunakan headset atau earphone
Panggilan telepon sudah biasa kita lakukan namun apabila panggilan tersebut dilakukan dalam waktu yang mungkin agak lama maka sebaiknya menggunakan peralatan headset karena dengan peralatan tersebut sedikit bisa meminimalisir efek negatif dari signal radiasi smartphone.

Baca Juga :  Efek Negatif Kebanyakan Makan Mentimun Pada Kesehatan

3. Meminimalisir fitur bluetooth dan headset wireless
Menggunakan headset memang bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengurangi radiasi smartphone. Untuk itu, sebaiknya pilihlah headset yang konvensional alias yang masih menggunakan kabel untuk terhubung dengan smartphone dan bukan headset wireless serta fitur bluetooth juga sebaiknya jangan terus menerus diaktifkan, cukup dipakai apabila dibutuhkan saja agar radiasi dari fitur tersebut dapat diminimalisir.

4. Loudspeaker
Salah satu tips untuk mengurangi radiasi smartphone yang nempel di telinga adalah dengan mengaktifkan loudspeaker ketika bertelepon.

5. Fokus ketika menelpon
Melakukan panggilan melalui smartphone maupun menerima telepon, sebaiknya tidak dilakukan sambil melakukan banyak aktivitas. Karena dalam keadaan bergerak signal smartphone akan terus mencari pancaran signal yang kuat dari base transceiver station (BTS), hal ini justru akan meningkatkan radiasi apalagi pada wilayah yang signal seluler lemah.

6. Carilah signal yang kuat
Banyak alasan kenapa kita harus mencari signal yang kuat dan menghindari tempat atau sudut ruangan saat menerima telepon ? Karena signal yang lemah, sangat beresiko memicu radiasi yang lebih tinggi pada tubuh manusia terutama pada otak.

7. Pilih aksesoris casing penahan radiasi
Produsen aksesoris smartphone rupanya telah menyadari akan bahaya radiasi tersebut, sehingga mereka terinspirasi menciptakan casing yang diklaim mampu mengurangi paparan radiasi smartphone.

8. Kurangi waktu penggunaan smartphone
Kita mungkin tidak bisa lepas dari smartphone dalam aktivitas sehari-hari, namun demi kesehatan sebaiknya kurangi waktu penggunaan tersebut agar paparan dari efek negatif dari radiasi smartphone bisa diminimalisir serta sistem tubuh bisa mengembalikan pada kondisi normal. Jauhkan smartphone dari tempat tidur agar pada saat tubuh istirahat tidak terganggu radiasi yang tentunya dapat mengganggu sistem tubuh yang sedang dalam perbaikan atau ada baiknya matikan smartphone saat tidur agar tidur bisa pulas dan berkualitas.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengendalikan Nafsu Makan Yang Berlebihan Secara Alami

Ingat !!!!! Meminimalisir efek negatif dari radiasi smartphone akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, karena sistem tubuh yang terlanjur rusak akibat paparan radiasi smartphone tentu mengakibatkan pengeluaran yang tidak murah.

Dengan menyadari efek negatif tersebut tentu menjadikan kesehatan tubuh tetap sehat wal afiat dan perangkat pintar smartphone dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kebaikan diri kita sendiri. Mudah-mudahan tips sederhana ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *