Efek Negatif Terlalu Banyak Makan Pete Bagi Kesehatan Tubuh

Buah pete adalah buah yang memiliki khas dengan bau yang cukup menyengat. Buah ini biasanya dijadikan penyedap makanan, sekilas buah ini baunya mirip dengan biji lamtoro dan buah jengkol. Sebenarnya banyak sekali manfaat biji pete bagi kesehatan tubuh, karena biji pete masuk katagori jenis makanan yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Masakan yang dicampuri buah biji pete mudah sekali dikenali dari bau khasnya.

Disamping banyak manfaatnya bagi kesehatan, namun buah biji pete juga memiliki efek negatif  pada kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebih dan secara terus menerus, efek negatif yang langsung muncul setelah makan pete adalah bau mulut yang cukup menyengat bagi yang mengkonsumsinya, berikut berbagai efek negatif mengkonsumsi biji buah pete bagi kesehatan kita, antara lain ;

1. Meningkatkan Asam Urat
Buah pete memiliki kandungan purin yang cukup tinggi, maka dari itu bagi yang menderita asam urat, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini secara berlebihan atau terlalu sering.

2. Menimbulkan Gangguan Ginjal
Pete juga memiliki kandungan asam amino esensial yang cukup tinggi. Oleh karena itu bagi yang memiliki riwayat penyakit ginjal, sebaiknya menghindari memakan biji buah pete.

3. Pemicu Sembelit
Sembelit atau sakit perut juga bisa disebabkan karena terlalu banyak makan buah pete, hampir sama seperti memakan jengkol bila dimakan secara berlebihan, maka efek samping yang di timbulkan oleh jengkol yang biasanya disebut dengan jengkolan. Buah pete juga demikian, hampir sama efeknya dengan buah jengkol.

4. Pemicu Rematik
Timbulnya gejala rematik pada tubuh bisa dipicu dari terlalu banyak makan buah pete, apalagi bagi yang memiliki riwayat penyakit rematik bisa dipastikan akan mudah sekali kambuh, jika memaksakan diri untuk memakan pete secara berlebihan. Oleh karena itu bagi yang memiliki riwayat penyakit rematik siap-siap penyakit tersebut akan muncul kembali.

Baca Juga :  Mengenal Berbagai Jenis Makanan Anti Kolesterol Tinggi

5. Menyebabkan Sakit Kepala
Memakan pete secara berlebihan juga bisa membuat kepala menjadi pusing dan sakit. Untuk menghindari terjadinya sakit kepala tersebut sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam memakan pete.

6. Penyebab Bau Mulut
Efek negatif yang langsung bisa dirasakan oleh orang lain dari makan pete adalah hampir sama dengan makan jengkol maupun biji lamtoro. Buah pete memang enak serta menambah sedap masakan namun itu berlaku bagi yang menyukai pete, perlu di ketahui juga ternyata ada orang yang tidak menyukai pete karena baunya tersebut. Karena setelah memakan pete mulut akan berbau dan bisa mengganggu orang lain atau yang tidak menyukai pete itu sendiri. Tips agar mulut tidak terlalu bau setelah makan buah pete maka segera berkumurlah memakai kopi tanpa gula.

7. Penyebab Air Seni Berbau
Pete juga bisa menimbulkan air kencing menjadi sangat berbau,  oleh karena itu bagi yang suka memakan pete agar dalam membuang air kecil sebaiknya selalu pada tempatnya agar bau yang di timbulkan akibat makan buah pete tersebut tidak mengganggu orang lain.

8. Membuat Jantung Berdebar-debar
Memakan pete secara berlebihan bagi sebagian orang bisa membuat jantung berdebar-debar lebih kencang. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya memakan pete secukupnya saja.

Demikian efek negatif terlalu banyak makan biji pete bagi kesehatan tubuh, mudah-mudahan buah pete yang enak tersebut tidak menjadikan kita justru dijauhi oleh teman ngobrol karena berbagai faktor di atas. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *