Efek Negatif Terlalu Banyak Minum Kopi Bagi Kesehatan

Kopi merupakan salah satu minuman yang mempunyai banyak penggemar dan populer diseluruh penjuru dunia. Hal ini disebabkan kandungan kafein dalam kopi yang mampu meningkatkan adrenalin di tubuh sehingga mampu membuat peminumnya lebih fokus dan waspada. Minuman hitam ini sudah di kenal oleh nenek moyang kita sejak ratusan tahun yang lalu, adapun warnanya sekarang bukan hitam saja, tetapi sudah ada tambahan dari bahan yang lain, seperti campuran susu, mocha, cream dan yang lainnya. Minum kopi paling cocok dikonsumsi pada saat pagi hari, saat santai, serta sebagai minuman yang disajikan bagi tamu.

Minum kopi sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh, namun dibalik manfaat yang luar biasa dari secangkir kopi ternyata juga ada efek negatifnya. Berikut berbagai efek negatif terlalu banyak minum kopi bagi kesehatan, antara lain ;

1. Susah Buang Air Besar (BAB)
Terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan sembelit karena keadaan fases (kotoran) yang mengeras sehingga BAB pun menjadi tidak lancar.

2. Menyebabkan karang gigi dan gigi menjadi kuning
Apabila kopi dikonsumsi secara berlebihan maka bisa menjadikan karang gigi serta gigi menjadi kuning, tentu hal tersebut mengurangi performa rasa percaya diri karena giginya berwarna kuning.

3. Peningkatan Asam Lambung
Walaupun kopi memiliki banyak manfaat, namun apabila dikonsumsi secara berlebih bisa memicu naiknya asam lambung. Kalau asam lambung naik sebaiknya segera berhenti minum kopi !

4. Membahayakan Gangguan Mata
Hal ini berlaku bagi mereka yang menderita penyakit Glaucoma. Untuk itu bagi penderita glaukoma atau yang memiliki riwayat penyakit ini sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi karena peningkatan aliran darah akibat pengaruh kafein sangat berpengaruh terhadap peningkatan tekanan bola mata atau tekananan intra okular (TIO).

Baca Juga :  Yuk ! Mengenal Berbagai Manfaat Tanaman Sirih Bagi Kesehatan

5. Menyebabkan Susah Tidur
Meminum segelas kopi dimalam hari sangat beresiko membuat kita sulit tidur. Karena kandungan kafein pada kopi akan meningkatkan kinerja jantung dan otak sehingga saraf motorik kesiagaan akan meningkat, sehingga membuat mata lebih tahan lama untuk terjaga.

6. Meningkatkan Resiko Osteoporosis
Setiap kali mengkonsumsi mengkonsumsi 180 ml kopi, akan berefek langsung pada kalsium dalam tubuh yang akan mengakibatkan seseorang kehilangan sekitar 5 mg kalsium. Kafein akan memicu pengeluaran kalsium melalui urine atau air kencing.

7. Pemicu Dehidrasi
Zat Kafein dalam kopi dapat menjadi zat diuretik yang bisa menyebabkan seseorang menjadi sering buang air kecil. Apalagi bila mengkonsumsi kopi yang berlebih tentu akan berpengaruh terhadap seringnya buang air kecil, hal inilah sebagai pemicu dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

8. Menjadi Penyebab Stroke
Kopi akan meningkatkan kadar trigliserid, yang mana akan mengakibatkan lemak tubuh meningkat dan hal itulah yang menjadi pemicu serangan stroke.

9. Menyebabkan Iritasi Lambung
Banyaknya senyawa dalam kopi seperti kafein dan kandungan asam mampu mengiritasi perut dan lapisan usus kecil. Selain itu, efek samping dari kopi pada kesehatan pencernaan adalah kram, sembelit, dan diare.

10. Memicu Panas Dalam
Meminum kopi yang berlebih akan memicu panas dalam yang mengganggu kesehatan esofagus di bagian bawah, yang bisa memicu munculnya asam klorida yang mampu membuat para peminum kopi terkena resiko panas dalam.

11. Mengganggu Penyerapan Makanan
Mengonsumsi kopi yang berlebih juga mampu mengganggu proses penyerapan makanan yang kita konsumsi, karena minum kopi yang berlebih mampu merangsang peristaltik yang membuat makanan dengan cepat masuk ke dalam usus kecil sehingga tidak terserap dengan baik oleh sistem pencernakan.

Baca Juga :  Mengenal 10 Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

12. Pemicu Stres
Senyawa yang terdapat di dalam kopi akan meningkatkan produksi hormon kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. Hormon ini akan membuat para penikmat kopi selalu merasa awas sepanjang waktu. Oleh karena itu bila mengkonsumsi kopi secara berlebihan akan menyebabkan sistem tubuh akan terus bekerja sehingga dapat menyebabkan tubuh menjadi stres karena kurang istirahat.

Demikian efek negatif terlalu banyak mengkonsumsi kopi, mudah-mudahan informasi ini menambah pengetahuan kita semua sehingga dapat memahami mana yang baik dan mana yang buruk makanan dan minuman yang kita konsumsi terhadap kesehatan. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *