Efek Negatif Terlalu Berlebihan Mengkonsumsi Ikan Asin

Mengkonsumsi ikan asin tentu  tidak ada yang melarang karena memang ikan asin apabila digoreng tentu akan menimbulkan aroma yang sedap dan mengundang selera makan. Namun jika dalam mengkonsumsinya secara rutin dan berlebihan tentu akan menimbulkan efek negatif pada kesehatan tubuh apalagi tidak di imbangi oleh makanan lain yang bersifat antioksidan yang berfungsi sebagai penetral atau penghancur dari sisa-sisa racun yang terdapat pada ikan asin.

Ikan asin mengandung nitrosamin yang merupakan karsinogen (zat pemicu kanker). Hal ini bisa terjadi karena pada umumnya dalam proses produksi ikan asin mulai saat pengasinan hingga penjemuranya yang memanfaatkan teriknya matahari pantai sehingga terik sinar matahari bereaksi dengan nitrit (hasil perombakan protein) pada daging ikan, proses inilah yang kemudian membentuk senyawa nitrosamin. Nah… ! Nitrosamin inilah sebagai salah satu pemicu utama tumbuhnya kanker nasofaring yaitu kanker tenggorokan atau THT.

Memang sih mengkonsumsi ikan asin rasanya nikmat dan gurih namun apabila dalam mengkonsumsinya terlalu sering justru akan menimbulkan efek negatif pada kesehatan tubuh sebagaimana contoh di atas. Bahkan banyak referensi yang bisa kita baca bersama bahwa efek negatif dari kebanyakan dan terlalu sering mengkonsumsi ikan asin selain memicu kanker tenggorokan juga memicu berbagai penyakit mengerikan lainnya.

Ikan asin, dari segi namanya saja tentu sudah sangat jelas bahwa ikan ini memiliki rasa asin dan sudah bisa dipastikan mengandung kadar garam yang cukup tinggi. Oleh karena itu, apabila dikonsumsi secara berlebihan dan terlalu sering, maka ikan asin tentu bisa mendatangkan efek negatif bagi kesehatan tubuh kita. Selain sebagai pemicu kanker tenggorokan sebagaimana di atas, berikut berbagai efek negatif dari terlalu sering mengkonsumsi ikan asin, antara lain ;

Baca Juga :  Berbagai Jenis Makanan Polo Pendem Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

1. Memicu Tekanan Darah Tinggi
Ikan asin tentu mengandung garam yang cukup banyak, pada garam terdapat zat yang bernama natrium, yang apabila jumlahnya berlebihan di dalam tubuh tentu akan menarik cairan ke dalam pembuluh darah. Efeknya, ada volume dalam pembuluh darah yang harus di pompakan lebih banyak sehingga menjadikan tekanan darah menjadi tinggi.

2. Memicu Gagal Jantung
Timbulnya tekanan darah yang tinggi memaksa jantung bekerja dengan lebih keras dari biasanya. Apabila hal ini sering terjadi tentu lambat laun akan menggangu fungsi dan struktur jantung karena kinerja yang berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya cardiomegali atau pembengkakan jantung dan efek terburuknya juga bisa mengakibatkan gagal jantung.

3. Pembengkakan Organ Tubuh
Cairan di dalam tubuh yang tidak dialirkan secara sempurna oleh jantung dapat tertinggal dan menyebabkan pembengkakan pada organ tubuh lainnya, dan yang paling sering terjadi di bagian kaki. Selain itu, juga dapat menimbulkan timbunan cairan pada organ paru-paru.

4. Ancaman Bahan Logam Berat
Proses pembuatan ikan asin tentu tak lepas dari garam sebagai bahan utamanya. Sedangkan garam mengandung natrium klorida yang berasal dari air laut. Namun proses yang tidak selamanya steril berisiko membuat ikan juga terkontaminasi dengan bahan logam lain dari industri yang memproduksi ikan asin tersebut dan bisa dibayangkan apabila dalam tubuh terdapat banyak logam berat tentu lambat laun akan menurunkan kualias kesehatan tubuh.

5. Gejala Stroke
Gejala stroke biasanya mudah sekali menghampiri seseorang yang lanjut usia. Namun tidak menutup kemungkinan juga menyerang bagi orang muda yang terlalu banyak mengonsumsi kandungan garam tinggi yang terdapat pada ikan asin. Lemak jenuh yang terdapat di dalam ikan asin bisa juga sebagai slah satu penyumbang timbulnya penyakit stroke meskipun dalam usia masih muda.

Baca Juga :  Efek Kebanyakan Makan Tomat Bagi Kesehatan

6. Bahaya Bahan Kimia
Proses pembuatan ikan asin ada oknum nelayan selain menggunakan garam ternyata ada juga yang menggunakan bahan kimia berbahaya lain seperti formalin. Dengan adanya bahan kimia berbahaya tersebut, jika sering dikonsumsi terlalu sering dan berlebihan maka sudah tentu akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kanker, gangguan pencernaan, hingga gangguan pada saraf akan meningkat.

Setelah mengetahui informasi diatas, masihkah kita akan terus-terusan mengkonsumsi ikan asin secara rutin dan berlebihan ya ?  Mudah-mudahan informasi ini menambah wawasan kita semua sehingga dalam mengkonsumsi berbagai makanan lebih berhati-hati agar tidak memicu efek negatif pada kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *