Kebiasaan Buruk Yang Cepat Merusak Baterai Smartphone Android

Baterai smartphone merupakan salah satu komponen yang termasuk vital, bisa dibayangkan jika sedang asyik bermain game, chating, browsing dan lain sebagainya, kemudian baterai cepat habis tentu sangat kesal bukan ?… Smartphone secanggih apapun jika baterainya cepat habis tentu tidak menyenangkan bukan ?… Banyak faktor kenapa smartphone kita cepat sekali habis baterainya, seperti banyaknya aplikasi yang terinstall, berada pada lokasi signal yang kurang bagus serta kesalahan yang dilakukan oleh pengguna smartphone itu sendiri. Dengan tidak menyadari akan kebiasaan yang buruk atau salah dalam menggunakan smartphone mengakibatkan komponen bahkan sofwarenya akan cepat rusak, salah satu kesalahan yang fatal dilakukan oleh pengguna smartphone umumnya adalah dalam hal perawatannya.

Salah satu perawatan yang umum dilakukan oleh pengguna smartphone dan ternyata salah antara lain adalah pada saat melakukan pengisian baterai, berikut ini berbagai kebiasaan yang salah dan berakibat cepat rusaknya baterai smartphone, antara lain ;

A. Jangan Menunggu Baterai Habis Total

Melakukan pengisian baterai menunggu sampai 0% atau habis total menurut pengalaman kami justru akan menurunkan performa baterai sehingga akan mempercepat kerusakannya.  Dari berbagai sumber yang telah kami himpun bahwa melakukan pengisian baterai smartphone sebaiknya dilakukan pada kisaran 30% – 40%. Oleh karena itu segera berubahlah kebiasaan melakukan pengisian ulang baterai menunggu sampai habis total agar baterai smartphone tidak cepat rusak

B. Pengisian Yang Terlalu Lama

Melakukan pengisian baterai smartphone menjelang tidur seakan menjadi kebiasaan penggunanya, dengan tujuan agar saat bangun tidur baterai smartphone terisi penuh atau 100% padahal mengisi terlalu lama justru akan mempercepat masa pakai baterai smartphone itu sendiri. Oleh karena itu isilah baterai smartphone minimal 30% dan segera cabut setelah 100% agar masa pakai baterai smartphone kita menjadi lebih lama.

Baca Juga :  Tips Sederhana Menghapus File Audio, Video dan Gambar di WhatsApp

C. Jangan Sembarangan Pakai Charge

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone yang bisa mempercepat kerusakan baterai berikutnya adalah karena sembarangan melakukan pengisian dengan charger yang bukan aslinya. Melakukan pengisian baterai menggunakan charger sembarangan yang tidak memperhatikan antara kapasitas charger dan baterai smartphone akan mempercepat kerusakan pada baterai. Kalau sangat terpaksa melakukan pengisian dengan peralatan charger lain maka lihatlah secara seksama pada ukuran charger tersebut, kalau out nya masih mendekati ukuran aslinya silahkan saja tapi tidak boleh terlalu sering agar baterai smartohone lebih lama dalam pemakainnya.

D. Hindarkan Meletakan Smartphone Di Tempat Lembab Pada Saat Pengisian

Menggunakan smartphone menjelang tidur baik untuk browsing maupun game sambil menunggu rasa ngantuk tiba, serta sekaligus melakukan pengisian baterai dengan maksud  ketika sudah ngantuk menaruh smartphone dikasur agar ketika bangun tidur baterai terisi penuh, juga merupakan kebiasaan buruk yang akan mempercepat kerusakan smartphone termasuk juga baterainya. Hal ini disebabkan kasur merupakan tempat yang lembab dan apabila melakukan pengisian baterai smartphone ditempat lembab maka akan menyebabkan panas pada smartphone, hal ini selain meningkatkan suhu mesin smartphone naik juga mengakibatkan baterai cepat drop karena pada suhu yang panas dalam waktu yang lama karena ditinggal tidur. Oleh karena itu kebiasaan buruk ini segera hentikan agar smartphone menjadi lebih lama dalam pemakainnya.

E. Hindari Melakukan Pengisian Baterai Dengan Labtop

Menancapkan smartphone pada labtop dengan tujuan melakukan pengisian daya juga menjadi kebiasaan buruk yang mengakibatkan baterai smartphone cepat rusak, apalagi kalau out put dari baterai labtop lebih kecil dari baterai smartphone maka yang terjadi bukan baterai smartphone terisi namun justru sebaliknya baterai smartphone akan habis dayanya karena justru disedot oleh baterai labtop.

Baca Juga :  Penyebab Kinerja Baterai Ponsel Menurun

Demikian berbagai kebiasaan buruk yang dilakukan oleh pengguna smartphone yang mengakibatkan baterainya cepat rusak, mudah-mudahan kebiasaan buruk ini segera disadari serta dihentikan agar baterai smartphone kesayangan kita menjadi lebih awet masa pakainya. Semoga informasi ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *