Luar Biasa : Khasiat Dan Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan

Lengkuas, tanaman bumbu dapur yang hampir bisa tumbuh dan tersebar diseluruh tanah nusantara ini selain memiliki aroma yang bikin nafsu makan meningkat, ternyata juga memiliki banyak khasiat yang mungkin belum kita ketahui. Apa saja manfaat dan khasiatnya ? Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat dan khasiat lengkuas,  kita mengenal bahwa ada dua jenis lengkuas, yaitu lengkuas berimpang putih, dan lengkuas yang berimpng merah.
Umumnya yang banyak dipakai untuk penyedap masakan adalah lengkuas yang berimpang putih, sedangkan lengkuas yang berimpang merah sering dipakai sebagai bahan pengobatan.
Secara umum, kedua jenis lengkuas ini sama-sama mengandung bahan-bahan berkhasiat seperti minyak atsiri, minyak terbang, eugenol, sesuiterpan, pinen, metal sinamat, kaemferida, galangan, galangol, dan kristal kuning. Berikut ini manfaat dan khasiat lengkuas untuk kesehatan, diantaranya adalah ;

1. Menyembuhkan Rematik
Untuk menyembuhkan penyakit ini, sediakan 3 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, setengah sendok teh bubuk merica, gula merah secukupnya, dan dua gelas air santan.
Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih dan sisakan 1 gelas. Minumlah ramuan tadi sebagai minuman segar selama minimal seminggu agar penyakit rematik hilang atau buatlah ramuan tadi secara rutin agar terhindar dari penyakit rematik.

2. Penambah Nafsu Makan
Sebagai penambah nafsu makan, maka sediakan 1 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, ditambah 1 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 batang meniran, dan sedikit adas pulawaras.
Rebuslah bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih, dan sisakan tinggal separuhnya saja. Minumlah 3 kali sehari sampai nafsu makan kembali normal.

3. Pembangkit Gairah Seks
Rempah-rempah yang satu ini juga dimanfaatkan untuk membangkitkan gairah seks, caranya adalah sediakan 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, 2 buah jeruk nipis, 1 sendok teh merica, 1 sendok teh garam, dan sedikit ragi tape. Rimpang lengkuas dan rimpang jahe diparut, kemudian diperas dan ambil airnya. Air perasan ini diaduk ke dalam 1/2 gelas air masak hangat bersama bahan-bahan lainnya, nah…! ramuan siap langsung minum.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mencegah Timbulnya Sakit Gigi

Demikian sedikit manfaat dan khasiat lengkuas serta cara membuat ramuannya. Mudah-mudahan bahan-bahan alami yang menjadi warisan leluhur nusantara ini dapat kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan, yang tentunya lebih aman dan hemat daripada obat-obatan dokter. Silahkan dicoba ! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *