Makanan Dan Minuman Yang Kurang Baik Dikonsumsi Pada Bulan Ramadhan

Manfaat berpuasa ramadhan bagi kesehatan ternyata sudah diakui oleh para ilmuwan barat. Dengan menahan lapar dan haus dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari menurut ilmuwan barat tersebut ternyata memberi kesempatan pada organ pencernaan beristirahat dan mendetoksifikasi berbagai racun yang bersemayam dalam tubuh. Berpuasa selain menahan lapar dan haus seharian, juga menahan berbagai nafsu amarah dan syahwat sehingga selain menyehatkan tubuh ternyata berpuasa juga menyehatkan mental.

Menahan lapar dan haus saat berpuasa pada siang hari membuat semua makanan dan minuman seakan ingin dilahap ketika tiba saatnya berbuka. Kalau itu yang terjadi, bukannya meraih manfaat dari menjalankan ibadah puasa, namun justru akan memicu keluhan terhadap kesehatan tubuh. Banyak sekali keluhan kesehatan yang timbul jika dalam menjalankan ibadah puasa kemudian pada saat berbuka seakan balas dendam dengan makan dan minum yang berlebihan sehingga perut menjadi terlalu kenyang karena seharian tidak makan dan minum, jika hal itu terus dilakukan maka berbagai penyakit justru akan menghampiri seperti gejala maag, sakit tenggorokan, pusing, diare, hingga sembelit.

Kebiasaan berbuka puasa dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang berlebihan sebagaimana diatas harus segera dihentikan demi kesehatan. Selain kebiasaan buruk tersebut ada juga beberapa jenis makanan yang juga kurang baik dikonsumsi pada saat berbuka maupun malam hari di bulan ramadhan. Memang saat berpuasa kita tetap membutuhkan energi yang cukup demi memenuhi tenaga dalam menjalankan aktivitas pada siang hari namun jika pada malam hari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang justru akan menguras energi pada siang hari tentu akan merugikan kesehatan tubuh, seperti tubuh menjadi lemas, ngantuk, malas dalam aktivitas serta merasa haus dan lapar yang berlebihan.

Baca Juga :  Berbagai Manfaat Puasa Romadhon Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut berbagai jenis makanan yang kurang baik dikonsumsi pada saat berbuka puasa maupun malam bulan ramadhan karena bisa memicu berbagai masalah kesehatan dan sebaiknya dihindari, antara lain adalah ;

1. Gorengan
Masih banyak yang menyajikan menu berbuka puasanya mengandalkan berbagai jenis makanan gorengan, seperti bakwan, tahu dan tempe goreng, pisang molen, pisang goreng, yang selalu ada di meja makan saat berbuka puasa. Jenis makanan gorengan selain dijadikan menu berbuka puasa umumnya juga menjadi camilan atau puluran di mushalla atau masjid saat beribadah tadarrus usai menjalankan ibadah sholat taraweh.

Makanan yang digoreng sebenarnya kurang baik bagi tubuh yang sedang menjalankan ibadah puasa karena pada siang hari saat berpuasa makanan gorengan tersebut justru akan memicu rasa haus yang luar biasa. Adapun jenis makanan yang baik bagi kesehatan tubuh yang sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan selain nasi adalah dengan mengkonsumsi secukupnya buah-buahan dan sayuran karena ke dua jenis makanan ini mudah dicerna oleh sistem pencernaan serta sangat baik bagi kesehatan tubuh.

2. Kafein
Minuman atau makanan yang mengandung kafein yang dikonsumsi berlebihan pada saat berbuka maupun makan sahur juga kurang baik bagi kesehatan tubuh. Makanan atau minuman yang mengandung kafein selain kopi seperti coklat, es krem, kuaci, teh, serta berbagai jenis minuman energi juga kurang baik dikonsumsi secara berlebihan pada saat berbuka puasa atau malam hari pada bulan ramadhan.

Berbagai makanan dan minuman yang mengandung kafein pada bulan ramadhan umumnya dimanfaatkan untuk mengusir rasa kantuk. Mengkonsumsi secara berlebihan makanan atau minuman yang mengandung kafein di saat sahur atau malam hari pada bulan ramadhan ternyata kurang baik bagi kesehatan tubuh pada siang hari saat menjalankan ibadah puasa. Sebaiknya jika ingin meminum kopi, minumlah kopi setelah makan besar atau memakan makanan lain saat berbuka. Hal ini disebabkan tingginya kandungan kafein dalam kopi yang apabila diminum secara berlebihan dapat mengganggu sistem pencernaan seperti meningkatnya asam lambung. Makanan atau minuman yang mengandung kafein bisa dikonsumsi baik saat berbuka puasa maupun malam hari pada bulan ramadhan namun sewajarnya saja serta setelah perut terisi pada saat berbuka puasa.

Baca Juga :  Manfaat Dan Efek Negatif Kebanyakan Makan Bawang Merah Bagi Kesehatan

3. Makanan dan minuman manis
Sebagaimana sabda nabi bahwa dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis, namun banyak yang salah memahami terhadap sabda tersebut sehingga dalam menu berbuka puasa mereka selalu tersedia makanan atau minuman yang manis seperti kolak, es cendol, es campur, es krem, es teh manis atau sirup dan lain sebagainya.

Ternyata jenis makanan dan minuman manis tersebut diatas mengandung karbohidrat simpel yang sangat cepat diserap oleh tubuh, namun efeknya meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Ketika kadar gula melesat dengan cepat, maka tubuh akan menjadi cepat lemas seperti mengantuk serta memicu sakit perut. Selain jenis minuman manis tersebut, makanan seperti roti, cokelat, donat, minuman kemasan manis, juga masuk kategori karbohidrat simpel yang sebaiknya juga dihindari. Makanan manis yang dimaksud rasulullah adalah makanan yang manis alami seperti kurma. Buah-buahan juga sangat baik dikonsumsi pada saat berbuka puasa karena buah-buahan memiliki rasa manis alami serta mudah dicerna oleh sistem tubuh sehingga akan terhindar dari sakit perut maupun rasa ngantuk setelah makan berbuka puasa.

Menjalankan ibadah puasa sesuai dengan ketentuan syarat dan rukunnya akan memberikan hikmah yang luar biasa pada kesehatan tubuh serta kesehatan mental namun jika dalam menjalankan ibadah puasa hanya dengan merubah jadwal makan dan minum saja tentu hikmah berpuasa tersebut tidak akan didapatkan. Bahkan nabi juga bersabda ada sebagian umatnya yang beribadah puasa hanya mendapatkan rasa haus dan lapar saja. Untuk itu agar kita mendapatkan hikmah puasa ramadhan maka seyogyanya kita menjalankan ibadah ini dengan ihklas dan sabar serta tidak berlebihan dalam mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman pada saat berbuka puasa hingga makan sahur.

Baca Juga :  Yuk...! Mengenali Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Dengan tetap berperilaku seperti biasanya dalam mengkonsumsi makanan dan minuman pada saat berbuka puasa sampai makan sahur niscaya ibadah puasa ramadhan akan memberikan hikmah yang luar biasa dan tidak hanya pada kesehatan tubuh maupun kesehatan mental akan tetapi ada hikmah lain yang akan diterima bagi yang beribadah puasa ramadhan sesuai dengan ketentuan syarat serta rukunnya.

Mudah-mudahan artikel ini menginspirasi kita semua yang sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan sehingga puasa kita diterima oleh alloh subhanahu wata’ala amin ya robbal alamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *