Manfaat dan Efek Negatif Buah Salak Bagi Kesehatan

Buah salak adalah buah yang memiliki kulit bersisik kecil dan tajam seperti sisik ular yang warnanya coklat ini punya rasa asam manis dengan ukuran biji buah yang cukup besar di dalamnya. Buah salak dalam bahasa Inggris disebut dengan snake fruit karena kulitnya yang mirip sisik ular ini, buah ini banyak tumbuh di nusantara. Rasa salak yang belum masak rasanya asam atau sepat, adapun salak yang benar-benar telah matang rasanya sangat manis. Banyak sekali manfaat buah salak bagi kesehatan, berikut berbagai manfaat buah salak yang luar biasa bagi kesehatan, antara lain ;

1. Meningkatkan Kecerdasan Otak
Kandungan potassium dalam buah salak terbukti mampu meningkatkan kinerja otak. Dalam sebuah penelitian, dinyatakan bahwa potassium dalam buah salak sangat bermanfaat pada sistem saraf otonom, yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan fungsi fisiologi lainnya. Potassium inilah yang berperan besar dalam meningkatkan kinerja otak manusia.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Selain dari jus wortel untuk menjaga kesehatan mata, ternyata jus salak juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Karena buah salak mengandung betakaroten yang efektif memelihara kesehatan mata. Kandungan betakaroten buah salak lebih besar 5,5 kali daripada buah mangga, dan 5 kali lebih besar daripada semangka. sehingga sangat baik untuk dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata kita.

3. Mencegah Kanker
Buah salak ternyata mengandung zat antioksidan alami yang sangat tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Antioksidan adalah zat yang sangat ampuh dalam mencegah berbagai penyakit seperti kanker.

4. Mencegah Sembelit
Mitos umum yang berkembang di masyarakat bahwasanya buah salak dapat menyebabkan susah buang air besar (BAB). Mitos tersebut belum terbukti sepenuhnya benar, karena menurut F.X Wahyurin Mitano, ahli gizi dari RSUD dr Soetomo Surabaya mengatakan bahwa “Sebaiknya ketika mengonsumsi buah salak jangan buang kulit arinya. Sebab kulit ari dalam buah salak itu justru mengandung serat yang memungkinkan untuk mengurangi sembelit”.

5. Menyembuhkan Rabun Jauh
Buah salak merupakan buah yang tinggi akan kandungan beta karotin yang bisa dimanfaatkan sebagai penyembuh rabun jauh. Hal itu dikarenakan beta karotin di ubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, sedangkan vitamin A berfungsi untuk meningkatkan ketajaman akan melihat cahaya dan di saat gelap. Apabila penglihatan kurang jernih maka segera konsumsilah secara rutin buah salak setiap hari selama sekurang-kurangnya 2 minggu maka penglihatan akan kembali normal.

Baca Juga :  Yuk ! Mengenal Berbagai Jenis dan Manfaat Cabai Bagi Kesehatan

6. Membantu Diet
Buah salak selain bisa mengobati diare ternyata juga sangat ampuh bagi penderita obesitas, karena buah ini bisa membantu program dietnya. Kandungan Vitamin C dan serat yang tinggi dalam buah salak berfungsi untuk menunda rasa lapar alias merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu buah ini sangat dianjurkan sebagai salah satu camilan bagi yang sedang menjalankan program diet.

7. Nutrisi untuk Ibu Hamil
Manfaat buah salak untuk ibu hamil yaitu dapat mengatasi rasa mual yang biasanya terjadi pada ibu hamil atau yang biasanya di sebut dengan nama morning sickness. Namun demikian bagi ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah salak dalam jumlah banyak atau dijadikan camilan.

8. Mengatasi Anemia
Buah salak sangat baik juga untuk mengatasi gangguan penyakit anemia, karena kandungan tianin dan zat besi yang terdapat di dalamnya. Zat besi memiliki peranan yang penting untuk memproduksi sel darah merah.

9. Menjaga Kekebalan Tubuh
Manfaat buah salak juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah salak sangat tinggi, sehingga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Menjaga Kesehatan Jantung
Buah salak yang terdiri dari kandungan kalium, antioksidan dan mineral berfungsi untuk mengatur kesehatan jantung dan pembuluh darah.

11. Melancarkan Pencernaan
Di dalam buah salak terkandung saponin, beta karoten, tanin, flavonoid dan juga kalsium. Buah salak juga sangat mudah dicerna oleh pencernaan, dengan begitu dapat membantu sistem pencernaan lebih lancar dan sehat.

12. Menjaga Stamina Tubuh
Buah salak juga mengandung serat dan vitamin A yang sangat tinggi. Kandungan ini dapat membantu tubuh dalam menghasilkan energi sehingga rasa lelah berkurang dan stamina akan terisi kembali.

Baca Juga :  Efek Negatif Kebanyakan Makan Durian Serta Tips Sederhana Menatralisirnya

Sebagai catatan! Walaupun buah salak memiliki bermacam-macam manfaat bagi kesehatan sebagaimana diatas, akan tetapi juga ada efek sampingnya. Diantara efek samping terlalu banyak makan buah salak adalah menyebabkan sakit maag, memperparah sakit tifus, dan memberikan efek sembelit pada ibu hamil. Mudah-mudahan artikel ini menambah pengetahuan kita tentang manfaat dan efek samping buah salak bagi kesehatan. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *