Manfaat Dan Efek Negatif Kebanyakan Makan Bawang Merah Bagi Kesehatan

Bawang merah tergolong bumbu dapur yang wajib ada di dapur karena jenis bumbu yang satu ini selain cukup dikenal oleh masyarakat karena menjadikan masakan menjadi lebih gurih dan lezat, juga dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain memiliki manfaat menambah rasa lezat suatu makanan ternyata bawang merah juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Namun apabila terlalu banyak mengkonsumsinya, bumbu dapur yang satu ini juga memiliki efek negatif yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Bawang merah atau brambang merupakan salah satu bumbu dapur yang penting dan selalu tersedia di dapur. Selain sebagai pelezat masakan ternyata bawang merah juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh antara lain ;

1. Meningkatkan jumlah Sperma
Kandungan antioksidan yang terdapat dalam bawang merah ternyata mampu membantu meningkatkan jumlah sperma pria secara alami. Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang merah yang dikonsumsi bersamaan dengan jahe dapat membantu meningkatkan jumlah sperma dan libido. Sebiji bawang merah ukuran ibu jari kaki yang dibikin jus dan dicampur dengan satu rimpang jahe tua apabila dikonsumsi secara rutin sebanyak tiga kali sehari dapat meningkatkan gairah seks. Bahkan kalau diperhatikan salah satu makanan yang cukup dikenal sebagai pembangkit gairah seks adalah sate kambing, menu makanan tersebut selain menyajikan bahan utama dari daging kambing namun bumbu utamanya adalah bawang merah yang masih mentah di campur dengan berbagai rempah lain seperti daun jeruk juga jahe yang dihaluskan.

2. Meningkatkan Stamina
Sistem kekebalan tubuh yang menurun dapat membuat tubuh menjadi lesu dan lelah. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya cukup mudah dan murah yakni dengan mengkonsumsi bawang merah yang bisa dikonsumsi baik secara langsung maupun di campur dengan makanan. Zat fitokimia yang ada dalam bawang merah ternyata cukup tinggi, sehingga zat tersebut mampu bertindak sebagai stimulan untuk vitamin C yang pada akhirnya dapatĀ  meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :  Efek Negatif Tidur Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh

3. Melancarkan Sirkulasi Darah
Bawang merah juga merupakan salah satu sumber sulfida yang cukup baik serta dapat membantu mengontrol kadar kolesterol berfluktuasi yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga mengkonsumsi bawang merah secara rutin dan dalam ukuran yang wajar akan meningkatkan kesehatan jantung dan melancarkan sirkulasi darah.

4. Meningkatkan Kadar Testosteron
Mengkonsumsi secara rutin bawang merah baik secara langsung, di bikin jus maupun dijadikan sebagai bumbu masakan, ternyata juga meningkatkan kesehatan organ seksual baik pria maupun wanita. Sehingga bagi yang ingin gairah organ intimnya segera bangkit dan tetap normal maka mengkonsumsi secara rutin bawang merah dalam kondisi mentah menjadi salah satu alternatif yang cukup aman, mudah dan murah. Karena dengan mengkonsumsi bawang merah masih mentah testosteron akan dengan cepat meningkat, simak contoh poin 1.

5. Anti Kembung
Sejak nenek moyang, salah satu cara mengeluarkan angin yang berlebihan dalam perut adalah dengan mengkonsumsi bawang merah mentah, ada pula yang digerus dengan sedikit garam kemudian dioleskan pada sekitar pusar yang sedikit di campur dengan minyak kelapa. Cara tersebut sangat efektif untuk mengatasi perut kembung dengan cepat.

Efek Negatif Kebanyakan Bawang Merah

Bawang merah, selain memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh sebagaimana diatas, ternyata jika dikonsumsi berlebihan dan terlalu sering juga memiliki efek negatif yang menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan tubuh. Apa saja efek negatif kebanyakan mengkonsumsi bawang merah pada kesehatan ? Berikut adalah efek negatif kebanyakan makan bawang merah yang bisa menyebabkan ;

1. Menurunkan Gula Darah
Penderita diabetes dalam mengkonsumsi bawang merah perlu waspada karena apabila berlebihan dalam mengkonsumsinya akan mengurangi kadar gula darah secara drastis yang justru akan membuat tubuh menjadi lemah dan cukup berbahaya bagi keselamatan jiwanya. Oleh karena itu bagi penderita diabetes harus mengontrol terlebih dahulu kadar gula darahnya sebelum mengkonsumsi bawang merah agar hal-hal buruk dari efek bawang merah tidak terjadi.

Baca Juga :  Yuk ! Mengenal Berbagai Manfaat Tanaman Seledri Beserta Efek Sampingnya

2. Iritasi Lambung
Meskipun bawang merah dapat digunakan sebagai salah satu alternatif menyembuhkan beberapa penyakit akibat gangguan gastrointestinal atau gangguan sistem pencernaan terutama pada lambung dan usus, namun apabila dalam mengkonsumsinya berlebihan justru dapat menyebabkan iritasi lambung, muntah, mual dan rasa terbakar di perut. Jika kita mengalami kondisi seperti tersebut, maka sebaiknya kurangi dalam mengkonsumsi bawang merah agar tidak terjadi efek negatif lain pada kesehatan tubuh.

3. Gangguan pada Kulit
Bagi sebagian orang mungkin ada yang mengalami wajah atau kulit iritasi dan ruam akibat dari paparan bawang merah pada kulit. Sehingga bagi yang ingin memanfaatkan bawang merah sebagai masker atau pengobatan luar maka dianjurkan untuk mengujinya terlebih dahulu pada area kecil dari kulit sebelum menggunakannya sehingga alergi kulit akibat bawang merah bisa dihindari.

4. Bau Mulut
Salah satu penyebab bau tidak sedap pada mulut adalah bawang merah, hal ini terjadi karena tingginya kadar sulfur dalam bawang merah. Untuk mengantisipasi efek bau mulut tersebut dianjurkan usai memakan makanan yang mengandung bumbu dapur bawang merah segera menggosok gigi sebersih mungkin sehingga bau mulut yang kurang sedap bisa dikurangi.

Manfaat dan efek negatif mengkonsumsi bawang merah sebagaimana diatas mudah-mudahan menambah pengetahuan kita semua sehingga dalam mengkonsumsi makanan apapun kita harus berhati-hati agar asupan makanan dapat membawa manfaat bagi kesehatan tubuh dan justru bukan memicu bahaya kesehatan tubuh itu sendiri. Ingat sehat itu MAHAL !!!!! Mudah-mudahan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *