Manfaat dan Efek Negatif Kebanyakan Mengkonsumsi Garam Bagi Kesehatan

Garam merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang hampir selalu digunakan setiap kali memasak. Bahkan masakan tanpa garam rasanya hambar, jadi garam merupakan salah satu bumbu dapur yang penting sehingga menjadikan makanan menjadi lezat. Namun demikian, apabila dalam menggunakan garam berlebihan maka masakan menjadi tidak enak dengan alasan keasinan. Ada sebagian dari kita yang mungkin menyatakan bahwa masakan yang kurang asin kurang sedap sehingga bagi yang suka rasa asin tentu akan mengkonsumsi garam yang berlebihan.

Nah… ukuran aman mengkonsumsi garam dalam setiap harinya sebenarnya berapa ? WHO merilis tentang berapa sebenarnya kebutuhan garam yang diperlukan oleh tubuh manusia maksimal dalam satu hari, menurut WHO mengkonsumsi garam yang aman per hari adalah sekitar 2000 mg hingga 2400 mg atau sekitar satu sendok teh. Seseorang bisa dikatakan berlebihan dalam mengkonsumsi garam apabila dalam per harinya mengkonsumsi garam lebih dari 5 sendok makan serta masih ditambah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam seperti makanan cepat saji, ikan asin, terasi ataupun makanan lain yang memiliki rasa khas asin.

Natrium klorida istilah kimia oleh masyarakat umum dikenal dengan garam dapur atau halit, yaitu senyawa kimia dengan rumus molekul NaCl. Senyawa ini adalah garam yang paling memengaruhi salinitas laut dan cairan ekstraselular pada banyak organisme multiselular. Sebagai komponen utama pada garam dapur, natrium klorida sering digunakan sebagai bumbu dapur dan pengawet makanan. Manfaat garam bagi kesehatan tubuh sangat luar biasa karena garam merupakan sumber antioksidan alami yang cukup baik sehingga berbagai penyakit pun bisa disembuhkannya, menggunakan garam secara wajar dalam sehari-hari sesuai dengan kebutuhan tubuh sangat dianjurkan karena garam memiliki manfaat antara lain sebagai ;

Baca Juga :  Tips Sederhana Membersihkan Furnitur dari Jamur

1. Detoksifikasi
Kandungan senyawa mineral dalam garam akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, sehingga seseorang yang kurang dalam mengkonsumsi garam tentu akan mudah terserang berbagai macam penyakit seperti penyakit gondok.

2. Menjaga Saluran Pencernaan
Dengan mengkonsumsi secara rutin garam dalam setiap harinya ternyata akan merangsang kelenjar air liur bekerja dengan baik, sehingga hal ini akan membantu melumasi makanan agar mudah ditelan serta mudah dicerna oleh sistem pencernaan sehingga saluran pencernaan dapat bekerja dengan baik.

3. Mencegah Peradangan
Pada saat tubuh kita gagal mendapatkan natrium yang cukup, kadar enzim renin dan hormon aldosteron dapat meningkat sehingga menyebabkan terjadinya peradangan. Hal ini bisa segera diatasi dengan cukup meminum air garam saja agar kebutuhan natrium segera terpenuhi dan sakit peradangan bisa segera sembuh.

4. Pembersih Paru-paru
Dengan mengkonsumsi garam sewajarnya ternyata juga bermanfaat bagi kebersihan paru-paru dari lendir atau dahak yang lengket, hal ini tentu sangat membantu bagi yang menderita penyakit asma dan sejenisnya.

5. Menyembuhkan Liver
Garam juga sangat baik untuk kesehatan liver, oleh karena itu dengan tercukupinya asupan garam pada tubuh dapat meregenerasi sel-sel hati yang rusak.

6. Meredakan Sakit Gigi
Dengan air garam maka gigi yang lagi sakit pun bisa diredakan, kita cukup memanfaatkan air garam yang hangat untuk berkumur-kumur agar rasa sakit bisa segera mereda.

7. Menyembuhkan Infeksi
Garam juga dikenal sebagai bahan alami yang cukup ampuh dalam melawan berbagai bakteri, dengan meminum garam secukupnya atau rutin mengkonsumsi garam maka akan menghancurkan berbagai bakteri jahat yang bersemayam dalam tubuh dan mengeluarkan bakteri tersebut baik melalui urin maupun keringat, dengan demikian infeksi pun akan ikut tergerus keluar dari tubuh.

Baca Juga :  Manfaat Dan Efek Negatif Kebanyakan Makan Bawang Merah Bagi Kesehatan

Manfaat garam dalam kehidupan sehari-hari memang sangat diperlukan oleh sistem tubuh kita sehingga apabila kekurangan garam maka resiko timbulnya berbagai penyakit juga akan mudah menyerang tubuh, untuk itu menggunakan garam sebagai bahan dapur atau untuk penyembuhan sesuai dengan ukuran sewajarnya akan sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Kemudian adakah efek negatif terhadap kesehatan tubuh apabila kita berlebihan dalam mengkonsumsi garam dalam setiap harinya yang melebihi anjuran WHO diatas? Berikut ini efek negatifnya, antara lain adalah ;

1. Memicu Hipertensi
Efek negatif garam bila dikonsumsi secara berlebihan bagi kesehatan adalah bisa menyebabkan hipertensi atau darah tinggi. Oleh karena itu, bagi yang menderita darah tinggi segera mengurangi takaran garam setiap kali masak, walaupun masakan menjadi kurang sedap namun demi kesehatan tubuh maka penggunaan garam harus dikurangi sedikit demi sedikit. Selain itu penderita darah tinggi juga harus mengurangi memakan makanan yang mengandung garam berlebihan seperti makanan cepat saji, ikan asin maupun sambal terasi.

2. Memicu Sakit Jantung
Garam yang dikonsumsi secara berlebihan memiliki efek negatif bagi kesehatan terutama jantung dan pembuluh darah. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang yang menderita hipertensi dan membatasi asupan garam per harinya maka dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular atau resiko penyakit jantung hingga 25% dalam waktu 10-15 tahun.

3. Stroke
Kebanyakan menggunakan garam dalam masakan, selain bisa memicu timbulnya penyakit darah tinggi, ternyata juga bisa memicu penyakit stroke. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa, mereka yang mengurangi konsumsi 1 gr garam maka bisa menekan resiko stroke sampai 1/6, sedangkan apabila bisa mengurangi hingga 2 gr garam dalam setiap hari nya, maka dapat menurunkan resiko stroke sampai 1/3, kemudian apabila bisa mengurangi konsumsi garam hingga 3 gr dalam setiap harinya, maka akan menurun resiko mengalami stroke sampai setengahnya.

Baca Juga :  Manfaat dan Efek Negatif Terlalu Sering Makan Makanan Pedas

4. Menyebabkan Gangguan Pencernaan
Efek negatif terlalu banyak mengkonsumsi garam bagi kesehatan juga bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan tubuh, seperti luka pada lambung, kanker pencernaan dan lain sebagainya.

5. Menyebabkan Gejala Osteoporosis
Bahaya mengkonsumsi garam secara berlebihan juga bisa memicu gejala osteoporosis atau pengeroposan tulang. Hasil penelitian pada seorang wanita yang telah menopause bahwa osteoporosis akan mudah muncul pada wanita tersebut dan bahkan gejalanya akan bertambah parah bila penderita tersebut mengkonsumsi garam berlebihan dalam sehari-hari.

6. Kanker
Salah satu faktor yang menjadi pemicu timbulnya resiko terkena kanker adalah mengkonsumsi garam berlebihan. Garam memiliki kandungan senyawa yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh sehingga apabila mengkonsumsi garam berlebihan dalam setiap harinya tentu bisa meningkatkan resiko terkena kanker perut dan kanker usus.

Setelah mengetahui manfaat serta efek negatif penggunaan garam dalam masakan secara berlebihan bagi kesehatan tubuh sebagaimana diatas, mudah-mudahan menjadikan tambahan pengetahuan kepada kita semua ternyata bumbu dapur yang sangat dibutuhkan dalam setiap masakan inipun memiliki bahaya yang mengerikan apabila terlalu banyak dalam menggunakannya. Oleh karena itu marilah kita mulai sekarang apabila takaran garam yang kita gunakan melebihi anjuran dari WHO marilah kita kurangi sedikit demi sedikit agar kesehatan tubuh tidak terganggu akibat garam yang berlebihan. Mudah-mudahan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *