Manfaat dan Efek Negatif Terlalu Sering Makan Makanan Pedas

Mengkonsumsi makanan pedas bagi kebanyakan orang memang dapat meningkatkan selera makan, sehingga dengan makanan yang pedas baik dari bumbu maupun tambahan sambal bisa menambah porsi makan seseorang, namun demikian kita juga harus tetap berhati-hati serta dapat mangontrolnya, sehingga makanan pedas yang kita konsumsi dengan tambahan bumbu dapur berupa cabai ini agar tidak menimbulkan efek negatif pada sistem kesehatan tubuh. Banyak sekali kuliner tersebar diseantero nusantara yang menyediakan makanan pedas seperti rica-rica, pecel super pedas, lalapan sambal dan masih banyak lagi nama makanan yang dikatagorikan pedas yang bisa dinikmati di nusantara.

Rasa pedas yang ditimbulkan oleh cabai memang bisa menambah gairah makan, hal itu disebabkan oleh konsentrasi tinggi dari bahan aktif yang disebut capsaicin yang terdapat dalam cabai, namun apabila dalam mengkonsumsinya terlalu berlebihan dan terlalu sering justru akan menimbulkan efek negatif pada sistem tubuh terutama pada lambung.

Apabila dalam mengkonsumsi makanan pedas dari cabai sesuai dengan ukuran yang wajar, akan memberikan berbagai manfaat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh kita, berikut ini berbagai manfaat mengkonsumsi makanan pedas yang bersumber dari cabai, antara lain ;

1. Anti kanker
Berbagai penelitian menyatakan bahwa zat capsaicin yang terdapat dalam cabai menunjukkan bahwa zat tersebut bisa menghambat bahkan mematikan sel-sel kanker tanpa mengganggu sel-sel sehat di sekitarnya, oleh karena itu dengan mengkonsumsi makanan pedas yang bersumber dari cabai secara teratur dan dalam takaran yang wajar dipercaya bisa menyembuhkan penyakit yang cukup mematikan ini.

2. Menyembuhkan Flu dan Pilek
Zat capsaicin yang terdapat dalam cabai juga dipercaya bisa menyembuhkan dengan cepat gejala flu dan pilek yang cukup efektif serta mampu membantu melancarkan pernapasan, mengurangi sinuitas sebagai tanda flu dan pilek mulai menyerang. Zat capsaicin dalam cabai juga bisa membantu mempercepat keluarnya keringat yang secara tidak langsung akan mempercepat mengeluarkan bakteri serta virus beracun dalam tubuh.

Baca Juga :  Efek Negatif Kebanyakan Makan Durian Serta Tips Sederhana Menatralisirnya

3. Melancarkan Sistem Pencernaan
Salah satu alternatif untuk menyembuhkan penyakit susah BAB adalah dengan mengkonsumsi makanan pedas, dengan mengkonsumsi lebih dari makanan yang pedas dari biasanya dipercaya bisa membantu sistem pencernaan sehingga BAB bisa lancar kembali.

4. Melancarkan Peredaran Darah
Rasa pedas dari cabai secara turun temurun juga telah dipercaya sebagai sarana untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga sistem tubuh akan segera mengganti sel-sel yang rusak.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Cabai mengandung vitamin A dan C yang cukup bagus dalam menjaga sistem kekebalan tubuh karena vitamin tersebut termasuk zat antioksidan yang berfungsi untuk mencegah masuknya berbagai penyakit serta mampu menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Selain memiliki segudang manfaat sebagaimana diatas, mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan atau terlalu sering justru akan menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh, berikut berbagai penyakit yang ditimbulkan di antaranya adalah ;

1. Menyebabkan Diare
Mengkonsumsi makanan pedas yang bersumber dari cabai selain bisa melancarkan BAB, apabila berlebihan pedasnya justru akan menimbulkan efek buruk pada sistem pencernaan yaitu diare atau mencret.

2. Bisa Merusak Dinding Lambung
Makanan pedas yang terlalu sering dikonsumsi juga bisa memicu terjadinya kerusakan pada dinding lambung, sehingga apabila merasakan gejala lambung yang tidak normal akibat memakan makanan yang pedas dari cabai ini segera kurangi atau berhenti sampai lambung benar-benar kembali normal.

3. Memicu Penyakit Maag
Mengkonsumsi makanan yang pedas dengan jumlah cabai yang berlebih bisa memicu iritasi pada lambung yang ditandai dengan mual, mulas, serta muntah-muntah.

4. Memicu Naiknya Asam Lambung
Bagi yang memiliki riwayat penyakit asam lambung sangat dilarang untuk mengkonsumsi makanan yang pedas karena makanan yang pedas bisa memicu naiknya asam lambung.

Baca Juga :  Tips Sederhana Menjadikan Bau Mulut Segar Agar Nyaman Dalam Pergaulan

Naaah… ! Bumbu dapur yang satu ini memang unik dari bentuknya yang kecil atau yang dikenal dengan cabai rawit dan rasanya yang pedas membuat penggemarnya sering dibilang “Kapok Lombok” artinya penyesalan yang tidak berarti atau mengulangi kesalahan kembali, hal ini dikarenakan apabila kita makan pedas rasanya tidak ingin mengulang kembali tapi tetap saja mengulanginya lagi atau makan pedas lagi, banyak sekali jenis cabai yang tumbuh diseluruh nusantara mulai cabai biasa sampai dengan paprika.

Demikian artikel sederhana mengenai manfaat serta efek negatif dari cabai bagi kesehatan, mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan kita dalam menjaga kesehatan tubuh diri sendiri sehingga tetap segar bugar sampai tua renta. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *