Manfaat Getah Buah Pepaya Muda Bagi Kesehatan

Buah pepaya yaitu salah suatu yang cukup digemari oleh hampir semua lapisan masyarakat di Indonesia. Buah yang umumnya kalau sudah matang berwarna kuning jingga ini bisa tumbuh dimana saja diseluruh wilayah nusantara, disamping harganya yg relatif murah, buah ini juga memiliki khasiat dan manfaat banyak sekali bagi kesehatan tubuh. Namun selain buahnya yang memiliki rasa manis, pepaya menjadi salah satu tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai obat baik dari daun, bunga hingga akarnya. Selain itu getah dari buah pepaya muda juga bisa dijadikan sebagai penyembuhan alami yang cukup ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut berbagai penyakit yang bisa disembuhkan oleh getah buah pepaya muda, antara lain ;

1. Menghilangkan Jerawat
Bagi kawula muda jerawat di wajah merupakan sesuatu yang membuat kurang percaya diri, banyak cara menghilangkan jerawat baik dengan obat, cream jerawat dan lain sebagainya. Bagi sebagian orang menggunakan obat-obatan atau cream menimbulkan efek samping yaitu alergi kulit wajah. Kalau sudah demikian bukan jerawat yang hilang tapi justru wajah menjadi tidak karuan… Salah satu cara yang alami dalam menghilangkan jerawat sebenarnya cukup mudah yaitu menggunakan getah buah pepaya. Caranya adalah bersihkan wajah terlebih dahulu biar wajah terhindar dari bakteri penyumbat pori-pori
Kemudian oleskan getah pepaya dengan kapas pada area wajah yg berjerawat serta diamkan beberapa saat hingga mengering. Selanjtnya dibilas dengan air hangat untuk mengangkat sisa getah yg menempel pada kulit wajah. Lakukan secara rutin hingga jerawat benar-benar hilang.

2. Menghaluskan Tumit Pecah-pecah
Tumit pecah-pecah adalah problem yg tidak jarang menghampiri semua orang terutama yang sudah cukup umur baik laki-laki maupun perempuan. Sebelum ada obat-obatan kimia nenek moyang kita mengobati tumit yang pecah-pecah menggunakan getah dari buah pepaya. Caranya adalah siapkan buah pepaya muda yang baru dipetik dan iris bagian kulitnya sehingga mengeluarkan getah, selanjutnya oleskan getah tersebut pada bagian tumit yang pecah-pecah secara merata dan biarkan hingga sekitar 15 menit atau mengering. Bilas dengan air bersih dan lakukan hal ini secara rutin minimal satu kali dalam sehari agar tumit pecah-pecah lekas sembuh.

Baca Juga :  Manfaat Dahsyat Buah Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh

3. Menghilangkan Bekas Luka Bakar
Apabila salah satu bagian tubuh pernah mengalami luka bakar, tentu warnanya akan berbeda dengan warna kulit lainnya. Agar kulit bekas luka bakar tersebut ingin kembali normal, maka oleskan getah dari buah pepaya muda tersebut sampai kulit bekas luka bakar sembuh atau kembali normal.

4. Menghilangkan Penyakit Kutil
Penyakit ini menurut dunia medis disebut sebagai Papilloma, penyakit kutil dikategorikan sebagai tumor jinak sebab berasal dari penebalan lapisan luar kulit yg berlebihan, kutil yg besar tak bakal terasa sakit tetapi seandainya kutil mengalami lecet bakal mengeluarkan darah. Nah.. agar kutil bisa sembuh dan tidak tumbuh lagi maka oleskan minimal 2 kali sehari dari getah buah pepaya muda dan lakukan hal ini secara rutin agar sel tumor jinak tersebut benar-benar hilang dari kulit.

5. Mengobati Kulit Melepuh
Kulit yang melepuh bisa disebabkan oleh berbagai macam, seperti tersiram air panas, terkena minyak panas atau terkena percikan api. Agar tidak menjadi penyakit kulit yang tentunya mengganggu terhadap aktifitas maka oleskan getah dari buah pepaya muda ke seluruh bagian kulit yang melepuh tersebut dan jika getahnya kering maka terus tambahkan lagi getah tersebut sampai kulit kembali normal.

6. Mengobati Sakit Gigi
Getah buah pepaya muda bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Caranya adalah siapkan getah dari buah pepaya muda, kemudian usapkan atau oleskan getah tersebut pada bagian gigi yang sakit atau gigi berlubang menggunakan kapas atau cotton bud.

Manfaat getah dari buah pepaya muda sebagaimana diatas bisa kita jadikan salah satu alternatif mengobati berbagai macam penyakit. Mudah-mudahan artikel ini menambah wawasan kita agar kita bisa memanfaatkan tanaman yang ada disekitar kita sebagai sarana penyembuhan alami. Semoga bermanfaat !

2 Comments on “Manfaat Getah Buah Pepaya Muda Bagi Kesehatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *