Manfaat Luar Biasa Olah Raga Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

Kebiasaan nenek moyang kita berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lain  ternyata banyak sekali manfaatnya terutama bagi kesehatan. Kini jalan kaki merupakan sarana olah raga yang murah meriah, dengan berjalan kaki secara rutin terutama sehabis bangun tidur dapat mengurangi stres, menurunkan berat badan, serta bisa mencegah berbagai macam penyakit. Olah raga jalan kaki sebaiknya dilakukan minimal 30 menit setelah bangun tidur, dengan demikian otot-otot akan senantiasa normal berfungsi sebagaimana mestinya. Berjalan kaki dapat dilakukan dimana saja, disekitaran rumah, dijalanan dekat rumah serta memanfaatkan berbagai event seperti car freeday dan lain sebagainya.

Namun bagi yang belum terbiasa berjalan kaki, bisa memulainya sedikit demi sedikit atau mulai dari 10 menit dihari pertama kemudian ditambah 10 menit di hari kedua dan seterusnya. Dengan berolah raga ini secara rutin, minimal tubuh akan tetap bugar serta bisa mencegah dan mengurangi berbagai jenis penyakit. Bahkan bisa menyembuhkan berbagai penyakit tanpa harus berobat ke dokter atau membeli obat sehingga tidak mengeluarkan uang alias bisa ngirit keuangan bukan ?

Oleh karena itu maka mulailah dari sekarang untuk berolah raga yang cukup murah meriah ini secara rutin terutama setelah bangun tidur agar berbagai jenis penyakit bisa disembuhkan secara alami, berikut berbagai penyakit yang bisa sembuh dengan olah raga berjalan kaki, antara lain adalah ;

1. Kesehatan Jantung
Berjalan kaki secara rutin selama 30 menit setiap hari dapat mengurangi risiko serangan jantung. Hal ini karena berjalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat memperkuat jantung. Dengan sering melakukan olah raga ringan ini, kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spans penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat apabila berjalan kaki agak cepat. Oleh karena itu lakukanlah olah raga berjalan kaki agak cepat ini minimal 5 kali dalam seminggu agar terbebas dari masalah penyakit jantung.

Baca Juga :  Tips Sederhana Menjinakan Berbagai Jenis Burung Liar

2. Pembakar Lemak yang Efektif
Dengan berjalan kaki secara rutin tentu akan meningkatkan metabolisme tubuh. Kelebihan kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan ikut terbakar, kemudian kenaikan berat badan tidak terjadi. Berjalan cepat selama 30 menit secara rutin akan membakar setidaknya 150 kalori perhari dan semakin cepat langkah kaki maka akan semakin banyak kalori yang terbakar, sehingga sangat baik bagi yang ingin menurunkan berat badan.

3. Kanker
Dengan berjalan kaki secara rutin, gejala penyakit kanker akan lenyap dengan sendirinya. Kanker yang dimaksud disini adalah jenis kanker usus besar (colorectal Carcinoma). Kanker usus terjadi biasanya timbul karena kotoran yang tertahan lama dalam saluran pencernaan.

4. Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis disebabkan oleh adanya penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, dan rentan patah karena rapuh. Dengan berjalan kaki secara rutin akan menjadikan otot-otot tubuh menjadi sehat, kerangka atau tulang di dalam tubuh juga akan menjadi sehat dan kuat.

5. Diabetes
Dengan berjalan kaki secara rutin sekitar 6 km per jam dengan waktu tempuh sekitar 50 menit, dipercaya mampu mencegah berkembangnya diabetes, hal ini dikarenakan aktifitas tersebut dapat memicu otot untuk bekerja sehingga kemampuan untuk menyerap glukosa akan meningkat.

6. Mengurangi Stres dan Depresi
Berjalan kaki dengan cepat ternyata bisa menggantikan obat anti depresan yang biasanya diminum secara rutin oleh penderita depresi. Mulai sekarang, rajinlah berjalan kaki atau melakukan aktifitas fisik lainnya yang bisa memicu endorfin yang membuat mood merasa lebih baik agar rasa cemas, stres dan depresi bisa sirna.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh
Apabila seseorang kurang berkatifitas fisik maka akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Olah raga berjalan kaki minimal 30 menit akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa melawan infeksi. Berjalan kaki setiap hari akan membuat tidur juga lebih nyenyak dan otomatis dengan tidur nyenyak akan melepaskan zat kimia berbahaya yang membuat kita merasa lebih baik.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengenal Manfaat Buah Terong Untuk Kesehatan

Demikian manfaat luar biasa dari olah raga ngirit berjalan kaki, semoga dengan kebiasaan baru ini bisa menjadikan tubuh kita tetap bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *