Memanfaatkan Berbagai Jenis Limbah Dapur Sebagai Pupuk Organik

Mengisi waktu luang dengan menanam tanaman disekitar rumah menggunakan pupuk organik bikinan sendiri adalah sesuatu yang sangat mudah dan bermanfaat baik untuk kesehatan mental maupun fisik.

Ditengah-tengah maraknya pandemi corona atau covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia tentu berdampak pada berkurangnya aktivitas masyarakat diluar rumah sehingga mengakibatkan kejenuhan bagi yang terbiasa banyak beraktivitas, oleh karena itu diperlukan aktivitas dirumah yang bisa mengusir kejenuhan-kejenuhan tersebut seperti menanam tanaman di taman rumah atau di pekarangan.

Banyak sekali jenis tanaman yang bisa ditanam di sekitar rumah seperti menanam bunga dalam pot, sayur-sayuran seperti kangkung, bayam dan lain sebagainya menggunakan media polybag  atau sistem hidroponik sambil menunggu situasi kembali normal.  Proses tanam menanam tersebut selain membutuhkan media tanam tanah juga memerlukan pupuk sebagai kebutuhan nutrisinya.

Untuk memenuhi nutrisi tanaman tersebut kita bisa memanfaatkan limbah makanan sehari-hari yang kita konsumsi sehingga tanaman menjadi tumbuh segar dan tentunya juga bisa kembali kita konsumsi dengan aman karena terbebas dari bahan atau pupuk pestisida jahat yang mengandung unsur kimia.

Apa saja limbah makanan yang bisa dijadikan pupuk organik yang bisa menjadikan tanaman kita menjadi segar ??? Simak tips sederhana berikut ini agar bisa menambah wawasan dalam bidang bercocok tanam disekitar rumah dalam menghadapi situasi kejenuhan sebagai dampak wabah dari covid-19 berikut ini ;

  • Ampas Kopi

Kopi termasuk salah satu minuman yang banyak disukai oleh manusia dimana saja karena rasanya yang khas dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh yang cukup baik. Sisa dari minuman kopi atau ampas kopi bisa langsung ditaburkan pada tanaman kita atau di fermentasi terlebih dahulu agar hasilnya lebih maksimal dalam menyuburkan tanah sehingga tanaman menjadi subur karena ampas kopi ternyata bisa membantu mengasamkan tanah yang dibutuhkan oleh tanaman dalam pot atau polybag.

  • Ampas Teh

Seperti halnya ampas kopi, ternyata ampas dari teh juga sama bermanfaatnya untuk menyuburkan tanah dan prosesnya juga bisa langsung ditaburkan ke dalam pot atau di fermentasi terlebih dahulu agar bisa lebih maksimal hasilnya. Kandungan nitrat dalam teh sangat mudah diserap oleh tanaman, dengan kandungan nitrat yang cukup akan berdampak positif pada kesuburan tanah karena kandungan nitrat mampu membantu mengurai tanah lebih efektif.

  • Cangkang Telur
Baca Juga :  Berbagai Manfaat Tape Ketan dan Tape Singkong Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan kalsium karbohidrat cangkang telur yang mencapai 93% ternyata dapat membantu pertumbuhan tanaman. Sehingga kebiasaan membuang begitu saja dari limbah ini sangat disayangkan, selain mengandung kalsium karbohidrat juga memiliki unsur 1% nitrogen dan setengah persen asam fosfat dan unsur lainnya yang membuatnya menjadi salah satu unsur penting dalam pupuk organik.

Adapun cara memanfaatkannya sebagai pupuk organik ada beberapa cara antara lain adalah dengan menumbuknya sampai halus kemudian langsung ditaburkan pada tanaman. Selain itu cangkang telur bisa ditumbuk secukupnya kemudian direbus lalu air rebusan dibiarkan hingga dingin terlebih dahulu dan air tersebut bisa di semprotkan pada daun dan batang tanaman kita agar pertumbuhannya lebih cepat.

  • Kulit Pisang

Buah pisang memiliki segudang manfaat kesehatan yang sudah dikenal sejak nenek moyang kita, selain memiliki rasa manis alami yang menyehatkan manusia ternyata buah pisang juga bermanfaat bagi tumbuh-tumbuhan karena buah ini mengandung kalium yang cukup tinggi termasuk pada bagian kulitnya.

Kandungan kalium pada kulit pisang sangat cocok untuk menyuburkan tanaman dan caranya pun cukup mudah yaitu tinggal menaruh kulit pisang diatas tanah pada media tanam kita sehingga kulit pisang bisa diserap oleh tanah yang berdampak pada suburnya tanah.

Bawang, baik bawang putih maupun bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang mengandung unsur kalsium, potasium, magnesium dan unsur lainnya yang ternyata juga berguna untuk menyuburkan tanaman.

Biasanya bawang sebelum dijadikan bumbu akan di kupas terlebih dahulu dari kulitnya yang kering, naah.. limbah dari kulit bawang biasanya dibuang begitu saja, agar kulit bawang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk adalah rendam kulit bawang tersebut minimal semalam terlebih dahulu dan gunakan air rendaman tersebut untuk menyiram atau menyemprot tanaman kita agar lebih subur dan terbebas dari berbagai macam hama karena bawang juga mengandung antioksidan yang juga berguna bagi tanaman.

  • Agar-agar
Baca Juga :  Efek Negatif Kebiasaan Minum Kopi Dalam Kondisi Perut Kosong Bagi Kesehatan

Makanan ini biasanya kita jadikan kudapan dan dikenal juga bisa melancarkan pencernaan ini ternyata juga bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman. Agar-agar bisa menjadi penyubur tanaman karena memiliki unsur nitrogen yang bagus karena salah satu bahannya terbuat dari rumput laut yang tentunya memudahkan mikroba mengurai makanan dalam tanah sehingga menjadikan tanah menjadi gembur yang berguna untuk menyuburkan tanaman.

Cara pemanfaatannya pun juga cukup mudah karena kita tinggal meletakkan agar-agar yang tidak terkonsumsi alias sisa diatas tanah pada media tanam atau bisa juga dicampur dengan air hangat terlebih dahulu dan tunggu hingga dingin untuk menyiram tanaman namun sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan agar-agar sebagai pupuk agar tidak didatangi semut tanah yang justru cukup mengganggu lingkungan serta tanaman.

  • Ampas Kelapa

Penelitian telah membuktikan bahwasanya ampas kelapa ternyata mengandung kadar protein dan lemak kasar yang cukup tinggi sehingga bisa berguna bagi nutrisi tanaman. Kandungan tersebut ternyata dapat membantu terhadap pertumbuhan tanaman serta mempercepat proses tanaman untuk berbunga dan berbuah.

Oleh karena itu mulai sekarang marilah kita manfaatkan ampas kelapa tersebut sebagai pupuk pada tanaman dengan cara langsung menaburkan saja pada media tanam agar tanaman kita dapat tumbuh subur dengan lebih cepat.

  • Sisa Makanan Dan Minuman

Kalau kita memiliki tanaman disekitar rumah dan memiliki sisa makanan yang hampir setiap hari kita jumpai maka kita bisa memanfaatkan sisa makanan atau minuman apapun tersebut menjadi pupuk organik yang sangat baik bagi pertumbuhan tanaman.

Adapun cara mengolah sisa makanan menjadi pupuk organik sebenarnya cukup mudah karena kita tinggal menempatkan seluruh sisa makanan tersebut pada tong plastik yang memiliki penutup rapat. Hal ini diperlukan selain agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap juga mempercepat sisa makanan cepat terurai menjadi busuk dan menjadi kompos.

Baca Juga :  Manfaat Dan Efek Negatif Kebanyakan Makan Jengkol Bagi Kesehatan

Memang proses ini membutuhkan waktu yang relatif agak lama karena prosesnya memang agak rumit dibandingkan dari bahan pembuat pupuk organik lainnya. Namun apabila mau bersabar maka kompos dari sisa makanan akan menjadi media tanam atau tanah yang sangat subur bagi tumbuh-tumbuhan.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika sisa-sisa dari berbagai jenis  makanan dan minuman yang mengandung buah-buahan mulai saat ini kita kelola agar bisa menjadi tanah kompos yang baik dan bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik maupun media tanam bagi tanaman agar bisa tumbuh dengan subur.

  • Penyedap Rasa atau Micin

Penyedap rasa atau yang biasa disebut dengan micin biasanya digunakan untuk menambah cita rasa makanan agar menjadi lebih sedap. Namun siapa sangka ternyata penyedap rasa ini juga bermanfaat untuk menyuburkan tanaman karena bahan dari penyedap rasa adalah dari tetes tebu yang tentu juga mengandung nutrisi yang baik bagi pertumbuhan tanaman.

Cara untuk menggunakannya pun cukup mudah yaitu dengan menambah beberapa air saja kemudian diaduk hingga merata dan tinggal menyirankan pada tanaman maka tanaman akan tumbuh subur dan lebih segar.

Demikian berbagai tips sederhana untuk mengusir kejenuhan di rumah sebagai dampak dari merebaknya wabah corona atau covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini dengan memanfaatkan waktu luang untuk menanam tumbuh-tumbuhan disekitar rumah dengan menggunakan pupuk organik bikinan sendiri.

Selain menanam bunga-bungaan kita juga bisa menanam sayur-sayuran yang bisa dikonsumsi dan tentunya lebih aman dari berbagai virus karena kita tanam sendiri. Semoga artikel ini bisa menjadikan salah satu alternatif untuk mengisi waktu luang di rumah !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *