Memanfaatkan Daun Dan Buah Kelor Untuk Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Kelor, merupakan salah satu jenis pohon yang dimitoskan oleh masyarakat jawa sebagai pohon yang angker karena pohon kelor dianggap sebagai pohon yang sering dihuni oleh mahkluk halus. Mitos ini seiring dengan perkembangan jaman terkikis sedikit demi sedikit, bahkan daun dan buah kelor kini sudah dijadikan sayur kuah yang sangat lezat. Dahsyatnya lagi, ternyata kandungan dari daun maupun buah pohon kelor setelah dilakukan penelitian oleh para ahli ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup luar biasa yakni mengandung ;
3 kali lipat kandungan potasium nya dibandingkan buah pisang
4 kali lipat vitamin A nya dibandingkan wortel
25 kali lipat zat besi nya dibandingkan bayam
7 kali lipat vitamin C nya buah jeruk
4 kali lipat kalsium dari susu dan
3 kali protein dari yoghurt

Selain memiliki kandungan yang cukup luar biasa sebagaimana diatas, daun dan buah kelor ternyata sejak nenek moyang juga dianggap sebagai tanaman ajaib yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan tanaman ini merupakan sumber vitamin dan mineral yang kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, folat, kalsium, mangan, dan fosfor, sehingga menyediakan kandungan nutrisi yang cukup lengkap bagi kebutuhan tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi daun maupun buah dari tanaman ini menjadikan tubuh akan senantiasa menjadi tetap segar bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Berikut ini berbagai manfaat mengkonsumsi daun maupun buah dari tanaman kelor bagi kesehatan tubuh kita, antara lain ;

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Menambah kesegaran pada mata dan otak
  3. Menstabilkan metabolisme tubuh
  4. Meningkatkan stuktur sel tubuh
  5. Meningkatkan serum kolesterol secara alami
  6. Menghambat kerutan pada kulit
  7. Menormalkan fungsi ginjal dan hati
  8. Mempercantik kulit
  9. Menambah energi
  10. Melancarkan pencernaan
  11. Antioksidan yang cukup baik
  12. Menjaga imunitas pada sistem tubuh
  13. Menjaga sistem sirkulasi tubuh
  14. Memiliki sifat anti-peradangan
  15. Menambah perasaan lebih sehat
  16. Menormalkan kadar gula dalam tubuh
Baca Juga :  Manfaat Dan Efek Negatif Kebanyakan Makan Bawang Merah Bagi Kesehatan

Manfaat dari daun maupun buah pohon kelor yang cukup lengkap sebagaimana diatas,  tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh sehingga tanaman ini juga dipercaya bisa menghindarkan serta  menyembuhkan berbagai macam penyakit, antara lain ;

1. Penyakit Diabetes
Dengan mengkonsumsi secara rutin dari daun maupun buah kelor maka penyakit gula darah atau diabetes niscaya bisa segera disembuhkan karena kandungan dari daun maupun buah kelor bisa dijadikan insulin secara alami yang cukup baik sehingga kelebihan gula darah akan ternetralisir secara alami oleh sistem tubuh.

2. Mencegah Penyakit Kanker
Kandungan antioksidan dan potasium yang terdapat pada daun maupun buah kelor yang cukup tinggi menjadikan sistem antibodi yang cukup tangguh sehingga bisa mencegah datangnya berbagai macam penyakit termasuk kanker. Bahkan ada sebagian orang yang sudah memanfaatkan daun maupun buah kelor untuk memperlambat perkembangan penyakit kanker hingga menyingkirkannya dengan cara mengkonsumsi daun maupun buah kelor secara rutin.

3. Menyembuhkan Penyakit Mata
Mata yang perih akibat polusi udara maupun penglihatan yang kurang tajam bisa segera disembuhkan dengan memanfaatkan daun dan buah kelor. Daun kelor bisa ditumbuk halus atau di blender kemudian dicampur dengan sedikit air dan disaring, kemudian air tersebut bisa untuk membasuh mata yang terkena iritasi agar segera sembuh, selain itu air tersebut bisa juga langsung diminum agar bisa segera menyembuhkan penyakit mata dari dalam atau dari sistem tubuh itu sendiri. Untuk itu agar penglihatan tetap jernih di usia senja sebaiknya mengkonsumsi daun maupun buah dari tanaman ini secara rutin.

4. Menyembuhkan Rematik
Mengkonsumsi daun maupun buah kelor juga dipercaya bisa mengurangi rasa sakit pada sendi serta bisa mengurangi penumpukan asam urat pada sendi sehingga tanaman ini dianggap bisa menjadi obat penyakit asam urat atau rematik.

Baca Juga :  Yuk ! Mengenal Berbagai Manfaat Tanaman Sirih Bagi Kesehatan

5. Menyembuhkan Cacingan
Penyakit ini seringkali dialami oleh anak-anak, untuk menyembuhkannya cukup mudah yakni dengan memanfaatkan daun maupun buah kelor. Caranya adalah cukup dengan merebus daun atau buah kelor sampai mendidih kemudian rebusan tadi diberikan pada anak-anak yang terserang penyakit cacingan niscaya penyakitnya akan segera sembuh karena kandungan antioksidan dalam daun maupun buah kelor yang cukup tinggi sehingga bisa dengan segera mengusir bakteri cacing jahat dari dalam tubuh anak-anak tersebut.

6. Mengobati Herpes
Penyakit kulit yang satu ini menjadikan penderitanya sangat risih, penyakit ini sering kali datang secara tiba-tiba, rasanya yang perih dan gatal hingga memberikan bekas merah pada kulit dan kadang bernanah. Bagi sebagian orang penyakit ini terlihat menjijikkan karena bau amis dan kulit yang bernanah, untuk menyembuhkan secara cepat dan alami penyakit ini bisa dengan memanfaatkan daun kelor. Caranya adalah dengan menumbuk halus daun kelor dan menempelkan pada kulit yang sakit, niscaya penyakit ini akan segera kering dan sembuh karena kandungan antioksidannya.

7. Menyembuhkan Sariawan
Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam daun maupun buah kelor bisa juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit sariawan. Kita cukup dengan mengkonsumsi daun maupun buahnya saja dengan dijadikan sayur sop maupun sayur asam niscaya penyakit sariawan akan segera sembuh secara alami.

Sebenarnya masih banyak sekali berbagai penyakit yang bisa disembuhkan oleh keajaiban dari daun maupun buah kelor namun yang terpenting adalah bagaimana kita mulai memahami, mengenali serta memanfaatkan potensi alam yang ada lingkungan kita untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai salah satu sarana untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Dengan senantiasa menambah pengetahuan dari berbagai sumber baik membaca buku, internet maupun informasi lain yang layak dipercaya maka kita semakin bertambah mengerti bahwa disekitar kita banyak sekali tumbuh-tumbuhan yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan agar tetap bugar termasuk tanaman kelor yang banyak tumbuh dipagar lingkungan. Mudah-mudahan artikel ini menambah pengetahuan kita dan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *