Mengenal 10 Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

Ngopi dulu ah… kata-kata ini sering kita dengar dalam pergaulan sehari-hari. Kopi merupakan minuman yang digemari baik oleh laki-laki maupun perempuan. Minum kopi dipercaya bisa mengurangi rasa kantuk. Ternyata minum kopi juga banyak bermanfaat untuk kesehatan. Kini, warung kopi banyak menjamur di berbagai sudut kota di Indonesia, bahkan hingga di mall-mall.

Fenomena ngopi atau minum kopi yang sedemikian dahsyat menunjukkan bahwa minum kopi banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan, lantas apa saja manfaat minum kopi bagi kesehatan ? Simak 10 manfaat minum kopi berikut ini ;

1. Mencegah berbagai penyakit 
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi kopi 1-3 cangkir dalam sehari dapat mengurangi secara drastis resiko terkena diabetes, bahkan apabila meminum kopi sampai 6 cangkir dalam sehari bisa semakin memperkecil resiko diabetes. Kopi ternyata juga dapat mengurangi sampai 80% resiko terkena penyakit Parkinson dan kanker usus besar sebesar 20%. Sementara manfaat minum kopi bagi perempuan juga bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara sampai 40%.

2. Menambah semangat dalam beraktifitas
Dengan minum kopi akan membuat tubuh memproduksi endorphin yang berfungsi untuk membuat tubuh lebih bersemangat. Kopi juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh yang sangat membantu bila ingin diet mengurangi berat badan.

3. Menjaga stabilitas tubuh
Secangkir kopi mengandung lebih dari seribu zat anti oksidan yang penting bagi kesehatan tubuh. Zat antioksidan ini mampu menurunkan peradangan yang disebabkan oleh arthritis, juga menyingkirkan racun penyebab kanker, menetralisir radikal bebas yg memiliki efek negatif menambah berat badan tubuh.

4. Membuat Umur lebih panjang
Sebuah studi oleh National Cancer Institute menyimpulkan bahwa orang yang mengkonsumsi kopi secara teratur, lebih memiliki harapan hidup yang lebih lama daripada mereka yg tidak meminum kopi sama sekali. Meski penyebab utamanya belum diketahui tapi banyak ilmuwan mengklaim hal tersebut disebabkan oleh antioksidan yg hanya ditemukan di dalam kandungan kopi.

Baca Juga :  Tips Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh Secara Alami

5. Sangat efektif untuk diet
Kebiasaan minum kopi dapat mengurangi kebiasaan mengemil makanan, sehingga resiko kegemukan akibat ngemil bisa diantisipasi.

6. Menambah konsentrasi
Manfaat lain minum kopi ternyata bisa meningkatkan konsentrasi karena zat kafein yg merupakan elemen terbanyak dalam kopi memiliki sifat stimulan. Kafein memblokir efek adenosin yang membuat kerja otak tidak terganggu, menambah mood, meningkatkan kemampuan berpikir serta lebih baik dalam keterampilan dalam memecahkan masalah.

7. Menjaga organ hati
Studi menunjukkan bahwa kafein dalam kopi membantu meregulasi organ hati yang fungsinya dapat mengurangi risiko terkena sirosis hati, kanker hati, kegagalan fungsi hati, dan risiko sirosis alkoholik. Manfaat minum kopi tersebut tidak ditemukan dalam minuman lain yang berkafein dan teh.

8. Mengurangi sakit encok atau nyeri sendi
Sakit encok dapat terjadi kepada siapa saja dengan tidak mengenal usia berapa, penyakit ini rasanya juga sangat menyakitkan, bagi yang biasa minum kopi rasa sakit encok bisa terkurangi. Hal ini karena fungsi antioksidan dalam kopi bermanfaat mengurangi insulin dalam tubuh yg akan menurunkan kadar asam urat tinggi penyebab sakit encok.

9. Kopi banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh
Dalam biji kopi ternyata banyak mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh, karena dalam segelas kopi mengandung ;
♦ Riboflavin (Vitamin B2): 11% of the RDA.
♦ Pantothenic Acid (Vitamin B5): 6% of the RDA.
♦ Manganese and Potassium: 3% of the RDA.
♦ Magnesium and Niacin (B3): 2% of the RDA.

10. Menjaga kesehatan mulut
Kopi memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Dengan demikian tentu dengan membiasakan minum kopi berpeluang besar untuk menekan resiko penyakit kanker mulut.

Baca Juga :  Mengenal Berbagai Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kebiasaan minum kopi diatas sangat baik untuk kesehatan namun apabila dikombinasikan dengan merokok tentu akan berbeda manfaatnya karena kandungan zat yang baik dalam kopi akan sia-sia karena masuknya nikotin dari rokok, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari minum kopi maka jangan minum kopi sambil merokok. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *