Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Yang Mengandung Antioksidan

Seiring dengan perkembangan zaman yang kini banyak ditandai dengan perubahan iklim, lingkungan dan gaya hidup menjadi salah satu faktor yang berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Disamping itu makanan yang banyak mengandung bahan kimia akibat pestisida yang berlebihan juga menimbulkan terbentuknya radikal bebas dalam tubuh. Reaksi senyawa polutif yang berasal dari asap kendaraan bermotor dan asap pabrik juga menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, maka dari itu berbagai sumber radikal bebas tentunya akan menjadi racun bagi tubuh. Racun dari efek tersebut akan merusak fungsi sel tubuh manusia dan dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit sehingga membiasakan kembali mengkonsumsi berbagai tanaman yang mengandung antioksidan menjadi pilihan yang tepat untuk mengimbangi lingkungan yang kurang sehat.

Dengan bertambahnya umur manusia, tentu akan menyebabkan penurunan produksi zat antioksidan dalam tubuh. Pada usia 40 an tahun, produksi antioksidan dalam tubuh hanya 50%. Sedang pada usia 60-70 tahun, turun menjadi 5-10% saja. Karena itu, asupan antioksidan dari luar tubuh sangat dibutuhkan dengan cara mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung zat antioksidan.

Istilah antioksidan mungkin ada yang belum mengenal atau masih asing, Antioksidan adalah molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Sedangkan oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga bisa memicu reaksi yang berantai serta dapat merusak sel dalam tubuh. Untuk itu antioksidan sangat dibutuhkan dalam sistem tubuh kita karena dengan antioksidan yang cukup maka sistem dalam tubuh kita akan mengeluarkan zat kimia jahat sehingga kita akan terbebas dari berbagai macam penyakit, dengan antioksidan yang ada juga menjadikan manusia awet muda karena tidak gampang terserang berbagai macam penyakit.

Baca Juga :  Yuk ! Mengenal Berbagai Manfaat Tanaman Sirih Bagi Kesehatan

Berikut ini berbagai jenis tanaman yang memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh kita, yaitu ;

1. Rempah-rempah
Kandungan antioksidan yang cukup tinggi bagi kesehatan tubuh dari jenis rempah-rempah, adapun yang sudah dipercaya sejak nenek moyang, jenis rempah yang baik antara adalah ; Jahe, Temulawak, Kunyit, Temu putih, Lengkuas, Bangle, Temugiring, Kencur, Kapulaga, Lada, Cengkeh, Temu mangga, Pala, Asam Jawa, Asam kandis, Bawang Putih, Bawang Merah, dan Cabe.

2. Buah-buahan
Buah-buahan yang mengandung antioksidan antara lain ; Anggur, Alpukat, Jeruk, Kiwi, Markisa, Nanas, Semangka, Pepaya, Belimbing, Apel, Kelapa, Pisang dan buah keluarga Berri.

 

 

 

3. Sayur-sayuran
Jenis sayur-sayuran yang banyak mengandung antioksidan antara lain ; Kubis, Wortel, Lobak, Brokoli, Mentimun, Pare, Kangkung, Takokak, Cabe, Buncis, Tomat, Bayam, Jagung, Leunca, dan Seledri.

 

4. Ubi-ubian dan Tanaman Lain
Adapun tanaman lain serta jenis ubi-ubian yang juga cukup banyak mengandung antioksidan antara lain ; Ubi jalar, Kedelai, Gembili, Kacang Mente, Labu Kuning, Pete Cina, Teh, Kentang, Daun Sirih, Melinjo, dan Kurma.

 

Dari berbagai jenis tanaman diatas menurut para ahli yang telah melakukan penelitian, ternyata jenis rempah-rempah memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibanding dari jenis sayur-sayuran, buah-buahan maupun tanaman lain. Dengan demikian agar sistem kekebalan tubuh kita tetap baik, marilah kita mulai mengkonsumsi jenis rempah-rempah sebagaimana diatas dengan berbagai cara, misalnya dibuat ramuan, dicampurkan pada masakan, dibuat minuman segar dan lain sebagainya.

Mudah-mudahan dengan mengenal berbagai tanaman antioksidan diatas menambah pengetahuan kita demi kesehatan tubuh agar senantiasa tetap bugar secara alami dan murah. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *