Mengenal Berbagai Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

“Alpukat” siapa yang belum tahu buah ini ? Alpukat adalah buah ajaib. Kenapa disebut buah ajaib ? karena bukan hanya rasanya yang enak dan bisa menjadi bahan minuman segar atau makanan, akan tetapi juga karena banyaknya manfaat dari buah alpukat untuk kesehatan.
Penelitian menunjukkan bahwa buah Alpukat mengandung potasium yang lebih banyak daripada pisang, yakni 975 miligram perbuah untuk ukuran sedang.
Sementara pisang ukuran sedang hanya mengandung sekitar 487 miligram potasium.
Potasium merupakan elektrolit yang sangat penting untuk menghidrasi tubuh, juga berkhasiat menurunkan tekanan darah dan menjaga fungsi normal otak dan syaraf. Selain itu, potasium juga bisa menetralkan efek samping kelebihan sodium (garam) yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Alpukat juga mengandung vitamin E, yang sangat bagus untuk kulit kita, karena kandungan dalam buah ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mengurangi iritasi, alpukat juga dapat mencegah keriput dan baik untuk mengatasi rambut rusak. Bagi yang memiliki masalah bau mulut, anda bisa mencoba untuk meminum jus alpukat agar bisa membantu untuk membersihkan mulut anda, karena alpukat juga bisa membantu untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang merugikan di usus yang sering menjadi penyebab bau mulut, selain memiliki berbagai manfaat sebagaimana di atas, ternyata buah alpukat juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya adalah ;

Menjaga Kesehatan Mata
Alpukat adalah sumber dari lutein karotenoid yang dapat membantu melindungi mata kita dari katarak dan kerusakan yang berhubungan dengan degenerasi manula terkait usia.

Menjaga Kadar Gula Darah
Bagi yang sedang menjalani program diet, sudah barang tentu harus menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung gula tinggi. Sementara alpukat mengandung lemak tak jenuh dan kandungan serat yang tentu bermanfaat membalikkan resistensi insulin yang membantu mengatur kadar gula darah.

Baca Juga :  Manfaat Dahsyat Buah Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan Jantung
Kandungan Vitamin E, lemak tidak jenuh dan glutathione pada alpukat juga sangat baik untuk kesehatan jantung kita.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Alpukat kaya akan senyawa yang disebut beta-sitosterol yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Pencegahan Terhadap Kanker
Asam oleat pada alpukat bermanfaat dalam mencegah kanker payudara. Dengan mengkonsumsi secara rutin buah alpukat juga dipercaya dapat mencegah kanker prostat dan kanker mulut.

Pencegahan Stroke
Buah alpukat juga mengandung folat, dengan mengkonsumsi banyak folat memiliki resiko terkena penyakit stroke yang lebih rendah daripada yang jarang mengkonsumsinya. Kandungan folat yang tinggi pada buah alpukat berdampak positif pada pencegahan stroke.

Mencegah Diabetes
Kandungan lemak tak jenuh tunggal dan kalium dalam buah alpukat juga dapat meningkatkan fungsi kerja hormon insulin dan menetralkan kadar glukosa dalam darah, sehingga bisa mencegah penyakit diabetes.

Pelengkap Nutrisi Bagi Kulit
Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal, asam lemak omega 9, sumber antioksidan, vitamin E, vitamin C serta kolagen. Semua nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan kulit kita.

Penurunan Berat Badan
Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin, dapat membuat kondisi perut kita berada dalam keadaan kenyang yang lebih lama. Sehingga akan menekan nafsu makan yang berlebihan dan tentu sangat cocok bagi yang sedang menjalani program diet secara alami dan aman.

Mencegah Peradangan Sendi
Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, serta vitamin E, vitamin C juga pitosterol yang dapat membantu mengurangi berbagai jenis peradangan pada tubuh kita.

Demikian postingan tentang manfaat buah Alpukat, mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan kita !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *