Mengenal Berbagai Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Buah Durian, merupakan salah satu buah yang memiliki bau khas dan rasa nikmat nan lezat dan bahkan menjadi salah satu buah favorit bagi sebagian orang. Buah yang memiliki warna kuning serta memiliki duri tajam pada kulit luarnya ini menjadikan buah ini mudah dikenali. Bahkan, bagi penyuka durian akan selalu menantikan musim durian tiba. Selain manis dan lembut buah durian juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat dahsyat durian bagi kesehatan tubuh tersebut ….???.

Buah durian juga dikenal sebagai king of fruit (raja dari segala buah-buahan). Ini dikarenakan, buah durian mengandung nutrisi berupa ;

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Serat
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Kalium
  • Fosfor
  • Thiamin
  • Polyfenhol
  • Phytosterol
  • Omega 3 dan 6
  • Magnesium
  • Kalori dan Lemak
  • Antioksidan

Berbagai kandungan nutrisi tersebut diatas dapat membantu menjaga dan mempertahankan tubuh agar tetap sehat dan fit sepanjang hari. Lantas manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari buah durian bagi kesehatan tubuh kita ….????

Berikut ini berbagai manfaat mengkonsumsi buah durian bagi kesehatan tubuh, antara lain ;

1. Menjaga Stamina Tubuh
Dalam 100 gr daging buah durian mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebesar 21 persen. Sehingga buah durian dapat menambah energi tubuh secara instan, disaat aktivitas atau pekerjaan yang relatif padat yang menguras tenaga dan pikiran.

2. Penangkal Depresi
Buah durian mengandung vitamin B yang memiliki peran untuk memproduksi serotonin. Zat serotonin inilah yang akan berperan menangkal depresi yang menyerang tubuh kita.

3. Sumber Nutrisi Bagi Tulang Dan Gigi
Buah durian mengandung kalsium, vitamin B1 dan B2 yang dapat menyuplai berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dan gigi.

Baca Juga :  Efek Negatif Kebiasaan Minum Kopi Dalam Kondisi Perut Kosong Bagi Kesehatan

4. Menjadikan Nampak Awet Muda
Buah durian mengandung sumber vitamin C yang cukup tinggi. Dengan vitamin C inilah tubuh dapat menangkal berbagai radikal bebas dan memperlambat proses penuaan pada dini pada kulit tubuh dan wajah.

5. Melancarkan Pencernaan
Buah durian juga mengandung serat yang cukup tinggi. Dengan kandungan serat yang tinggi tentu dapat membantu kinerja organ pencernaan sehingga dapat bekerja lebih optimal. Dengan demikian berbagai masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buah air besar (BAB) bukan menjadi masalah lagi.

6. Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah
Buah durian mengandung mangan yang berperan dalam mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap normal.

7. Anemia
Buah durian juga mengandung folat, tembaga serta zat besi yang beperan penting dalam mengatasi gejala anemia atau kurang darah.

8. Penghangat Tubuh
Dengan mengkonsumsi buah durian pada malam hari atau pada saat cuaca dingin maka buah ini bisa membantu untuk menghangatkan tubuh. Hal ini dikarenakan dalam kandungan buah durian terdapat karbohidrat dan glukosa yang dapat menghangatkan tubuh. Tingginya kedua kandungan tersebut dalam buah durian bisa mempengaruhi organ hati yang berperan sebagai pengendali suhu tubuh sehingga bisa dipastikan setelah makan buah durian tubuh akan menjadi panas.

9. Anti Tumor
Buah ini selain bisa mencegah dan menghentikan perkembangan sel kanker dalam tubuh, bisa dijadikan juga sebagai penangkal terhadap penyakit tumor secara alami. Hal ini dikarenakan kandungan zat phytosterol yang terdapat dalam buah durian berperan sebagai pencegah yang cukup ampuh terhadap kanker serta tumor.

10. Anti Stroke
Dengan sering memakan buah durian tetapi tidak berlebihan akan menekan resiko penyakit stroke. Oleh karena itu bagi yang menderita gejala stroke ringan maka segera makanlah buah durian dengan jumlah sewajarnya saja.

Baca Juga :  Manfaat Biji Buah Mangga Sebagai Obat Alami Penyakit Diare Dan Listeriosis

Demikian manfaat luar biasa memakan daging buah durian bagi kesehatan tubuh kita. Namun harus tetap memperhatikan akan efek buruknya jika mengkonsumsi buah ini secara berlebihan atau terlalu sering. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *