Mengenal Fakta Menarik Tentang Telur Ayam

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Selain karbohidrat, telur juga memiliki kandungan setidaknya delapan asam amino yang membentuk protein dan tentunya akan sangat berguna bagi pertumbuhan anak-anak. Telur memiliki rasa yang enak, mudah dicerna dan cocok dikonsumsi untuk semua golongan umur, mulai dari bayi hingga para lansia. Telur juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti kue, lauk pauk yang lezat dan lain sebagainya.

Apa saja fakta menarik yang terkandung dari telur secara keseluruhan? Yuk..! kita kenali lebih dekat bahan makanan yang memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap ini, ada banyak fakta menarik tentang telur yang mungkin belum kita ketahui. Apa saja ? Simak berikut ini ;

A. Telur mempunyai nilai kandungan protein (net protein utilization) 100%. Coba kita bandingkan dengan daging ayam yang hanya memiliki 80% dan susu 75% saja.

B. Kulit telur yang terbuat dari kalsium karbonat juga merupakan bahan dasar utama beberapa jenis obat antacids atau bahan obat untuk permasalahan penyakit seputar lambung. Berat telur sekitar 9-12 %nya terdiri dari kulitnya. Kulit telur juga memiliki pori-pori yang menyebabkan oksigen bisa masuk serta karbondioksida yang lembab bisa keluar.

C. Kandungan yang ada dalam putih telur memiliki struktur protein yang disebut albumen dan juga mengandung niacin atau (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), klorin, magnesium, potasium, sodium dan sulfur. Kandungan protein telur 57%nya terletak dalam putih telur.

D. Kuning telur warnamya tergantung oleh makanan indukan ayam betinanya. Semakin banyak indukan betina memakan padi-padian yang memiliki pigmen kuning dan oranye yang dimakan oleh si indukan ayam betina, maka makin kentallah warna kuning telurnya.

Baca Juga :  Berbagai Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh Serta Efek Negatifnya

E. Telur juga memiliki warna yang bervariasi sesuai usia dan berbagai faktor lainnya. Warna putih telur yang agak keruh justru menandakan telur itu segar. Warna putih yang jernih menandakan telur itu berasal dari ayam yang sudah tua. Hindari mengonsumsi telur yang warna putih agak merah muda atau berubah warna lain.

F. Telur yang didalamnya terdapat sedikit darah, sebenarnya berasal dari pembuluh darah di kuning telur yang pecah. Jangan khawatir …! telur ini tetap aman dikonsumsi.

G. Pada saat penetasan, telor memiliki suhu sekitar 40,5 derajat Celcius. Semakin dingin, cairan di dalamnya akan mengendap dan terbentuk sel udara antara dua lapisan telur.

H. Seekor indukan ayam betina mampu bertelur 250-270 telur setiap tahunnya.

I. Anehnya sebagian besar rakyat di Amerika lebih menyukai telur ayam yang berwarna putih. Sementara di Indonesia, telur ayam kebanyakan berwarna coklat kecuali ayam kampung.

J. Dibandingkan dengan telur ayam, yang memiliki ukuran setara dengan telur ayam yakni telur itik memiliki bau yang lebih amis dan kulitnya memiliki pori yang lebih besar sehingga lebih cocok dijadikan telur asin.

Demikian fakta menarik tentang telur ayam dan apabila mau memasak telur, untuk membedakan telur yang baik dan busuk agar kita terhindar dari berbagai macam virus yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit, simak tips memilih telur yang baik berikut ini ;
1. Pilihlah cangkang telur yang utuh dan tidak retak
2. Perhatikan kebersihan telur dari kotoran, pilih telur yang bersih atau bersihkan dahulu sebelum dimasak
3. Pilihlah telur yang berkulit halus
4. Perhatikan bentuknya, pilih yang berbentuk oval sempurna.
5. Lihat warna telur, pilihlah yang berwarna cerah dari lainnya
6. Perhatikan ukuran telur, pilihlah ukuran telur yang merata saja
7. Telur yang baik ketika dimasukkan dalam air akan tenggelam

Baca Juga :  Manfaat Dan Efek Negatif Kebanyakan Makan Jengkol Bagi Kesehatan

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *