Mengenal Manfaat Beras Selain Menjadi Bahan Makanan Pokok

Hampir seluruh lapisan warga di negara Indonesia saat ini menjadikan makanan pokok adalah Beras walaupun masih ada beberapa daerah yang memang belum menjadikan beras menjadi bahan makanan pokok khususnya warga yang masih tinggal dipedalaman, selain menjadi bahan makanan pokok yang sangat berharga, ternyata beras juga merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki segudang manfaat. Sebagai warga negara Indonesia kita seharusnya bersyukur karena disekitar kita banyak tersedia beras dan bahan makanan pokok lainnya. Apasaja manfaat lain beras selain menjadi bahan makanan pokok ? Yuk…! langsung saja kita intip manfaat beras yang luar biasa selain menjadi bahan makanan pokok kita sehari-hari, antara lain adalah sebagai ;

1. Pembersih botol atau toples kaca
Botol atau toples bekas bumbu makanan biasanya jarang dibersihkan dan bahkan sulit dibersihkan. Namun, sekarang tidak usah terlalu pusing mikirin gimana caranya untuk membersihkan botol atau toples tadi, karena dengan cukup memasukkan 20 butir beras ke dalam botol atau toples untuk ukuran yang kecil niscaya botol atau toples tadi bisa kinclong lagi. Caranya adalah tuangkan air bersih ke dalam botol atau toples yang sudah di isi butiran beras tadi, lalu tutup rapat dan kocok sampai semua kotoran sisa bumbu masakan, minyak, dan sebagainya bersih, umumnya lama pengocokan sekitar setengah menit, maka bekas bumbu atau minyak yang nempel di botol atau toples akan hilang. Silahkan di coba !

2. Penjaga kesegaran telur
Suhu beras selalu stabil sehingga dapat menyediakan kondisi yang kering dan suhu yang tepat untuk menyimpan telur mentah. Serbuk atau bubuk yang menempel pada beras juga dapat mencegah bakteri dari luar masuk ke dalam telur. Percaya gak percaya, silahkan dicoba sendiri !!! Telur mentah yang disimpan dalam beras dapat bertahan sekitar 6-8 bulan !!! luar biasa kan ?

Baca Juga :  Mengenal Berbagai Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

3. Pengering garam dan gula pasirĀ 
Untuk menjaga agar kondisi gula pasir atau garam tetap kering, kita cukup menaruh butiran beras ke dalam botol atau toples garam atau botol gula pasir. Lihat saja perbedaannya sebelum dan sesudah menaruh beras dalam botol atau toples garam/gula pasir. Garam atau gula pasir yang sudah diisi butiran beras akan tetap kering dan tidak lengket, lakukan penggantian butiran beras secara berkala sesuai dengan kondisi.

4. Penyegar dan pembersih udara dalam ruangan
Beras juga bisa dimanfaatkan untuk pembersih udara dalam ruangan, dengan mencampurkan beberapa tetes aroma terapi atau minyak esensi dengan butiran beras, maka udara dalam ruangan tersebut akan terasa lebih segar. Manfaatkan aksesoris yang ada dalam ruangan untuk menaruh butiran beras yang dicampuri aroma terapi tadi sekaligus sebagai penghias ruangan agar tampak lebih indah dan nyaman.

5. Pemeriksa kepanasan suhu kuali
Kuali adalah alat memasak yang terbuat dari tanah liat, untuk mengetahui apakah peralatan tersebut sudah cukup panas atau belum kita cukup mengetesnya dengan menaruh butiran beras ke dalam kuali, apabila butiran beras langsung berubah warnanya, berarti kuali sudah cukup panas! Mudah kan ?

6. Pembersih noda dan minyak yang menempel pada pakaian
Apabila pakaian terkena noda yang membandel, kita tidak perlu pusing lagi bagaimana cara membersihkannya. Cukup mudah kok !? untuk membersihkan pakaian yang terkena noda yang membandel seperti minyak, kita cukup menempelkan beras yang sudah dimasak alias nasi pada pakaian yang terkena noda minyak tadi dan biarkan semalaman. Lihat hasilnya ???
Maka pada keesokan harinya noda minyak akan hilang bersamaan dengan keringnya nasi. Adapun untuk membersihkan noda tinta yang belum kering, kita cukup dengan menggosokkan nasi yang masih panas pada bagian yang ternoda, kemudian bilas dengan air bersih. Lihat hasilnya ? Kita pasti akan tercengang dengan hasil fantastis yang tidak bisa dihasilkan oleh detergen!

Baca Juga :  Yuk ! Mengenal Berbagai Jenis Makanan & Minuman Yang Bisa Menurunkan Asam Lambung

7. Masker kecantikan alami
Beras mengandung vitamin B dan E yang sangat baik untuk menutrisi kulit. Nah ! untuk itu kita cukup mudah untuk menjadikan butiran beras menjadi masker alami yang sangat baik untuk wajah, tumbuklah butiran beras atau kalau tidak mau repot bawalah beras ke tempat selepan tepung beras, campurkan tepung beras dengan air secukupnya, lalu oleskan pada wajah. Niscaya kulit wajah bakal langsung mulus dan bersinar kembali ! Mudah dan ngirit kan ?

8. Pengering Smartphone Terendam Air
Beras yang memiliki sifat penyerap kelembapan udara bisa dimanfaatkan sebagai penyelamat apabila smartphone terendam air. Caranya adalah setelah melepas baterai, SimCard, Card memory dan dikeringkan dengan alat pengering atau dijemur, selanjutnya sebelum memasang kembali untuk menghidupkan smartphone tersebut sebaiknya rendam dulu smartphone di dalam beras selama minimal satu malam agar air yang masih tersisa dalam mathebord/mesin smartphone benar-benar kering karena diserap oleh beras. Silahkan dicoba !

Demikian tips sederhana memanfaatkan beras untuk keperluan sehari-hari agar lebih hemat atau ngirit dan tentunya terbebas dari bahan kimia yang membahayakan pada kesehatan kita. Mudah-mudahan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *