Mengetahui Penyebab dan Solusi Rasa Mual Saat Menggosok Gigi

Rasa mual saat menggosok gigi umumnya terjadi pada pagi hari saat kita baru bangun tidur, kejadian ini ternyata sering dialami oleh banyak orang. Ketika melihat air mau berkumur, tiba-tiba rasa mual dan ingin muntah muncul.

Mual-mual yang terjadi biasanya tidak sampai muntah, toh kalau memang muntah biasanya hanya air dari dalam perut saja yang keluar, Kebanyakan orang biasanya hanya mengeluarkan suara ingin muntah saja, hal ini tentunya akan sangat mengganggu untuk penderita karena aktifitas menggosok gigi bisa gagal, juga membikin risih bagi orang lain yang mendengarkan.

Adapun penyebab rasa mual ini secara umum karena berbagai faktor ;

  1. Kalau anda perempuan mungkin sedang hamil
    Hal ini sudah lazim terjadi, karena rasa mual merupakan bagian dari morning sickness yang umumnya dialami oleh perempuan yang hamil muda.

  2. Asam lambung naik
    Penyebab naiknya asam lambung juga bisa memicu rasa mual seakan mau muntah, untuk mengatasi asam lambung selengkapnya baca ;  Tips sederhana menyembuhkan asam lambung secara alami

  3. Faktor psikologis
    Kejadian yang pernah dialami karena menggosok gigi terlalu kencang sehingga menyentuh bagian tertentu dalam mulut (gusi) yang mengakibatkan rasa mual dan muntah. Kejadian tak disengaja itu bisa menjadikan trauma, sehingga ada rasa khawatir akan muntah saat menggosok gigi. Nah.. fikiran negatif itulah yang bisa menyebabkan rasa mual muncul kembali.

  4. Tenggorokan yang sensitif
    Pada bagian belakang tenggorokan kita mengalami kontraksi yang menghentikan obyek memasuki ke tenggorokan, akhirnya rasa mual muncul karena faktor tadi.

  5. Menggosok gigi terlalu kuat
    Menggosok gigi terlalu kuat sehingga menyentuh bagian ujung gusi juga menjadi faktor timbulnya rasa mual, jangankan tersentuh sikat gigi, tersenggol jari tangan saja bisa timbul rasa mual bagian tersebut, maka berhati-hatilah saat menggosok gigi.

Baca Juga :  Efek Negatif Penggunaan Headset Pada Kesehatan Telinga

Penyebab timbulnya rasa mual dan muntah diatas, kita bisa mengatasi dengan cara yang sederhana saja, yakni ;

  1. Bernafaslah melalui mulut saat menggosok gigi
    Tariklah nafas dalam-dalam saat rasa mual muncul dan ingin muntah, langsung hembuskan dan hindari menahan nafas terlalu lama.

  2. Jangan membuka mulut terlalu lebar
    Berusahalah se-rileks mungkin untuk melemaskan otot-otot disekitar mulut dan tenggorokan. Usahakan menggosok gigi secara perlahan-lahan tanpa membuka mulut. Namun jika memiliki riwayat asam lambung, sebaiknya berkumurlah berulang kali agar zat asam yang ada dimulut bersih dahulu baru menggosok gigi kembali.

  3. Berhati-hatilah saat menggosok gigi
    Jangan menyikat gigi terlalu dalam, karena bisa menyentuh bagian gusi yang sensitif terhadap timbulnya rasa mual dan muntah.

  4. Gantilah sikat gigi
    Penyebab timbulnya rasa mual bisa karena faktor sikat gigi yang sudah rusak atau faktor bulu sikat yang kasar maka segera gantilah sikat gigi dengan yang baru dan memiliki bulu sikat yang lebih lembut, atau ganti juga pasta gigi dengan aroma yang lain sesuaikan dengan selera untuk menghilangkan trauma rasa mual saat menggosok gigi di pagi hari.

  5. Minumlah air hangat
    Agar rasa mual tidak mudah timbul ketika mau menggosok gigi pada pagi hari saat baru bangun tidur, coba berkumurlah terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat dan menggosok gigi juga dengan air hangat.

  6. Pakailah obat kumur
    Jika merasa tidak yakin dengan kebersihan gigi karena berhenti menggosok gigi sebagai akibat timbulnya rasa mual sebelum menggosok gigi secara menyeluruh, sebaiknya gunakanlah dengan obat kumur atau tongue scrapers untuk membersihkan gigi. Jika penggunaan tongue scrapers tetap membuat saja merasa mual, maka gunakanlah dental floss untuk membersihkan mulut. Ambil floss sesuaikan dengan kenyamanan saja, lalu sapukan ke lidah dari dalam dahulu baru digeser ke luar. Cara ini cukup efektif berhasil bagi yang memiliki tenggorokan sensitif.

Baca Juga :  Tips Sederhana Cukup Efektif Meredakan Sakit Batuk Secara Alami

Nah ….! Demikian tips sederhana agar mulut kita tetap bersih walaupun rasa mual timbul saat menggosok gigi pada pagi hari ketika baru bangun tidur, selanjutnya bagi para ahli dibidangnya atau yang pernah mengalami, ditunggu ya komentarnya untuk dishare agar bermanfaat untuk yang sedang menderita keluhan tersebut. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *