Menu Minuman Yang Baik Dan Aman Saat Berbuka Puasa

Menahan makan dan minum dari fajar hingga matahari terbenam saat berpuasa tentu mengakibatkan tubuh menjadi lemas karena kekurangan banyak cairan. Berpuasa sebulan penuh pada bulan ramadhan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim, dengan berpuasa sesuai sesuai syarat dan rukun puasa maka akan mendapatkan pahala serta manfaat lain yang luar biasa dalam kehidupan.

Bagi muslim kultural atau muslim yang hanya mengikuti adat istiadat serta kebiasaan keluarga secara turun temurun saja tanpa mengetahui secara ilmiah tentang manfaat salah satu rukun islam yaitu melaksanakan puasa di bulan ramadhan, mudah-mudahan artikel ini menambah pengetahuan kita semua tentang hikmah berpuasa ramadhan sehingga ibadah puasa tidak hanya mendapatkan lapar dan haus saja melainkan mendapatkan pahala dan hikmah lain seperti kesehatan.

Menjalankan ibadah puasa yang sesuai dengan syarat dan rukun, ternyata banyak sekali hikmahnya yang mungkin selama ini belum kita sadari,  berikut ini diantara hikmah menjalankan ibadah puasa ramadhan yang belum kita sadari antara lain sebagai ;

  1. Sarana menambah ketakwaan kepada Alloh Subhanahu Wata’ala
  2. Sarana menambah rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Alloh Subhanahu Wata’ala
  3. Sarana untuk mengendalikan hawa nafsu
  4. Sarana meningkatkan berzdikir dan berfikir akan keagungan dan kebesaran Alloh Subhanahu Wata’ala
  5. Meningkatkan rasa kasih sayang sesama manusia dengan menambah zakat, infaq serta sedekah
  6. Sarana untuk meningkatkan kesabaran dalam menjalani hidup
  7. Sarana menjaga kesehatan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit

Hikmah berpuasa sebulan penuh di bulan ramadhan memang luar biasa, bahkan oleh para ulama disebutkan bulan puasa ramadhan merupakan sarana ibadah yang langsung di kontrol oleh Alloh Subhanahu Wata’ala sehingga ibadah puasa memang dikategorikan ibadah yang istimewa. Ibadah yang istimewa ini akan dirasakan hikmahnya bagi muslim yang benar-benar menjalaninya dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Masih banyak muslim yang menjalankan ibadah puasa yang hanya sekedar menjalankan kewajiban sehingga hanya merubah jadwal makan dan minum saja dari siang hari menjadi malam hari, bahkan kalau di kalkulasi jumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi di bulan ramadhan lebih banyak daripada pada bulan biasa. Hal ini bisa diperhatikan dari jumlah belanja makanan dan minuman di bulan ramadhan yang lebih boros daripada bulan-bulan lainnya, untuk itu agar dalam menjalankan ibadah puasa ini tidak hanya sekedar merubah jadwal makan dan minum saja maka jalanilah ibadah puasa ini dengan mengkonsumsi jumlah makanan serta minuman yang sewajarnya saja atau seperti menu pada hari-hari biasa sehingga ibadah puasa benar-benar bisa dinikmati dengan sabar dan ikhlas. Sebagai contoh ; dianjurkan saat berbuka puasa atau takjil untuk mengkonsumsi se biji kurma, setelah mengkonsumsi kurma dianjurkan untuk meminum terlebih dahulu sebelum makan nasi, apa saja minuman yang sangat dianjurkan pada saat berbuka puasa agar tubuh tetap sehat ?

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengatasi Kebiasaan Buruk Mendengkur atau Ngorok

Berikut berbagai minuman yang baik untuk diminum setelah seharian tubuh tidak mendapatkan asupan cairan, antara lain adalah ;

1. Air Putih
Minuman yang paling menyehatkan tubuh adalah air putih, dengan meminum segelas air putih saja akan mengganti cairan yang hilang setelah berpuasa. Kandungan mineral dan oksigen pada air putih berfungsi mengoptimalkan kinerja tubuh dan menjaga tubuh tetap stabil sehingga minum air putih merupakan pilihan minuman yang paling aman, seperti diketahui ada beberapa jenis minuman lain yang memiliki rasa dan efek diuretik atau memiliki efek sering buang air kecil sehingga bisa mengganggu kesehatan apalagi di bulan puasa.

2. Air Kelapa
Berbuka puasa dengan meminum air kelapa memang paling nikmat, selain memiliki rasa manis alami dan menyegarkan, air kelapa juga sangat menyehatkan. Rasa manis air kelapa mengandung gula yang dapat mengembalikan kadar gula dalam darah dengan cepat dan aman diminum, sehingga energi yang terkuras seharian akan segera pulih. Air kelapa juga merupakan sumber elektrolit alami yang mengandung banyak nutrisi, yaitu vitamin, mineral (kalium, magnesium, natrium dan fosfor), asam amino, antioksidan dan ditonutrien. Jadi, meminum air kelapa saat berbuka puasa tidak hanya dapat mengembalikan cairan tubuh namun juga menyehatkan tubuh. Selain itu, air kelapa juga ampuh mengurangi rasa lapar, sehingga mencegah makan berlebihan saat berbuka dan hal ini sangat cocok bagi yang sedang memiliki program diet.

3. Teh Manis
Minuman ini merupakan salah satu minuman yang cukup favorit disajikan saat berbuka puasa. Kondisi tubuh yang lemas setelah berpuasa seharian memang butuh asupan gula untuk memulihkan energi tersebut. Namun sebaiknya hindari menuangkan gula pasir dalam jumlah yang banyak saat membuat teh. Sebagai pertimbangan dalam tiap 200 cc atau satu gelas air hangat, maksimal gunakan 1 sendok makan gula pasir karena mengkonsumsi gula terlalu banyak justru akan membuat gula darah naik secara drastis. Efeknya, tubuh menjadi kaget yang justru menjadikan tubuh malah menjadi lemas.

Baca Juga :  Yuk! Mengenal Berbagai Manfaat Sayuran Daun Pepaya Jepang Bagi Kesehatan

4. Jus Buah
Berbuka puasa dengan jus buah juga baik bagi kesehatan, banyak jenis buah-buahan yang memiliki kandungan air yang tinggi dan aman dikonsumsi saat berbuka puasa, seperti Pepaya,  Tomat, Apel, Sawo, Semangka, Melon, Jeruk, Mangga, Belimbing dan lainnya. Selain mengandung air yang tinggi jenis buah-buahan tersebut juga mampu menghilangkan rasa haus setelah seharian berpuasa. Buah-buahan juga dikenal mengandung banyak vitamin, sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menjaga daya tahan tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Dianjurkan minum jus buah tersebut tanpa tambahan gula agar tubuh kembali segar dan bertenaga.

5. Susu
Minum susu saat berbuka puasa, juga sangat baik bagi kesehatan setelah seharian menjalankan ibadah puasa. Minuman yang satu ini selain memiliki rasa yang enak dan mengenyangkan, juga kaya akan kalsium dan vitamin D, sehingga dengan meminum susu saat berbuka puasa juga akan membantu segera memulihkan energi yang hilang.

6. Madu
Meminum madu saat berbuka puasa juga baik dan aman untuk segera memulihkan cairan tubuh yang hilang setelah seharian menjalankan ibadah puasa, madu bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampurkan dengan air hangat.

Bulan suci ramadhan juga merupakan salah satu bulan yang penuh dengan keampunan serta bulan penuh dengan pelipatgandaan pahala, untuk itu dalam menjalani ibadah ini dengan penuh rasa kesabaran dan keikhlasan niscaya akan banyak hikmah yang bisa diperoleh, menjalani ibadah puasa sesuai dengan syarat dan rukun ternyata juga mendidik muslim menjalani pola hidup ngirit atau hemat.

Dengan menerapkan pola hidup ngirit di bulan ramadhan akan menambah nilai sedekah pada orang lain, dengan banyaknya sedekah kepada yang membutuhkan tentu akan menambah rasa bersyukur kita kepada Alloh Subhanahu Wata’ala. Salah satu rumus untuk menjadi kaya adalah dengan bersedekah, bulan suci ramadhan juga dikenal sebagai bulan sedekah karena di bulan ini banyak muslim yang melakukan sedekah. Nah… hal ini merupakan pelajaran penting yang bisa dipetik kenapa di bulan suci ramadhan disarankan untuk banyak bersedekah. Mudah-mudahan dengan menjalani ibadah puasa sewajarnya sesuai syarat dan rukun puasa seperti makan dan minum saat berbuka maupun sahur menjadikan kebiasaan yang seharusnya juga dilaksanakan di bulan-bulan lainnya.

Baca Juga :  Efek Negatif Kebiasaan Minum Kopi Dalam Kondisi Perut Kosong Bagi Kesehatan

Kebiasaan bersedekah di bulan ramadhan , mengkonsumsi menu makan dan minum sewajarnya seperti hari biasa pada saat makan sahur maupun berbuka ternyata juga memberikan pelajaran yang penting dalam menjalani kehidupan, sehingga kebiasaan tersebut akan mendidik mental serta pikiran menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *