Penderita Jantung Koroner Wajib Tahu

Jenis Makanan Yang Tidak Boleh di Konsumsi Oleh Penderita Jantung Koroner

Ada berbagai jenis makanan yang harus dihindari oleh pasien penderita jantung koroner dengan tujuan untuk menjaga kondisi kesehatan agar tetap baik serta mencegah menjaga supaya tidak kambuh sewaktu-waktu. Karena makanan yang menjadi pentangan, pada dasarnya memiliki dampak negatif dan dapat berakibat fatal apabila dikonsumsi.
Pengaturan makanan untuk penderita jantung koroner bukanlah tindakan yang berdiri sendiri dan terpisah dari tindakan perawatan serta pengobatan, ketiganya merupakan satu kesatuan dalam proses penyembuhan. Oleh karena itu, tindakan ini merupakan tanggung jawab bersama antara dokter, perawat dan ahli gizi.

” Penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang terjadi karena rusaknya dinding pembuluh darah karena berbagai faktor risiko, seperti radikal bebas yang terkandung dalam rokok, polusi, hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi dan lain sebagainya. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan “

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit jantung koroner:

1. Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji atau dikenal dengan fast food ada baiknya dihindari oleh penderita jantung koroner karena jenis makanan ini justru lebih banyak membahayakan tubuh manusia daripada memberi manfaat. Fast food umumnya mempunyai kandungan gula, trans-fat dan garam yang sangat tinggi, rendah serat maupun gizi. Mengonsumsi fast food dalam porsi besar tidak hanya dapat membahayakan jantung, akan tetapi juga dapat merusak pencernaan, ginjal dan organ hati. Porsi makanan besar akan memaksa tubuh kita untuk bekerja lebih keras dalam mengolah makanan tersebut menjadi sebuah energi. Nilai gizi pada makanan jenis ini cukup rendah namun  menguras tenaga, serta meyebabkan tubuh menjadi cepat merasa lelah setelah makan.

Baca Juga :  Manfaat Dan Efek Negatif Sayur Gambas atau Oyong

2. Minuman Manis dan Bersoda
Minuman yang memiliki kandungan gula yang tinggi seperti soda, minuman berenergi, jus dalam kemasan, minuman, instan, sirop dan sejenisnya perlu untuk dihindari penderita penyakit jantung koroner. Minuman tersebut memiliki kandungan gizi yang rendah dan bahan tambahan lainnya yang dapat memperburuk kesehatan. Jenis minuman bersoda dan sejenisnya juga memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga bisa mengakibatkan berat badan penderita jantung semakin gemuk.

3. Makanan Daging Olahan
Makanan olahan termasuk daging seperti sosis, daging asap, kornet, nugget dan makanan sejenisnya tergolong jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita jantung koroner. Makanan-makanan tersebut mengandung kadar garam dan pengawet yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan resiko jantung koroner. Daging yang telah diawetkan memiliki pengaruh yang sangat buruk terhadap kesehatan.

4. Karbohidrat Olahan
Karbohidrat olahan yang menjadi pantangan untuk penderita jantung koroner diantaranya yaitu biskuit, roti putih, sereal, gula, permen dan mie instan. Makanan tersebut biasanya diolah dengan bahan tambahan yang tidak sehat seperti sodium, frukosa dan trans-fat. Dengan mengkonsumsi frukosa yang tinggi dapat meningkatkan kolesterol LDL, lemak dan alpoliprotein yang menyebabkan penyumbatan arteri di jantung.

Makanan-makanan yang disebutkan diatas merupakan makanan yang banyak mengandung gula dan lemak yang membuat kadar kolesterol dalam darah menjadi tinggi. Seperti yang kita tahu lemak merupakan salah satu penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah. Untuk itu, pantang bagi penderita penyakit jantung koroner untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan tersebut dan sebaiknya mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang baik bagi kesehatan jantung.

Nah,,,! Demikianlah tips dari kami tentang pantangan berbagai jenis makanan untuk penderita jantung koroner yang harus dihindari. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *