Perilaku Ngirit Belanja Yang Justru Tambah Bikin Boros

Banyak sekali kebiasaan yang bisa dilakukan agar pengeluaran tidak lebih besar daripada penghasilan, namun tidak semua kebiasaan ngirit pengeluaran itu menguntungkan keuangan dan justru sebaliknya yakni membikin pengeluaran yang berlebihan alias boros. Kebiasaan ngirit yang justru membikin boros biasanya tidak disadari karena terbawa situasi serta kondisi pikiran serta lingkungan. Oleh karena itu kita perlu memperhatikan tips ngirit yang benar agar tidak terjebak dalam perilaku ngirit yang justru bikin boros.

Manfaat melakukan ngirit pengeluaran bagi yang sudah faham tentu banyak sekali, karena dengan ngirit pengeluaran menjadikan kita bisa menabung lebih banyak demi keperluan dimasa mendatang, apalagi bagi yang memiliki penghasilan pas-pasan harus betul-betul memikirkan bagaimana hidup nyaman dengan kondisi tersebut sehingga kebiasaan menabung harus lebih di giatkan lagi karena hanya dengan rajin menabung, maka pikiran dan hati menjadi lebih tenang sehingga bisa bekerja dengan lebih baik. Mungkin kita pernah melakukan berbagai macam cara agar bisa hidup dengan lebih hemat, namun apakah yang selama ini kita lakukan sudah benar ? serta jangan sampai kita ngirit namun justru di cap pelit. Huuuh….

Artikel ini sengaja kami sajikan sebagai bahan renungan bersama tentang bagaimana menjalani hidup ngirit yang sesuai dengan penghasilan atau pemasukan masing-masing agar yang tadinya di rasa ngirit namun ujung-ujungnya menjadi lebih boros. Kebiasaan ngirit apa saja yang mungkin pernah kita lakukan yang justru bisa membikin pengeluaran lebih besar daripada pemasukan ? Berikut bahan renungan atau evaluasi bagi kita semua (termasuk penulis he he he…) yang tidak kita sadari sehingga yang tadinya mau ngirit namun justru tambah boros, antara lain adalah ;

1. Membeli barang diskon
Kebiasaan memburu barang diskon yang banyak ditawarkan oleh penjual baik secara konvensional atau toko biasa baik supermarket maupun hypermarket dan toko online, merangsang nafsu untuk segera membeli barang-barang tersebut dengan dalih mumpung masih diskon namun biasanya tidak dipikirkan manfaat serta tanggal kadaluarsa untuk jenis makanan sehingga ketika jatuh tempo tanggal kadaluarsa barang yang kita beli masih belum bisa dimanfaatkan atau dikonsumsi, kebiasaan ingin hidup ngirit seperti inilah yang justru membikin pengeluaran menjadi lebih besar.

Baca Juga :  Tips Sederhana Untuk Ngirit Baterai Smartphone Android

2. Membeli secara borongan
Selain memburu barang diskon, kebiasaan memborong dalam jumlah besar sebenarnya juga termasuk membuat pengeluaran justru semakin boros. Kenapa ? Biasanya kita berasumsi bahwa dengan membeli borongan maka harga satuannya akan menjadi lebih murah. Kebiasaan seperti ini umumnya dilakukan ketika kita membeli produk-produk kebutuhan harian seperti produk keperluan mandi, kebutuhan bumbu dapur dan makanan instan atau produk-produk konsumsi keseharian lainnya. Walaupun harga satuan produk menjadi lebih murah namun kebiasaan menyimpan produk-produk kebutuhan harian dalam jumlah terlalu besar justru beresiko tinggi karena biasanya kita sering melupakan tanggal kadaluarsa produk-produk tersebut.

3. Menabung di bank dan hindari kartu kredit
Mungkin anda bingung kenapa menabung di bank justru malah membuat kita menjadi lebih boros ? Ingat !!! ATM dan kartu kredit sebagai salah satu faktor yang menjadikan kita tergoda untuk sering belanja karena melihat barang diskon sebagaimana diatas, untuk itu usahakan memiliki minimal dua rekening dan bedakan rekening yang difungsikan sebagai keperluan belanja bulanan serta rekening yang difungsikan sebagai tabungan di masa mendatang. Khusus untuk rekening yang difungsikan sebagai keperluan di masa mendatang jangan menggunakan fasilitas ATM maupun fasilitas lain yang bisa mempermudah dalam pengambilan uangnya, hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari keinginan atau hasrat nafsu kebiasaan belanja yang tidak penting. Selain itu apabila kita menyimpan uang dalam jumlah kecil di bank maka uang kita tidak terkena beban biaya administrasi dari fasilitas ATM dan lain sebagainya.

4. Jangan mudah tergoda promo barang online
Kebiasaan memanfaatkan kemudahan fasilitas ATM yang kita miliki tanpa memikirkan efek pengeluaran sangat berpotensi menjadikan pengeluaran lebih boros karena fasilitas tersebut tentu akan menarik biaya administrasi dari uang kita yang di bank. Seperti kita membeli barang secara online yang harganya sedang mengadakan promo dan memang lebih murah daripada di toko biasa namun coba dikalkulasi kembali biaya ongkos kirim serta administrasi di bank kita ? Kalau ternyata harganya lebih mahal dengan harga di toko umumnya maka kebiasaan yang kita anggap lebih ngirit ini perlu kita renungkan kembali.

Baca Juga :  Tips Sederhana Ngirit Konsumsi BBM Pada Kendaraan

5. Mencari harga termurah
Walaupun tujuannya mencari barang yang harganya termurah demi ngirit, namun biasanya kita membeli barang-barang tersebut tanpa memperhatikan kualitas yang penting dapat harga murah. Pola pikir seperti ini sebenarnya justru membuat kita menjadi lebih boros. Kenapa ? Barang yang dijual dengan harga yang lebih murah dari umumnya tentu kualitas barang tersebut juga dibawah standart, walaupun kita membeli dengan lebih murah tetapi karena kualitas barang yang dibawah standart sehingga barang yang kita beli tidak tahan lama alias cepat rusak. Nah …! hal itulah yang menyebabkan kenapa membeli barang yang murah demi ngirit justru menjadikan lebih boros.

Selain contoh diatas, masih banyak contoh lain yang menjadikan kita lebih boros dengan kebiasaan ngirit yang kurang tepat. Kebiasaan ngirit yang tepat menurut kami adalah selalu bijak dalam mengambil keputusan untuk mengeluarkan anggaran sesuai dengan peruntukan dan jumlah kebutuhannya serta memperhatikan kualitas barang yang mau kita beli. Sehingga anggaran yang kita keluarkan dapat di minimalkan dengan berbagai pertimbangan sehingga pengeluaran selalu berada dibawah pemasukan.

Dengan demikian apabila kita sudah bisa mengatur keuangan dengan menyadari bahwa agar bisa ngirit dalam pengeluaran belanja, setidaknya kita bisa menambah rekening tabungan demi keperluan di masa mendatang. Mudah-mudahan contoh kebiasaan ngirit yang justru bikin boros sebagaimana di atas menjadikan bahan renungan bagi kita semua agar bisa lebih baik di masa mendatang.  Mungkin pembaca yang budiman memiliki contoh lain tentang kebiasaan ngirit yang justru bikin boros silahkan di share saja ya !!!!! Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *