Sembukan Sebagai Pemicu Kentut

Sembukan…. Hemmm ! Tanaman yang biasanya merambat pada tanaman lain yang memiliki bau khas tidak sedap dan bahkan disebut dengan tanaman pemicu kentut ini banyak tersebar di seluruh nusantara. Tanaman sembukan sejak nenek moyang dijadikan sebagai senjata andalan untuk mengusir masuk angin serta berbagai macam penyakit lain sehingga tanaman ini selalu dipelihara untuk dijadikan obat alami.

Tanaman menjalar ini tergolong tanaman yang tahan terhadap berbagai musim bahkan pada musim kemarau pun tanaman ini masih bisa bertahan hidup namun daunnya tidak begitu banyak sebagaimana pada musim hujan,  akan tetapi bila menginginkan tanaman ini tetap memiliki daun yang banyak, maka yang diperlukan adalah cukup dengan disiram air pada akarnya saja maka tanaman ini akan kembali bertunas daun nya. Selain bisa tumbuh di pekarangan rumah dengan merambat pada tanaman lain, sembukan juga banyak tumbuh liar di semak belukar, di pinggiran sungai, bahkan di hutan belantara.

Nama sembukan di berbagai daerah berbeda-beda seperti gumi siki di ternate, bintaos di madura, ji shi teng di china, sembukan di jawa dan Paederia scandens bahasa latin. Sembukan bisa dikonsumsi dengan berbagai cara atau model masakan seperti ;

1. Botokan atau Buntil
Daun sembukan yang dikonsumsi dengan masakan botokan atau buntil di iris halus, biasanya ditambah dengan teri, tempe yang sudah membusuk, dicampur dengan parutan kelapa dan rempah-rempah dapur yaitu cabai, bawang putih dan garam. Semua bahan tadi dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus sampai matang, sebagai tanda kalau botokan sudah matang akan tercium bau khasnya yang cukup menyengat serta daun pembungkus sudah layu.

2. Trancaman
Model sayur trancam umumnya seluruh bahan sayur dikonsumsi secara mentah. Adapun bahan yang diperlukan sebagai bahan utama adalah daun sembukan, lamtoro, daun jinten, daun jeruk purut muda, kecambah, mentimun, daun keningkir muda, dan batang bawang merah. Seluruh bahan tersebut di cuci bersih kemudian di iris halus dan dicampur dengan parutan kelapa muda yang diberi bumbu dapur seperti cabai, bawang putih, kencur dan garam. Seluruh bumbu dapur digerus halus kemudian dicampur dengan parutan kelapa muda, kemudian bumbu siap dicampurkan dengan bahan sayuran mentah yang sudah di iris halus dan di cuci bersih tadi dan tinggal di santap saja bersama nasi putih.

Baca Juga :  Tips Sederhana Agar Terhindar Dari COVID-19

3. Minuman
Jenis tumbuhan ini selain bisa dikonsumsi dengan cara di bikin botokan atau buntil dan trancaman sebagaimana di atas, tanaman ini juga bisa dikonsumsi dengan diminum baik dijadikan jus maupun diperas airnya. Untuk mendapatkan airnya sebagai sarana penyembuhan caranya adalah daun sembukan di cuci bersih kemudian ditumbuk halus dan diperas airnya. Air perasan tersebut bisa langsung diminum, hal ini biasanya dilakukan sebagai penyembuhan penyakit perut kembung yang akut.

4. Bobokan
Selain bisa dikonsumsi dengan berbagai model diatas, tanaman ini bisa juga dijadikan sebagai penyembuhan berbagai penyakit dengan cara dijadikan bobokan. Caranya adalah cukup dengan di tumbuk halus dan sedikit ditambah garam, kemudian dijadikan bobokan pada bagian tubuh yang sakit, selain itu batang sembukan juga bisa dililitkan pada perut yang kembung.

Efek setelah mengkonsumsi sembukan ditandai dengan buang angin atau kentut berulang kali dan menebarkan bau khas busuk seperti kotoran BAB, untuk itu bagi yang sedang memiliki aktivitas di ruangan tertutup seperti ruangan ber AC sebaiknya untuk menagguhkan beberapa saat agar bau kentut kembali normal agar tidak mengganggu orang lain.

Selain sebagai andalan untuk mengobati masuk angin, sembukan oleh nenek moyang juga banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Manfaat dan penyakit apa saja yang dapat di sembuhkan dengan daun sembukan ? Berikut ini beberapa penyakit serta cara menyembuhkan dengan daun dan batang sembukan, antara lain adalah ;

1. Susah buang gas
Mengatasi susah buang gas dapat menggunakan batang maupun daunnya, caranya adalah cukup dengan melilitkan batang tumbuhan yang panjang bagaikan tali ini pada perut sebagai sabuk. Kemudian daun sembukan dimakan secara langsung atau di olah sebagaimana di atas sebagai trancam atau lalapan mentah.

Baca Juga :  Efek Negatif Kebanyakan Makan Mentimun Pada Kesehatan

2. Gangguan pencernaan
Penyakit akibat gangguan pencernaan seperti perut kembung, sakit lambung, disentri bisa disembuhkan dengan memanfaatkan tumbuhan ini dengan diolah sebagaimana diatas sesuai dengan selera masing-masing secara rutin dan dalam jumlah sewajarnya maka niscaya berbagai macam penyakit gangguan pencernaan tersebut akan segera teratasi.

3. Penyakit kulit
Berbagai penyakit kulit seperti gatal–gatal, eczema, neurodermatitis bisa juga disembuhkan dengan memanfaatkan daun tanaman ini. Caranya adalah manfaatkan dari daun dan batang tanaman ini dengan di bikin bobokan dan di balurkan pada kulit yang sakit.

4. Cacar Ular
Penyakit cacar ular atau lebih dikenal dengan herpes ini bisa disembuhkan pula dengan memanfaatkan sembukan. Caranya adalah sembukan dibikin bobokan kemudian balurkan bobokan tersebut pada daerah sekitar cacar ular.

5. Sakit mata
Sembukan juga bisa dimanfaatkan sebagai penyembuhan penyakit mata seperti mata bengkak dan perih. Caranya adalah cuci daun sembukan secukupnya lalu rebus menggunakan air sampai mendidih. Setelah mendidih, paparkan mata pada uap air rebusan tadi. Selain itu, ambil daun sembukan selagi masih hangat dan bungkus dengan kain dan kompres kan pada bagian mata yang sakit sampai tidak hangat lagi. Lakukan hal ini sampai sampai rasa sakit mereda.

Kandungan kimia sembukan cukup luar biasa yakni asperuloside, deasetilasperuloside, paederoside, scanderoside, asam paederosidik, danarbutin. Selain itu sembukan juga mengandung gamma sitosterol, asam oleanolik dan minyak asiri sehingga sembukan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dalam mengusir berbagai virus jahat yang menyerang tubuh. Manfaat mengkonsumsi sembukan selain sebagai andalan menyembuhkan masuk angin ternyata juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit sebagaimana diatas, efek sembukan ternyata juga bisa melancarkan kencing, membersihkan dahak, menambah nafsu makan, antibiotik serta melancarkan aliran darah.

Baca Juga :  Benarkah Mengkonsumsi Bawang Putih Tunggal Bisa Membangkitkan Libido ?

Mudah-mudahan budaya memanfaatkan tanaman obat yang banyak tersebar di seluruh nusantara termasuk sembukan  sebagai penyembuhan alami terhadap berbagai macam penyakit sejak nenek moyang, mudah-mudahan tetap menjadi tradisi sampai kapan pun, sehingga penyembuhan alami yang murah dan hemat biaya ini menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, khususnya masuk angin.

Dengan menyadari ternyata banyak tanaman obat yang bisa tumbuh di seluruh wilayah nusantara mudah-mudahan memberikan inspirasi kepada kita semua akan tradisi nenek moyang agar tidak di ambil alih oleh bangsa lain yang memanfaatkan rempah-rempah nusantara sehingga di klaim sebagai obat herbal atau alami milik mereka. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *