Tips Berbagai Cara Mengusir Lalat Secara Efektif

Menaruh sepiring buah-buahan di meja makan tentu terlihat indah dan menarik, tentunya juga akan mengundang selera makan kita, apalagi buah-buahan itu juga tergolong makanan yang menyehatkan dan sangat baik untuk kesehatan. Namun buah-buahan yang ada diatas meja makan juga menarik perhatian pula dari serangga yang namanya lalat, karena aromanya yang manis dan harum. Biasanya untuk menutupi buah-buahan yang terhidang diatas meja makan menggunakan tudung saji, agar tidak dihinggapi oleh lalat, namun lalat biasanya akan tetap beterbangan di atas meja makan yang menjadikan pemandangan tidak sedap dipandang. Itu hanya contoh bagaimana serangga ini hadir ditengah-tengah meja makan kita, ada banyak faktor yang menyebabkan lalat mendatangi atau hinggap di makanan kita, agar lalat menjauh dari makanan, kita tentu harus mengusirnya dengan berbagai cara, untuk itu silahkan simak tips berbagai cara mengusir lalat agar menjauh berikut ini ;

1. Carilah Sumbernya
Mengatasi lalat sebaiknya diawali dengan mencari sumber penyebabnya agar lalat tidak terus berdatangan. Sumber utama yang mengundang lalat biasanya dari makanan yang membusuk atau hewan serangga laen yang mati. Periksa seluruh ruangan, perhatikan arah terbangnya si lalat. Kalau menemukan sesuatu yang membusuk baik itu dari sisa makanan atau hewan rumah seperti cicak, tikus yang mati, segera buang ke tempat sampah di luar rumah, jangan lupa bersihkan lokasinya dengan disinfektan agar lalat tidak mendatanginya lagi.

2. Bersihkan Area yang disenangi Lalat
Perhatikan saluran pembuangan air baik di tempat mencuci piring atau bak sampah yang ada dalam rumah, karena tempat-tempat seperti itu merupakan tempat lalat untuk berkembang biak. Untuk itu, kalau masih ada sisa-sisa makanan yang membusuk di saluran air atau yang menempel di dinding, juga di bak sampah harus segera dibersihkan dengan cara menuangkan cairan pembersih yang mengandung klorin ke tempat cucian piring kemudian siram dengan air panas untuk membersihkan kotoran di saluran air dari sisa makanan. Kalau lalat masih sering beterbangan di tempat tersebut, perlu juga untuk mencuci bak sampah atau dilap menggunakan cairan disinfektan, seperti Cif Spray Serbaguna dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengusir Kecoa Dan Semut Dari Dalam Mobil

3. Menggunakan Daun Pandan
Daun pandan, selain memiliki aroma yang wangi untuk pengharum makanan, ternyata aroma wangi daun pandan juga bisa untuk mengusir lalat. Caranya cukup mudah kok, kita cukup siapkan beberapa helai daun pandan, kemudian di iris-iris halus, kemudian letakkan irisan daun pandan tadi pada mangkuk atau piring. Tempatkan piring atau mangkuk tadi di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

4. Menggunakan Bunga Lavender
Bunga ini selain dapat di manfaatkan untuk mengusir nyamuk,  ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir lalat. Dengan menempatkan beberapa tangkai bunga Lavender di dalam rumah, sudah cukup untuk mengusir lalat. Manfaat lain menempatkan bunga ini dalam rumah selain bisa untuk menjauhkan lalat, bunga-bunga lavender ini juga bisa mempercantik tampilan ruangan rumah.

5. Menggunakan Biji Cengkeh
Aroma wangi cengkeh ternyata cukup efektif juga untuk mengusir lalat. Adapun cara memanfaatkan wewangian tanaman katagori rempah yang satu ini untuk mengusir lalat adalah dengan merendam biji cengkeh secukupnya pada semangkuk air, lalu letakkan rendaman cengkeh tersebut pada tempat yang banyak dihinggapi lalat. Untuk mendapatkan aroma wangi yang lebih tajam dalam ruangan, sekaligus berfungsi untuk mengusir lalat, maka padukan aroma wangi cengkeh dengan buah apel. Adapun caranya adalah, siapkan satu buah apel yang sudah matang, kemudian lumuri seluruh permukaan apel dengan cengkeh dengan cara menusukkan bunga-bunga cengkeh ke permukaan kulit apel. Kemudian letakkan apel yang sudah terutup oleh bunga cengkeh tadi di atas meja yang sering dihinggapi lalat. Lihat hasilnya ? Lalat akan enggan mendekat.

6. Menggunakan Jeruk Lemon
Potong-potonglah jeruk lemon menjadi beberapa potongan, bisa langsung dibelah menjadi dua atau empat potong. Kemudian tancapkan bunga cengkih kering pada tiap potongan. Aroma yang ditimbulkan dari paduan jeruk lemon dan bunga cengkih akan membuat lalat menjauh dari lokasi dimana kita menempatkan. Selain untuk mengusir lalat, perpaduan aroma yang tajam dari jeruklemon dan bunga cengkih ini juga efektif untuk mengusir serangga yang lain di rumah.

Baca Juga :  Efek Negatif Terlalu Banyak Minum Kopi Bagi Kesehatan

7. Menggunakan Daun Kemangi
Kemangi termasuk tanaman obat, juga menjadi bahan bumbu dapur yang banyak digemari oleh masyarakat. Aroma daun Kemangi juga efektif untuk mengusir lalat. Dengan metakkan daun kemangi di tempat yang banyak dihinggapi lalat, niscaya lalat akan segera kabur karena aromanya atau tanamlah kemangi di pot dan tempatkan di sekitar rumah agar dapat membantu dalam mengurangi jumlah lalat yang datang.

8. Menggunakan Raket Listrik
Gunakanlah raket listrik yang biasa digunakan untuk membunuh nyamuk, peralatan ini juga bisa digunakan untuk membunuh lalat.

9. Pakailah Kipas Angin
Peralatan elektronik ini tentu juga bisa untuk mengusir lalat yang cukup efektik, dengan menyalakan kipas angin di arahkan ke tempat yang banyak dihinggapi lalat sudah tentu lalat akan tersapu dan pergi karena hembusan kipas tersebut.

10. Menggunakan Lem Lalat
Cara ini juga cukup efektif untuk menagkap lalat, caranya adalah dengan menempatkan lem lalat ditempat yang banyak dihinggapi lalat dengan memberikan umpan berupa makanan yang memiliki aroma kuat seperti ikan dan lain sebagainya.

11.Menggunakan Lilin
Lilin juga dapat digunakan untuk mengusir lalat yang ampuh. Caranya cukup mudah, yakni dengan menyalakan lilin ditempat yang banyak dihinggapi lalat, dengan menyalakan lilin sudah tentu lalat akan kabur dan menjauh, kilatan api, hawa panas serta asap yang dihasilkan oleh lilin terbukti ampuh dapat mengusir lalat.

12. Air Putih dan Kantong Plastik Putih
Kantong plastik jernih yang biasanya untuk mengemas gula putih di isi dengan air putih jernih dan di ikat yang kuat kemudian tempatkan kantong plastik tersebut di tempat yang banyak dihinggapi lalat, ada juga yang menggunakan botol bekas minuman air mineral diisi air putih kemudian digantung ditempat yang banyak dikunjungi lalat.

Baca Juga :  Efek Negatif Akibat Pola Makan Yang Tidak Teratur

13. Gunakan Obat atau Semprotan Pembasmi Serangga
Semprotkan dengan penyemprot pembasmi serangga di tempat berkumpulnya lalat, cara ini sangat efektif namun ada efek kimianya, oleh karena itu berhati-hatilah menggunakan cara ini agar tidak terkena dampak buruk kepada seluruh anggota keluarga terutama pada balita.

Dengan kaburnya lalat dari ruangan khususnya meja makan, tentu keluarga kita juga akan tetap sehat walafiat karena lalat yang menghinggapi meja makan apalagi menghinggapi makanan tentu akan membawa bibit penyakit. Lalat lebih baik diusir daripada menimbulkan penyakit.  Demikian tips berbagai cara untuk mengusir lalat dari ruangan khususnya meja makan, mudah-mudahan bermanfaat  untuk kesehatan kita semua !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *