Tips Memanfaatkan Daun Beluntas Untuk Kesehatan

Beluntas biasanya dijadikan tanaman untuk pagar di pekarangan rumah, ternyata tanaman ini selain menjadi pagar pekarangan juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Tanaman yang banyak sekali cabangnya ini biasanya oleh masyarakat di pedesaan di memanfaatkan untuk di ambil daunnya yang masih muda sebagai sayur-mayur, bisa dijadikan lalapan juga bisa dikukus atau di rebus untuk menambah menu makan. Beluntas memiliki bau khas yang sangat menyengat dan konon nenek moyang dulu cukup mengambil beberapa pucuk daun Beluntas kemudian di remas-remas dan di oleskan pada tubuh untuk menghilangkan bau tubuh.

Kebiasaan nenek moyang kita mengkonsumsi sayur dari daun Beluntas ini ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak sekali manfaat yang bisa di ambil dari daun beluntas seperti ;

  1. Menghilangkan Bau Mulut
  2. menghilangkan Bau Badan
  3. Menyembuhkan Rematik
  4. Menyembuhkan Nyeri Pinggang
  5. menyembuhkan Keputihan
  6. Mengurangi Rasa Pegal Linu
  7. Melancarkan ASI

Tradisi di pedesaan, apabila ada keluarga yang baru saja melahirkan sudah barang tentu menu makan harian bagi ibu yang baru melahirkan tersebut ada Daun Beluntas dan Daun Pepaya, kedua daun tersebut umumnya di rebus secara bersamaan dan khusus untuk Daun Pepaya biasanya di ambilkan dari daun pepaya yang masih muda dari jenis Pepaya Gantung, jenis pepaya ini memiliki bunga banyak sekali dan panjang berwarna putih. Sangat banyak sekali jenis pepaya namun yang sudah melegenda untuk melancarkan ASI adalah jenis pepaya gantung yang memiliki bunga berbeda dari jenis pepaya yang lain.

Alasan nenek moyang kita mengkonsumsi Daun Beluntas yang di rebus bersamaan dengan daun pepaya gantung adalah untuk melancarkan air susu bagi ibu yang baru melahirkan dan mengkonsumsi kedua sayuran ini biasanya sampai benar-benar ASI sudah lancar.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengenal Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan

Tanaman beluntas selain sebagai tanaman untuk pagar pekarangan rumah, tanaman ini juga banyak dijumpai di pesisir pantai namun apabila daun beluntas jarang di petik rasa segarnya sedikit berbeda, semakin sering dipetik daun beluntas ini rasanya semakin segar. Nah…! tidak ada jeleknya apabila kita mengkonsumsi sayuran yang bebas pestisida ini untuk tambahan menu makanan harian kita kan …? mudah-mudahan tips sederhana ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *