Tips Memanfaatkan Gula Pasir Untuk Membersihkan Berbagai Kotoran

Gula merupakan bahan dapur yang selalu tersedia karena dengan gula kita bisa membuat minuman menjadi manis serta menambah lezatnya masakan. Banyak sekali jenis gula yang beredar dipasaran seperti gula merah yang berbahan baku dari nira biasanya nira kelapa dan aren sehingga selain disebut gula merah sering disebut juga dengan gula kelapa maupun gula aren , gula tebu yang berbahan baku dari tebu, gula ini dahulu juga dicetak seperti gula merah dan umumnya sekarang berbentuk pasir sehingga akrab disebut dengan gula pasir.

Gula ternyata bukan hanya sebatas bumbu atau bahan pemanis minuman dan makanan saja, karena ternyata gula juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga lantai dapur maupun kamar mandi agar tetap bersih. Bagaimana caranya ?

Berikut tips sederhana memanfaatkan gula khususnya gula pasir untuk menjaga kebersihan lantai ruangan dapur maupun kamar mandi dari kerak atau kotoran yang membandel, antara lain caranya adalah ;

1. Gula Pasir dan Baking Soda
Siapkan 3 sendok makan gula pasir yang dicampur dengan 1 sendok teh baking soda. Kemudian tambahkan sedikit air hingga jadi campuran padat. Kombinasi antara gula dan baking soda tersebut dapat dimanfaatkan untuk membersihkan meja dapur dari minyak atau kerak-kerak yang sulit dibersihkan terutama pada peralatan memasak seperti wajan atau panci.

2. Gula Pasir dan Air Mawar
Siapkan 3 sendok makan gula pasir dan tambahkan dengan 1 sendok makan air mawar. Kemudian campur hingga gula pasir meleleh dan manfaatkan campuran ini untuk membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari stainles steel. Kombinasi campuran ini selain akan membuat peralatan dapur menjadi bersih juga kembali mengkilap seperti baru.

3. Gula dan Air Lemon
Siapkan 3 sendok makan gula pasir dan perasan jeruk lemon secukupnya. Kemudian campur dan gunakan kombinasi antara gula dan perasan jeruk lemon tersebut untuk membersihkan wastafel atau panci yang digunakan untuk memasak daging atau ikan yang berlemak serta meninggalkan bau amis agar sisa lemak dan bau amis lenyap.

Baca Juga :  Manfaat dan Efek Negatif Kebanyakan Mengkonsumsi Garam Bagi Kesehatan

4. Gula dan Cuka
Lantai dapur atau kamar mandi umumnya kotor dan berkerak, untuk membersihkan lantai tersebut dari kerak atau kotoran yang membandel maka siapkan 3 sendok makan gula pasir dan 4 sendok makan cuka makan. Gunakan kombinasi antara gula pasir dan cuka makan tersebut untuk membersihkan kerak atau kotoran pada lantai. Caranya adalah dengan menggosok kerak memakai campuran tersebut dan biarkan beberapa saat agar kerak mudah dibersihkan. Selain mampu membersihkan kerak pada lantai yang kotor, ternyata campuran ini bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan kerak pada oven yang membandel.

5. Gula dan Jus Tomat
Apabila ada pakaian yang ternoda dari kopi maupun teh, maka silahkan manfaatkan gula pasir dan juz tomat ini untuk membersihkannya. Caranya adalah gosok perlahan-lahan pada pakaian yang terkena noda kopi atau teh tersebut menggunakan juz tomat yang tentu sudah dicampuri dengan gula pasir dengan air hangat agar kotoran noda kopi maupun teh bisa lenyap dan pakaian kembali bersih.

Demikian tips sederhana memanfaatkan gula pasir yang dicampur dengan berbagai buah, bunga maupun bahan dapur lain untuk membersihkan dari berbagai kotoran yang tentu dipastikan lebih aman daripada menggunakan bahan kimia seperti detergen serta bahan kimia lain yang tentu juga membahayakan kesehatan tubuh apabila tidak benar-benar bersih. Mudah-mudahan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *