Tips Memutihkan Gigi Secara Alami, Mudah Dan Murah

Tampil dengan gigi yang putih bersih dan berkilau yang disertai dengan bau mulut segar tentu menjadi dambaan semua orang apalagi bagi kaum milenial, karena tampil dengan gigi yang putih menjadikan lebih percaya diri ketika bergaul dan tersenyum di hadapan orang lain. Namun seiring dengan bertambahnya usia yang disertai dengan kurangnya perawatan terhadap gigi menjadikan tampil kurang percaya diri akibat gigi yang kotor serta berwarna kuning gelap dan disertai bau mulut yang tidak sedap. Hal ini selain mengurangi rasa percaya diri juga menjadikan teman ngobrol akan terganggu karena gigi kotor tersebut tentu mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap.

Bagi yang masih berusia muda dan mempunyai gigi yang putih berkilau sehat serta bau mulut yang masih segar seharusnya bersyukur dan terus menerus merawat mahkota yang satu ini sampai tua renta, karena salah satu penyebab gigi berwarna kuning atau gelap adalah kurangnya perawatan serta kebiasaan buruk yang merusak gigi seperti m3rokok, menggosok gigi tidak teratur serta kebiasaan makan-makanan yang kalau tidak segera dibersihkan dari mulut akan merusak kesehatan gigi seperti makan coklat dan lain sebagainya.

Melakukan perawatan gigi agar kembali sehat dan mengeluarkan bau mulut yang segar sebenarnya cukup mudah, kita cukup pergi ke dokter gigi untuk membersihkan berbagai kotoran gigi atau plak yang menempel pada gigi sehingga gigi akan kembali putih bersih serta berkilau namun apabila perawatan oleh dokter gigi tidak di imbangi dengan perawatan harian maka tidak lama gigi akan kembali berwarna kuning atau gelap serta kembali mengeluarkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu bagi yang masih memiliki gigi utuh dan sehat namun berwarna kuning atau gelap, sebenarnya bisa melakukan perawatan gigi sendiri dengan cara alami, aman, mudah dan murah karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal dengan pergi ke dokter gigi.

Baca Juga :  Tips Sederhana Membuat Racikan Ramuan Pembersih Paru-paru

Berikut berbagai cara alami yang bisa dilakukan agar gigi kembali berwarna putih berkilau dan mengeluarkan bau mulut yang segar sehingga menambah rasa percaya diri dalam pergaulan sehari-hari, adapun tipsnya antara lain adalah ;

1. Lemon dan garam
Gigi bisa kembali putih dengan memanfaatkan gabungan antara jeruk lemon dan garam dapur. Caranya adalah buatlah pasta yang terbuat dari beberapa tetes jeruk lemon atau kulitnya yang sudah di haluskan kemudian di campur dengan sedikit garam dapur, kemudian gunakan secara rutin pasta tersebut ketika menggosok gigi sampai gigi kembali putih berkilau. Pasta gigi dari campuran lemon dan garam dapur ini apabila dilakukan secara rutin dapat menghilangkan kerak atau plak pada permukaan gigi sehingga dengan hilangnya kerak atau plak tersebut menjadikan gigi kembali putih bersih serta berkilau.

2. Buah apel
Buah ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk membersihkan gigi kotor yang berwarna kuning atau gelap. Adapun caranya adalah bersihkan terlebih dahulu apel yang mau kita makan, kemudian gigit apel secara langsung sedikit demi sedikit menggunakan gigi karena dengan digigit secara langsung akan mengakibatkan kotoran gigi tergerus oleh daging buah apel. Proses ini jika dilakukan secara rutin lambat laun menjadikan gigi menjadi putih, selain itu buah apel juga mengandung zat alami yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Jangan lupa setelah makan buah apel menggunakan gigi secara langsung untuk berkumur dengan air putih sebanyak-banyaknya agar kotoran yang sudah terlepas dari gigi bisa terbawa keluar dengan berkumur-kumur tersebut.

3. Biji pinang
Salah satu manfaat biji pinang ternyata juga sangat bagus digunakan untuk memutihkan gigi. Caranya adalah siapkan sebuah biji pinang yang sudah tua, kemudian bakar biji tersebut hingga menjadi arang, kemudian haluskan arang tersebut sampai lembut menjadi abu. Gosokkan serbuk biji pinang ke gigi dengan menggunakan sabut pinang atau kain katun minimal sekali dalam seminggu agar gigi tetap putih bersih serta berkilau.

Baca Juga :  Tips Mengenal Berbagai Jenis Buah Untuk Melancarkan Buang Air Besar

4. Siwak
Banyak sekali manfaat kayu siwak terhadap kesehatan khususnya pada organ mulut kita karena siwak dikenal mengandung zat yang berfungsi menghambat terhadap pertumbuhan bakteri pada mulut. Selain itu siwak juga mampu untuk mengikis plak pada gigi dan mencegah gigi berlobang. Bersihnya plak pada gigi akan menimbulkan warna gigi kembali putih berkilau sehingga bagi muslim dianjurkan menggosok gigi dengan siwak sebelum sholat, dengan menggosok gigi setidaknya 5 kali dalam sehari selain menjadikan gigi nampak putih dan nafas menjadi segar, siwak juga menghambat terhadap pertumbuhan bakteri yang menempel di gigi.

5. Minyak kelapa
Umumnya minyak kelapa dimanfaatkan sebagai perawatan rambut dan kulit, namun ternyata minyak kelapa juga bermanfaat untuk perawatan gigi agar nampak putih berkilau. Kandungan asam laurat pada minyak kelapa ternyata sangat ampuh untuk mengusir bakteri yang menyebabkan terjadinya plak gigi. Kita cukup mengoleskan dengan jari ke seluruh gigi kemudian dibersihkan dengan menggosok gigi seperti biasanya, lakukan hal ini secara rutin tiap hari agar gigi kembali putih bersih dan berkilau. Selain bisa menjadikan gigi putih bersih, minyak kelapa juga bisa menjadikan nafas menjadi segar karena bakteri yang bersemayam dalam rongga gigi menjadi bersih.

6. Strawberry
Buah yang satu ini dikenal mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga bisa membantu menghilangkan plak pada permukaan gigi. Strawberry juga mengandung asam malat yaitu zat pemutih alami yang bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Caranya juga cukup mudah, kita cukup memakan secara langsung buah tersebut agar plak bisa terlepas dari permukaan gigi sehingga dengan hilangnya plak tersebut maka gigi akan nampak kembali putih alami.

7. Jahe
Salah satu rempah-rempah yang biasanya tersedia di dapur ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain dikenal untuk mengusir masuk angin, jahe ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi kita. Caranya pun cukup mudah, kita cukup menghaluskan jahe baik dengan di parut maupun di blender untuk di ambil airnya dan airnya inilah yang kita buat untuk berkumur-kumur agar plak gigi terlepas dan gigi kembali menjadi putih bersih serta berkilau.

Baca Juga :  Mengenal Manfaat Beras Selain Menjadi Bahan Makanan Pokok

8. Kulit pisang
Selain memanfaatkan kulit jeruk lemon untuk memutihkan gigi, kita juga bisa memanfaatkan kulit pisang karena kulit pisang mengandung berbagai mineral seperti potasium dan mangan yang bisa membantu untuk memutihkan gigi. Caranya cukup mudah yakni dengan menggosokkan bagian dalam dari kulit pisang ke seluruh permukaan gigi kemudian berkumur atau menggosok gigi seperti biasanya. Apabila ingin gigi senantiasa putih maka lakukan hal ini secara rutin setiap hari dan cara ini cukup aman murah serta mudah.

Demikian tips sederhana memutihkan gigi dengan cara yang alami, mudah dan murah. Mudah-mudahan tips ini dapat menghemat atau ngirit pengeluaran karena dengan memanfaatkan berbagai bahan yang ada disekitar kita sehingga menjadikan gigi tetap putih bersih serta berkilau tanpa harus pergi ke dokter gigi yang tentu akan mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Gigi yang terawat dari usia dini selain nampak putih, bersih serta berkilau tentu akan menjadikan gigi senantiasa sehat sehingga segala jenis sakit gigi bisa terhindarkan sampai tua, dengan gigi yang sehat niscaya organ yang lain akan tetap sehat karena asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dikunyah secara sempurna oleh gigi yang sehat. Mudah-mudahan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *