Tips Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh Secara Alami

Kebiasaan masyarakat modern dalam kehidupan sehari-hari, seperti kebiasaan bekerja lembur, kurang tidur, memakan makanan cepat saji, merupakan sebagian dari fenomena modern yang tidak sehat.

Faktor lingkungan yang tidak sehat akibat polusi aktifitas masyarakat modern juga turut serta membantu menurunkan kesehatan manusia, sehingga racun yang ada dalam tubuh kita tiap hari pun semakin bertambah.

Lantas apa yang bisa dilakukan disaat seseorang menemukan dirinya dalam kondisi kesehatannya yang terus  mengalami penurunan akibat racun yang ada dalam tubuhnya ?

Tips berikut ini mudah-mudahan bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh secara alami sehingga dapat meningkatkan kesehatan  secara keseluruhan melalui proses membersihkan tubuh dan detoksifikasi. Adapun yang perlu dilakukan agar racun yang ada dalam tubuh bisa keluar secara alami dan kesehatan kembali stabil antara lain adalah ;

1. Jauhi Bahan Kimia

Untuk membersihkan racun tubuh secara alami akan sia-sia jika setiap saat berada pada lingkungan atau makanan yang banyak mengandung racun atau kimia yang membahayakan kesehatan tubuh, untuk itu jauhi lingkungan serta berbagai makanan yang mengandung bahan kimia sedapat mungkin. Dengan mengurangi bahkan menghindari sebisa mungkin dalam  memakan makanan dengan bahan yang mengandung kimia seperti makanan yang mengandung zat aditif, pengawet atau pewarna. Juga jangan menggunakan terlalu banyak make up atau kosmetik pada kulit dengan cream yang mengandung banyak kimia, sebaiknya apabila  memungkinkan, gunakan produk perawatan kulit yang alami saja seperti masker dari beras atau bahan-bahan alami lainnya.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Dengan memperbanyak minum air putih tentunya juga dapat meningkatkan kinerja pencernaan karena meningkatnya fungsi organ hati. Air putih ternyata juga mampu mengeluarkan limbah serta racun yang bersemayam dalam tubuh sehingga air putih memiliki peranan yang sangat penting dalam membersihkan racun tubuh secara alami.

Baca Juga :  Yuk ! Mengenal Berbagai Jenis dan Manfaat Cabai Bagi Kesehatan

3. Mengurangi Makanan Padat

Untuk mengurangi konsumsi makanan padat, kita bisa memilih minimal satu hari dalam seminggu untuk tidak makan makanan padat. Sebaliknya dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan jus buah segar serta memperbanyak minum air putih, dengan membiasakan puasa minimal sehari dalam memakan makanan padat dalam seminggu tentu akan membantu sistem tubuh untuk beristirahat satu hari untuk bekerja keras, sehingga kinerja organ dalam tubuh kita akan lebih fit dalam menjalankan fungsi normalnya.

4. Membiasakan Menjadi Vegetarian

Dengan mengurangi konsumsi daging dan mulai memperbanyak memakan makanan buah-buahan dan sayur-sayuran segar, maka hal ini menjadi salah satu cara yang akan membantu mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh kita.

5. Memakan Makanan Kaya Serat

Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, juga merupakan salah satu cara alami untuk membersihkan usus dari kotoran sisa-sisa makanan. Jadi, marilah kita mulai sekarang untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang berserat tinggi seperti apel, alpukat, pisang, brokoli, kubis, bayam, kacang merah, bawang dan tomat.

6. Memakan Makanan Asam Dan Pahit

Banyak jenis makanan yang rasanya asam dan pahit seperti jeruk, lemon dan pare yang ternyata justru diketahui banyak membantu dalam membersihkan organ hati kita dari berbagai bakteri jahat. Jenis makanan tersebut ternyata juga dapat menghentikan racun yang menyebar ke bagian lain tubuh, serta membantu dalam proses pembersihan kotoran dari dalam tubuh, khususnya organ hati.

7. Rajin Berolah Raga

Dengan berolah raga yang teratur tentunya bisa membantu sistem tubuh dalam membuang racun melalui keringat. Selain itu, olah raga juga bisa membuat berat badan tetap terkontrol, serta meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh dan memperkuat fungsi jantung serta paru-paru.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mencegah Timbulnya Sakit Gigi

8. Jauhi Stres

Stres dan kecemasan yang berlarut-larut diketahui juga memiliki efek buruk pada kesehatan. Jadi, melakukan manajemen stres seperti bernapas dalam, yoga dan meditasi secara teratur akan membantu proses pembersihkan kotoran dari dalam tubuh.

9. Menjaga Kebersihan Tubuh

Membersihkan tubuh dari luar harus dikombinasikan dengan menjaganya agar tetap bersih dan higinis dari dalam.  Caranya adalah, mandi setiap hari dan dan sikat gigi dua kali sehari,  lakukan juga eksfoliasi tubuh seminggu sekali untuk menghilangkan kulit mati.

Salah satu resep body scrub untuk eksfoliasi (pengelupasan kulit mati) umumnya adalah dengan mencampur bahan dari gula pasir, minyak zaitun, minyak kelapa, madu dan jus nanas dalam jumlah yang sama. Kemudian dalam melakukan eksfoliasi bisa dengan menggosok-gosok campuran tadi di atas kulit yang rawan mengelupas selama minimal dua puluh menit dan kemudian mandi.

Demikian tips sederhana dalam menjaga kesehatan tubuh dari racun sisa makanan yang tidak terserap oleh sistem tubuh yang apabila dibiarkan dan berlangsung dalam waktu yang lama bisa menimbulkan penyakit, Semoga tips sederhana ini bermanfaat ! Ingat ;;; AKAL YANG SEHAT TERLETAK PADA FISIK ATAU BADAN YANG SEHAT PULA

2 Comments on “Tips Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh Secara Alami”

    1. Banyak sekali efek negatif bagi kesehatan tubuh akibat stress, oleh karena itu marilah kita jalain hidup ini dengan rileks aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *