Tips Menyembuhkan Sakit Gusi Bengkak Menggunakan Bahan Alami

Gusi bengkak termasuk salah satu penyakit yang cukup mengganggu dalam beraktifitas sehari-hari, salah satu contoh adalah gusi bengkak biasanya juga menimbulkan bau mulut yang tidak sedap sehingga akan mengganggu patner bicara. Selain menimbulkan efek bau mulut yang tidak sedap, sakitnya juga luar biasa sehingga untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan tentu akan menjadi terganggu. Bahkan kini diantara kita ada yang mungkin sedang mengalami gusi bengkak. Rasanya pasti sangat sakit sekali, terasa berdenyut bahkan sampai ke bagian kepala seakan-akan mau pecah dan penyakit ini juga sering kambuh ketika musim dingin tiba. Jadi selain sakit gigi, gusi bengkak juga termasuk penyakit yang rasanya sulit dibayangkan …???

Gusi bengkak biasanya didahului sakit gigi atau bisa juga sebaliknya yaitu gusi bengkak kemudian timbul sakit gigi, hal ini bisa terjadi karena gusi merupakan suatu jaringan kokoh sebagai tempat atau wadah gigi sehingga apabila sistem sarafnya sedikit terganggu tentu akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dan berimbas pada sistem jaringan pada organ lainnya. Oleh karena itu jika sedang mengalami gusi bengkak tidak heran akan menimbulkan rasa sakit pada organ lainnya.

Penyakit ini dianggap suatu penyakit yang sudah umum terjadi ditengah-tengah masyarakat. Biasanya ditandai dengan pembengkakan, menggelembung atau menonjol pada bagian gusi dan bahkan benjolan gusi bengkak bisa membengkak sampai menutupi gigi.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara menyembuhkan gusi bengkak dengan bahan alami, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu tentang berbagai penyebab yang bisa mengakibatkan gusi bengkak, karena antara satu penderita dengan penderita lainnya tentu penyebabnya juga berbeda-beda. Yang pasti timbulnya sakit gigi maupun gusi bengkak serta penyakit seputar mulut umumnya diakibatkan oleh kebiasaan buruk yang kita lakukan sejak usia masih muda serta kurangnya perawatan terhadap organ penting tersebut.

Kenapa Gusi Bisa Bengkak ?

Umumnya penyebab gusi bengkak adalah menumpuknya kotoran atau limbah makanan atau minuman yang menempel pada gigi yang biasa oleh dokter gigi disebut dengan plak (karang) gigi. Plak yang sangat lengket itu umumnya terbentuk dalam waktu yang cukup lama pada saat proses makan dan minum. Plak yang terus menerus menempel pada gigi apabila dibiarkan berpotensi menimbulkan bakteri yang akhirnya dapat menganggu kesehatan gigi dan gusi.

Berbagai efek negatif akibat flak gigi tersebut apabila dibiarkan akan menimbulkan berapa kondisi dimana gejalanya bisa berupa gusi bengkak, antara lain gingivitis atau gusi yang meradang dan memerah serta membengkak, infeksi virus atau jamur, serta kekurangan asupan gizi atau skorbut akibat rasa yang tidak nyaman ketika mengkonsumsi makanan. Skorbut sendiri merupakan kondisi tubuh yang kekurangan vitamin C.

Tidak hanya itu saja, gusi bengkak juga dapat disebabkan karena ; adanya pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi yang tidak tepat, sensitivitas terhadap penggunaan pasta gigi tertentu atau cairan kumur mulut bahkan bisa disebabkan karena efek obat-obatan tertentu.

Baca Juga :  Tips Sederhana Meredakan Sakit Gigi Dengan Bahan Rempah

Setelah memahami gejala awal timbulnya gusi bengkak sebagaimana diatas, kita bisa menyembuhkannya dengan cara yang tepat. Untuk itu simak tips menyembuhkan gusi bengkak dengan cara alami yang mudah, murah dan tentu ngirit biaya karena akan memanfaatkan bahan-bahan alami yang banyak tersedia di sekitar kita, berikut ini ;

1. Menemukan penyebabnya
Mengetahui penyebab gusi bengkak hukumnya wajib karena bertujuan agar kita bisa mengatasi gusi bengkak secara optimal. Coba ingat-ingat kembali apa saja yang akhir-akhir ini dilakukan sehingga menimbulkan gusi menjadi bengkak.

Mungkin apakah mengganti pasta gigi dengan merk yang baru, mengganti obat kumur dengan merk lain, atau karena efek mengkonsumsi obat-obatan tertentu.  Kalau sudah menyadari atau menemukan penyebabnya, segera atasi dengan mengembalikan seperti semula.

Misalnya jika penyebab gusi bengkak adalah pasta gigi atau obat kumur, maka kita bisa menggantinya dengan yang lebih cocok atau kembali ke merk biasanya.

2. Jaga kebersihan gigi dan mulut
Kalau gusi bengkak masih tergolong ringan, sebaiknya segera ditangani dengan cara memberikan perhatian lebih khusus pada kebersihan organ pada mulut. Menjaga kebersihan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan cara ;

Rajin menggosok gigi minimal 2 kali sehari yaitu pada pagi hari setelah makan dan sore atau malam hari sebelum tidur. Tips apabila sedang mengalami gusi bengkak usahakan mengganti atau memakai sikat gigi yang lembut dan sikat secara perlahan dengan gerakan melingkar flossing atau membersihkan gigi dengan memakai benang khusus gigi. Jangan lupa membiasakan untuk berkumur-kumur setelah makan untuk membuang sisa makanan yang mungkin tidak terjangkau oleh sikat gigi dan apabila diperlukan gunakan obat kumur yang sudah terkenal akan kualitasnya.

3. Berkumur dengan air garam hangat
Berkumur dengan air garam sebenarnya termasuk salah satu cara yang cukup manjur dalam  menyembuhkan gusi bengkak yang sudah kuno. Namun meski demikian, sampai sekarang cara ini masih efektif untuk meredakan gusi bengkak dengan cepat, aman dan ngirit biaya.

Seperti diketahui bahwa garam memiliki sifat anti bakteri yang tentunya dapat membunuh bakteri yang menyebabkan gusi bengkak. Bahkan garam juga kaya dengan kandungan anti-inflamasi yang dapat menenangkan radang gusi.

Cara memanfaatkan garam untuk mengatasi gusi bengkak adalah dengan menyeduh air hangat sebanyak 1 gelas bersama dengan satu sendok teh garam dapur. Aduk-aduk hingga semua garam larut sempurna. Gunakan seduhan air tersebut untuk berkumur selama kurang lebih satu menit dengan fokus utama pada gusi bengkak. Lakukan terapi ini sebanyak 4-5 kali dalam sehari agar gusi bengkak segera sembuh.

4. Perbanyak minum air putih
Tidak semua jenis minuman itu baik untuk kesehatan terutama pada kesehatan gigi dan gusi kita. Minuman yang mengandung tinggi glukosa seperti soda, kopi, teh serta minuman  beralkohol ternyata menjadi pemicu utama terhadap  kerusakan pada gigi serta mengakibatkan radang gusi. Oleh sebab itu, jika saat ini sedang menderita gusi bengkak sebaiknya segera jauhi atau hindari berbagai jenis minuman tersebut.

Baca Juga :  Penderita Jantung Koroner Wajib Tahu

Sebagai gantinya agar gusi bisa segera sembuh dari bengkak maka dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih akan jauh lebih baik. Karena dengan memperbanyak minum air putih selain dapat mencegah pembentukan plak atau karang gigi setelah makan, tentu akan mengurangi resiko lebih parah gusi bengkak.

5. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan D
Gusi bengkak bisa diakibatkan karena kekurangan vitamin C dan D pada asupan makanan. Oleh karena itu, untuk menyembuhkan serta menjaga agar gusi maupun gigi tetap sehat maka mulai sekarang memperbanyak mengkonsumsi makanan yang tinggi vitamin C seperti lemon, jeruk, anggur, kiwi, mangga, pepaya, dan  keluarga buah berri. Seperti diketahui bahwa vitamin C merupakan antioksidan yang dapat mempromosikan pertumbuhan jaringan ikat dan regenerasi tulang, sekaligus dapat menjaga kesehatan gusi.

Selain menambah vitamin C, perbanyak pula jenis asupan yang banyak mengandung vitamin D. Jenis vitamin ini memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan  gusi bengkak dan mencegah kambuh di kemudian hari. Vitamin D dapat kita peroleh dengan mudah, murah alias gratis karena cukup dengan menambah intensitas berjemur di pagi hari minimal 30 menit, serta jangan lupa mengkonsumsi berbagai makanan mengandung sumber vitamin D seperti ikan salmon, tuna, susu, kuning telur dan lain sebagainya.

6. Mengkonsumsi ramuan alami
Mencegah sakit gusi bengkak tentu lebih mudah daripada menyembuhkan, untuk itu dengan membiasakan diri berpola hidup sehat merupakan salah satu cara terbaik agar terhindar dari berbagai jenis gangguan kesehatan. Namun bagi yang sudah terlanjur atau sedang mengerita gusi bengkak, simak ramuan dari bahan alami yang cukup efektif sebagai sarana menyembuhkan gusi bengkak berikut ini ;

Kantung teh
Menurut penelitian, asam tannic yang terdapat pada kantung teh memiliki potensi besar untuk meringankan infeksi radang gusi dan iritasi yang menyebabkan gusi bengkak secara alami. Adapun cara menggunakannya adalah celupkan kantung teh kedalam air panas, tunggu beberapa saat kemudian angkat dan biarkan sampai dingin. Setelah itu, tempelkan kantung teh tadi ke bagian gusi bengkak selama 5 menit. Lakukan berulang sampai rasa sakit pada gusi bengkak mereda.

Madu alami
Madu memiliki sifat antiseptik dan anti-bakteri yang dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak akibat gingivitis atau gusi yang meradang. Oleskan madu secukupnya ke bagian gusi yang bengkak dan sebaiknya gigi digosok terlebih dahulu. Namun, jangan terlalu banyak mengoleskan madu karena rasa manisnya dapat memicu atau menyebabkan ngilu.

Baca Juga :  Yuk ! Mengenal Berbagai Jenis dan Manfaat Cabai Bagi Kesehatan

Baking soda
Beberapa penelitian membuktikan bahwa baking soda dapat menetralisir asam yang ada dalam mulut. Atas dasar inilah maka baking soda dimanfaatkan sebagai salah satu bahan yang cukup ampuh untuk menyembuhkan gusi bengkak serta sakit gigi. Menyembuhkan gusi bengkak dengan baking soda terbilang mudah yakni cukup dengan melarutkan baking soda secukupnya kedalam air hangat hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan ke bagian gusi bengkak dan diamkan meresap.

Bawang putih
Bawang umumnya mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat radang gusi serta sakit gigi berlubang dan gusi bengkak. Caranya siapkan satu siung bawang putih yang sudah dibersihkan kulitnya kemudian gigit secara perlahan bawang putih dan kunyah hingga halus, kemudian berkumurlah dengan air hangat, lakukan beberapa kali dalam sehari agar gusi yang bengkak bisa segera sembuh. Memang rasanya cukup panas dan aneh namun bawang putih ternyata cukup ampuh untuk meredakan serta menyembuhkan gusi bengkak maupun gigi yang sedang sakit.

Minyak cengkeh
Minyak atsiri dari rempah yang satu ini sudah cukup terkenal memiliki banyak khasiat, apalagi untuk mengatasi masalah mulut dan gigi. Umumnya memanfaatkan minyak cengkeh sebagai penyembuh gusi bengkak maupun sakit gigi adalah dengan meneteskan sedikit minyak tersebut pada kapas kemudian digigit pada area yang sakit beberapa kali dalam sehari agar gusi bengkak bisa segera sembuh.

Daun sirih
Sirih sudah dikenal sejak nenek moyang kita dijadikan sebagai menu harian untuk dikunyah atau istilah dalam tradisi jawa nginang, yaitu mencampur daun sirih dengan kapur dan buah jambe sebagai bumbu untuk dijadikan sebagai adonan dan dikunyah-kunyah sampai halus kemudian dilengkapi dengan tembakau sebagai susur. Kebiasaan kuno ini terbukti menjadikan gigi mereka umumnya tetap utuh sampai usia senja. Hikmah yang bisa kita ambil pada kebiasaan kuno tersebut sebagai upaya untuk menyembuhkan gusi yang terlanjur bengkak adalah dengan merebus beberapa daun sirih sampai benar-benar mendidih dan tunggu sampai dingin untuk kita jadikan sebagai bahan ramuan berkumur setiap hari agar gusi atau gigi yang sedang sakit bisa segera sembuh.

Peranan gusi pada mulut sangatlah penting sekali karena sebagai pangkal gigi dan jika ada  gangguan sekecil apapun pada gusi maka dapat berakibat pada bagian mulut lain. Oleh karena itu marilah kita jaga kebersihan mulut sejak dini dengan cermat dan kalau diperlukan lakukanlah perawatan ke dokter gigi secara rutin enam bulan sekali demi memiliki gigi dan gusi yang sehat sampai tua.

Sekali lagi lebih baik menjaga organ tubuh tetap sehat daripada menyembuhkan penyakit yang timbul dikemudian hari. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *