Tips Merawat Accu Kering biar Awet

Tips Merawat Accu Kering biar Awet

Kita ketahui bersama bahwasanya kendaraan dapat berjalan karena terjadinya beberapa proses baik mesin dan juga komponen lainnya yang akan menghasilkan tenaga sebagai penggerak utama kendaraan. Mulai dari bahan bakar yang disedot oleh “Fuel Pump” kemudian di proses didalam karburator atau fuel injection dengan oksigen yang selanjutnya disemprot atau dialirkan keruang bakar untuk dilakukan proses kompresi atau pembakaran bahan bakar yang akan menghasilkan tenaga sebagai penggerak kendaraan. Terlepas dari proses tersebut, sistem kelistrikan yang ditanamkan pada setiap kendaraan adalah hal yang sangat vital untuk sebuah kendaraan. Komponen pemberi atau penyuplai aliran listrik untuk semua komponen yang ada dan komponen penyuplai aliran listrik tersebut terdapat pada setiap kendaraan yaitu bernama “Accu” atau biasa disebut aki (istilah Indonesianya). Komponen penyuplai aliran listrik atau accu ini memiliki 2 macam jenis yaitu accu kering dan accu basah yang mana kedua jenis accu tersebut memiliki kebutuhan dan fungsi yang berbeda-beda.

Pada saat ini hampir semua kendaraan bermotor dalam sistem pengapiannya lebih memilih untuk menggunakan accu  kering daripada accu basah. Selain lebih praktis, acuu kering dinilai lebih banyak memiliki keunggulan dibandingkan dengan accu basah, termasuk dalam hal urusan masa usia pakainya.

Beberapa tips yang sebaiknya dilakukan agar accu kering bisa lebih tahan lama yakni ;

  1. Accu kering dapat lebih awet masa pemakaianya apabila motor digunakan sesering mungkin, agar pengisian listriknya tetap stabil paling tidak minimal memanaskan mesin dua sampai lima menit dalam setiap harinya.
  2. Diupayakan sebisa mungkin untuk menghindari jalan berlubang yang menyebabkan guncangan pada kendaraan bermotor. Pasalnya, accu akan cepat rusak jika terlalu sering terkena guncangan, informasi semacam ini belum banyak diketahui orang.
  3. Gunakan electric starter dalam setiap hari. Kecuali pada saat memanaskan mesin di pagi hari yang perlu menggunakan kick starter (engkol). Cara menghidupkan mesin dengan ‘engkol’ dapat membantu menyebarkan oli ke seluruh komponen dalam mesin motor.
  4. Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan instalasi posisi kabel terminal accu, diusahakan selalu tertutup rapat karena jika lembab, berakibat fatal karena hal itu bisa menyebabkan short circuit.
Baca Juga :  Tips Sederhana Agar Aman Mengendarai Sepeda Motor Matic Pada Saat Musim Hujan

Demikian tips untuk perawatan accu kering kendaraan bermotor agar lebih awet masa pemakaiannya. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *