Tips Ngirit Agar Segera Bangkit dari Keterpurukan

Mengatur keuangan dalam sebuah keluarga secara teori mudah dibicarakan, namun untuk mengaplikasikannya bukanlah sesuatu yang mudah. Harus dimulai dari keinginan yang kuat untuk melaksanakannya, menghambur-hamburkan uang berarti menuju ke masa depan yang suram. Sebaliknya dengan menghemat atau ngirit bisa menjadikan masa depan lebih baik dalam mewujudkan impian atau cita-cita. Ngirit pengeluaran bukan berarti pelit tapi menyiapkan hari esok lebih baik.

Banyak faktor yang menyebabkan orang kembali menerapkan hidup ngirit dan bisa sukses seperti sebelumnya atau bahkan lebih baik dari sebelumnya, pola hidup ngirit bisa jadi karena jatuhnya usaha yang selama ini dilakukan, sanksi pengurangan gaji dari perusahaan atau faktor lain yang menyebabkan pemasukan menurun dari biasanya. Dengan pola hidup ngirit sebenarnya banyak sekali manfaat yang di dapat dalam menjalani hidup, mulai meningkatnya rasa bersyukur dan menyadari makna hidup. Ribuan tips untuk bisa kembali bangkit dari keterpurukan ekonomi namun secara umum menerapkan hidup ngirit atau hemat bisa menjadi jurus andalan.

Berikut tips sederhana untuk mengatur keuangan bulanan agar bisa menabung untuk keperluan memperbaiki ekonomi di masa mendatang khususnya bagi yang sedang mengalami kesulitan ekonomi agar dapat mengelola pengeluaran bulanan minimal seimbang dengan pemasukannya, bacalah tips berikut sampai selesai agar dapat memahaminya dan bisa melaksanakannya, yakni :

  • Buatlah catatan harian keuangan baik pengeluaran maupun pemasukan
    Dengan memiliki catatan harian, kemudian buatlah evaluasi setiap bulan berapa pemasukan dan berapa pengeluaran, pangkas pengeluaran yang tidak terlalu penting agar bulan berikutnya bisa lebih banyak menabung.
  • Jangan gunakan ATM, kartu kredit kecuali darurat
    Fasilitas kartu kredit dan ATM memang sangat memudahkan bagi pemiliknya tapi kalau menggunakan ATM atau kartu kredit tanpa kontrol yang kuat justru akan menguras keuangan dan mengakibatkan hutang yang membengkak. Oleh karena itu sebaiknya disiapkan uang cash untuk anggaran bulanan.
  • Buang jauh-jauh perasaan gengsi
    Efek gengsi tentu akan menguras keuangan, mulailah dengan menerapkan pola hidup sederhana namun tidak terlihat pelit. Banyak cara agar bisa hidup hemat atau ngirit tapi tidak di cap pelit, kalau perlu ganti lingkungan atau relasi yang baru agar tidak terganggu dengan kebiasaan baru.
  • Pertimbangkan kembali pengeluaran rutin yang besar
    Pengeluaran rutin yang besar seperti tagihan kartu kredit, Listrik, telepon, Pajak mobil mewah perlu dievaluasi. Kalau tidak terlalu penting hapuskan saja karena akan membebani tagihan bulanan rutin yang cukup berat. Bisa dengan mengurangi kapasitas seperti AC yang terus menerus nyala siang malam, kurangi dengan cara menggunakan AC seperlunya saja. Belanja menggunakan kartu kredit juga harus diperketat agar hutang bulanan tidak semakin membengkak.
  • Rubah gaya hidup yang mahal
    Sebagai contoh, kalau biasanya naik mobil pribadi ke mana-mana sebaiknya mulailah membiasakan naik kendaraan umum kalau perlu jual saja kendaraan pribadi yang tentunya harus juga membayar pajak cukup tinggi atau bergantilah dengan kendaraan roda dua saja.
  • ¬†Mulailah membiasakan puasa senin kamis
    Manfaat utama puasa adalah kesehatan, dengan membiasakan diri berpuasa senin kamis akan mengurangi kebiasaan makan siang direstoran yang tentu cukup mahal. Dengan membiasakan puasa senin kamis justru akan mengubah kebiasaan gaya hidup yang mahal dengan sendirinya akan hemat atau ngirit pengeluaran.
  • Menerapkan gaya hiup sederhana pada seluruh anggota keluarga
    Walaupun ini sulit tapi kalau ada niatan yang kuat untuk merubah kondisi menjadi lebih baik maka pola hidup mewah bisa dikurangi sedikit demi sedikit, berikan pemahaman kepada seluruh anggota keluarga agar ikhlas menjalani gaya hidup yang baru secara perlahan-lahan. Kalau kondisi keuangan sudah darurat perlu juga untuk memaksa anak, istri atau suami untuk menerima kenyataan pahit bahwa kita harus hidup sederhana karena hidup sederhana adalah awal dari kebahagiaan yang sejati. Berikan pemahaman bahwa harta hanyalah titipan, Tuhan bisa mengambilNYA kembali kapan pun Tuhan kehendaki.
  • Menghentikan kebiasaan buruk yang merugikan keuangan
    Tanpa disadari banyak kebiasaan buruk ketika sedang jatuh justru lebih aktif dilakukan, seperti kebiasaan merokok lebih banyak dari biasanya, minum minuman keras, menjadi pengguna narkoba, mungkin selingkuh, begadang yang tidak jelas dan lain sebagainya, mulailah berhenti sesegera mungkin kebiasaan yang justru menguras keuangan tersebut karena tidak ada manfaatnya sama sekali.
  • Berhematlah dalam belanja
    Pengeluaran atau belanja yang sifatnya tidak terlalu penting mulailah dipangkas dalam daftar rutin belanja bulanan, hal ini tentu akan lebih ngirit dan menambah tabungan bulanan, terapkan dengan disiplin yang ketat agar pengeluaran bulanan sesuai dengan rencana anggaran belanja bulanan.
  • Mulailah mendekatkan kembali pada Tuhan
    Bagi yang telah melupakan Tuhan karena bergelimangnya harta benda selama ini, kini saatnya untuk kembali pada Tuhan dan ambil hikmah dari seluruh peristiwa yang telah terjadi sebagai pelajaran untuk menjalani hidup lebih baik dimasa mendatang di jalan yang di ridoi oleh Tuhan.
Baca Juga :  Penyebab Kinerja Baterai Ponsel Menurun

Tips sederhana ngirit sehari-hari di atas mungkin sangat dibutuhkan bagi yang sedang mengalami kebangkrutan atau terkena sanksi oleh perusahaan dimana tempat bekerja, sehingga ada pengurangan gaji yang mengakibatkan perubahan gaya hidup yang drastis. Dengan menerapkan pola hidup hemat atau ngirit kejadian apapun akan terlewati dengan senang. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat ! Silahkan dicoba semoga sukses !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *