Tips Sebelum Unduh Aplikasi di Smartphone

Salah satu keunggulan smartphone atau ponsel pintar adalah memungkinkan kita untuk memiliki berbagai aplikasi, mulai dari penunjang kerja hingga aplikasi untuk mengisi waktu luang. Namun masalahnya, bagaimana tingkat keamanan aplikasi yang ditawarkan tersebut ?  cukup amankah bagi ponsel pintar kita ? hal ini perlu dipertimbangkan mengingat smartphone umumnya juga berfungsi untuk menyimpan begitu banyak data pribadi baik data video maupun audio serta catatan penting lainnya. Simak tips sederhana sebelum mengunduh berbagai aplikasi agar smartphone tidak terinfeksi virus yang tentunya membahayakan data pribadi atau para hacker yang sengaja ingin mengambil data dari ponsel pintar kita.

Menurut Donny Koesmandarin, Territory Channel Manajer Kaspersky Lab Indonesia sebagaimana yang dilansir oleh tempo online mengungkapkan, umumnya para pengguna ponsel pintar hanya mengecek logo aplikasinya saja ketika ingin mengunduh dan memasang aplikasi.

Ia menyarankan untuk memperhatikan hal-hal di bawah ini sebelum mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di smartphone.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunduh dan memasang aplikasi pada ponsel pintar kita agar tidak terinfeksi oleh virus, adalah ;

A. Cek Pembuat Aplikasi
Umumnya para pengguna smartphone tidak banyak yang memperhatikan kesesuaian antara aplikasi dengan perusahaan yang secara resmi membuatnya.

Saat hendak mengunduh aplikasi melalui App Store atau Play Store misalnya, umumnya orang melihat ulasannya saja,  apakah perangkat lunak tersebut dapat berjalan dengan baik tanpa memperhatikan faktor keamanannya.

Oleh karena itu memperhatikan siapa yang membuat aplikasi merupakan hal penting yang harus diketahui sebelum mengunduh aplikasi tersebut, lihatlah apakah pembuat aplikasi itu perusahaan yang sudah terpercaya atau belum ?

B. Toko Aplikasi Resmi
Untuk menjaga agar ponsel kita tidak terinfeksi virus, sebaiknya diusahakan mengunduh dari toko resmi dari penyedia aplikasi, misalnya Play Store untuk perangkat Android dan App Store untuk iOS. Tempat seperti itu umumnya sudah menyeleksi aplikasi yang akan masuk ke toko mereka sebelum dapat diunduh oleh para penggunanya.

Baca Juga :  Tips Sederhana Menambah Dan Menghapus Akun Google Di HP Android Lenovo

C. Baca Komentar
Sebelum mengunduh dan memasang aplikasi tersebut, sebaiknya baca ulasan-ulasan atau komentar yang diberikan oleh mereka yang pernah menggunakan perangkat lunak tersebut, terutama bila akan memasang aplikasi open source. “Kalau ada yang komplain, waspadalah,” sebaiknya urungkan saja untuk mengunduhnya. Perhatikan komentar para pengguna yang pernah memanfaatkan aplikasi dan kalau banyak komentar yang puas silahkan mengunduh dan memasang aplikasi tersebut pada ponsel pintar kesayangan kita.

D. Cek Sumber
Bila sudah mengunduh aplikasi tersebut, ada baiknya mengecek source atau sumber aplikasi tersebut. Hal ini berlaku juga untuk aplikasi yang berasal dari browser atau website yang banyak menawarkan berbagai aplikasi untuk ponsel pintar kita.

Demi keamanan perangkat smartphone kita, sebaiknya jangan lupa untuk menggunakan aplikasi antivirus yang dapat mengecek source aplikasi tersebut agar tidak terjadi masalah ketika sudah mengunduh dan memasang sebuah aplikasi di smartphone. Antivirus yang baik juga akan menjaga performa smartphone serta menjaga data-data pribadi dari para pencuri yang berkeliaran mengincar mangsanya.

Demikian tips sederhana sebelum mengunduh dan menginstall aplikasi di smartphone kesayangan kita, agar hal-hal yang tidak kita kehendaki dikemudian hari tidak menjangkiti ponsel pintar kita. Semoga tips sederhana ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *