Tips Sederahana Keluar dari Jeratan Hutang

Hutang semakin hari semakin bertambah, pengeluaran ikut-ikutan juga nambah, sementara penghasilan terus menerus mengalami penurunan. Kalau hal tersebut melanda pada kita apa yang seharusnya dilakukan? Langkah pertama yang harus di ambil adalah mengambil sikap untuk fokus keluar dari jeratan hutang. Jika tidak, lilitan hutang akan membelenggu hidup apalagi hutang yang disertai dengan beban bunga yang terus menerus membengkak.

Dalam kondisi tersebut sudah tentu otak pun harus diputar dengan cepat namun umumnya justru otak mengalami kebuntuan atau mogok diajak berfikir. Untuk itu agar otak bagi yang sedang dilanda hutang bisa berjalan lancar, silahkan simak tips sederhana berikut ini agar segera terlepas dari jeratan lilitan hutang yang terus menerus menumpuk demi kebaikan di masa mendatang, berikut tipsnya :

  1. Gunting saja kartu kredit
    Kalau terjerat hutang karena imbas dari belanja kartu kredit maka bentuk pinjaman tersebut tentu dengan bunga tinggi. Untuk itu rubahlah pola pikir yang selama ini dipercaya bahwa kartu kredit bukan ‘source of income’ yang bisa menjadi tambahan uang belanja, tapi kartu kredit adalah penyebab hutang dan gunakan kartu kredit hanya untuk keadaan emergency saja, yang jelas kartu kredit bukan sumber dana untuk membiayai gaya hidup sehari-hari.  Maka segera bayar lunas segala tagihan dari kartu kredit. Langkah berikutnya adalah kurangi jumlah kepemilikan kartu kredit dan segera gunting saja kartu kredit yang ada cukup disisakan satu kartu kredit saja yang diperuntukkan sebagai kebutuhan darurat. Segera singkirkan kartu kredit dari konsumsi yang sifatnya tertier dan mulailah membayar sesuatu dengan uang tunai. Tidak punya uang di tangan? Ya jangan membeli! agar bisa lebih ngirit dengan maksud untuk bisa segera melunasi hutang.
  2. Ciptakan penghasilan tambahan
    Salah satu cara untuk bisa melunasi hutang yang menumpuk adalah menciptakan penghasilan tambahan, dengan adanya penghasilan tambahan dan tetap melakukan pola hidup ngirit maka hutang akan segera lunas dan keuangan tentu akan terus membaik,  ketika hutang sudah lunas agar tidak terjebak lagi maka ingat !!! Apa penyebab terlilitnya hutang dan bagaimana rasanya setiap hari ditagih hutang ?  Hal itu sebagai peringatan sekaligus motivasi pada diri sendiri agar tidak terjebak lilitan hutang di masa mendatang.
  3. Tetap berfikiran positif
    Jangan pernah berfikiran untuk bisa lari dari jeratan hutang karena dengan melarikan diri dari jeratan hutang justru hanya menunda sementara saja terhadap tagihan, sebaiknya hadapilah dengan fikiran positif yakni mengembalikan atau membayar hutang semampunya, dengan begitu perlahan tapi pasti hutang sedikit demi sedikit akan terlunasi.
  4. Jangan lupa tetap menabung
    Walaupun sedikit namun terus upayakan untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung, hal ini sangat berguna dalam kondisi darurat, misalnya ada anggota keluarga yang sakit atau hal darurat lainnya. Dengan menabung, apabila kondisi darurat terjadi maka ada dana untuk menyelesaikannya dan tidak menggunakan kartu kredit yang tentunya akan berakibat menumpuknya kembali hutang. Mulailah membuat catatan bulanan untuk pengeluaran rutin maupun pengeluaran untuk membayar hutang agar pola hidup ngirit tetap berjalan sampai keadaan keuangan kembali normal dan syukur kalau pola hidup ngirit terus bisa berlangsung walaupun kondisi keuangan sudah membaik. Akan lebih baik uang disedekahkan pada fakir miskin daripada untuk membayar hutang karena dengan bersedekah akan menambah kedamaian di hati. Silahkan dicoba !
  5. Usahakan untuk membayar tagihan tepat waktu
    Tanamkan dalam fikiran untuk sebisa mungkin memastikan diri mampu membayar hutang tepat waktu, dengan motivasi seperti itu akan membuat tetap semangat bisa segera keluar dari jeratan hutang.
  6. Hindari berhutang untuk membayar hutang
    Kalau ingin lepas dari jeratan hutang maka jangan pernah memiliki fikiran untuk mencari hutangan untuk membayar hutang karena hal tersebut justru akan memperparah hutang. Dengan pola hidup sederhana yang selalu ngirit sebenarnya awal untuk melunasi segala tagihan atau hutang. Terapkan pola hidup ngirit pada seluruh anggota keluarga agar kondisi keuangan segera normal kembali.
Baca Juga :  Efek Negatif Kebiasaan Minum Kopi Dalam Kondisi Perut Kosong Bagi Kesehatan

Tips sederhana di atas akan efektif apabila kita tetap dalam kondisi menerapkan pola hidup ngirit dan terus bekerja keras dan selalu menciptakan pendapatan yang positif dan jangan lupa tambah intensitas beribadah untuk berdo’a agar campur tangan Tuhan segera membantu untuk keluar dari jeratan lilitan hutang. Mudah-mudahan tips sederhana keluar dari jeratan hutang ini bermanfaat bagi yang sedang mengalami dan kalau sudah keluar dari jeratan hutang, silahkan dishare pengalamannya ya  !

2 Comments on “Tips Sederahana Keluar dari Jeratan Hutang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *